" />

Berlibur dan menghabiskan waktu di alam terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan, wisata alam bisa menjadi salah satu cara tepat untuk menghilangkan kepenatan. Namun, jika Anda bingung mencari tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam, di daerah Klaten terdapat tempat wisata yang dikenal dengan Bukit Cinta Bayat.

Tempat wisata satu ini memiliki berbagai macam daya tarik yang mampu membuat pengunjung ketagihan untuk kembali berkunjung. Buktinya, setelah diresmikan, kompleks Taman Wisata Watuprau dan Gardu Pandang Bukit Cinta Gununggajah, yang berada di Kecamatan Bayat tersebut ramai dipadati oleh pengunjung dari dalam maupun luar Kabupaten Klaten.

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Bukit Cinta Bayat

Objek wisata alam yang satu ini memang belum dibuka 24 jam. Selain karena fasilitasnya belum lengkap, pihak warga setempat menjelaskan bahwa mereka belum memiliki tim keamanan yang bisa memantau lokasi wisata selama 24 jam penuh. Sehingga daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan nantinya, maka obyek wisata ini hanya dibuka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Persoalan tiket masuk tidak perlu dikhawatirkan. Para pengunjung yang hendak menikmati wisata perbukitan ini tidak dipungut biaya. Cukup dengan membayar uang jasa parkir senilai Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 bagi pengguna mobil. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan pemandangan Klaten dari atas ketinggian, Anda dapat naik ke bukit Gununggajah dengan membayar sebesar Rp 2.000 kepada karangtaruna setempat

Daya Tarik Wisata Bukit Cinta Bayat

1. Lokasi yang indah di atas perbukitan

Lokasi Taman Wisata Watu Prau Bukit Cinta Bayat

Salah satu kelebihan yang ditawarkan di lokasi yang berjarak kurang lebih 19 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Klaten ini, adalah pemandangan alamnya yang bisa dilihat dari ketinggian. Tidak hanya melihat kawasan Bayat saja, Anda juga bisa menyaksikan kawasan perkotaan sampai dengan wilayah Prambanan dengan cara naik ke bukit Gununggajah.

Di lokasi Bukit Cinta Bayat yang luasnya kurang lebih 5 hektare ini, Anda juga akan dimanjakan dengan pesona wisata alam yang jarang dijumpai di objek wisata lainnya. Lokasi dengan suasana demikian sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kepenatan setelah sibuk dengan rutinitas harian di lingkungan perkotaan.

Tips untuk Anda yang hendak berkunjung, kenakan pakaian senyaman mungkin supaya perjalanan Anda tidak terganggu. Sneakers bisa menjadi salah satu pilihan mengingat lokasi wisata berada di alam. Apa lagi jika Anda hendak menuju gardu pandang yang berada di bukit Gununggajah, maka keamanan menjadi hal yang paling utama. Untuk itu, jangan sampai Anda mengenakan alas kaki yang membahayakan diri.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Wisata Hits Kekinian Untuk Camping

2. Spot foto yang instagramable

Spot foto yang instagramable

Sesuai dengan namanya, di bukit cinta bayat ini terdapat spot foto yang berbentuk hati. Dengan background pemandangan alam yang menyejukkan mata, spot foto tersebut mampu menarik hati para pengunjung untuk mengabadikan moment bersama orang tersayang maupun sekedar berfoto sendirian. Didukung dengan warna cat yang colourfull, membuat spot tersebut semakin indah dipandang mata.

Apalagi jika Anda seorang fotografer atau sekedar hobi memotret, tentu setiap sudut taman wisata ini dapat dijadikan referensi pengambilan gambar yang apik. Jadi tunggu apa lagi? Taman Wisata Watu Prau Bukit Cinta Bayat sudah menanti untuk dijelajahi. Dan jangan lupa untuk mengabadikan setiap sudutnya dalam potret yang bisa Anda kenang hingga tua nanti.

3. Gardu pandang yang menawan

Lokasi yang indah di atas perbukitan

Pada bagian atas bukit, warga setempat telah membangun gardu pandang yang dibuat dari kayu. Gardu pandang yang membentuk daun cinta ini memiliki diameter kurang lebih tiga meter. Akan tetapi pengunjung yang hendak ke gardu pandang ini harus rela berjalan kaki terlebih dahulu menelusuri jalan setapak yang jaraknya hampir satu kilometer.

Akan tetapi, Anda tidak perlu panik. Sepanjang jalan setapak warga sudah menyediakan tempat duduk jika sewaktu-waktu ada yang memerlukan istirahat. Lagipula, rasa lelah yang Anda rasakan akan terbayar dengan pemandangan yang akan Anda jumpai di atas bukit Gununggajah.

Fasilitas Wisata Bukit Cinta Bayat

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola Bukit Cinta Bayat ini, salah satunya tempat duduk yang tersebar di lokasi tempat wisata. Tempat duduk yang terbuat dari bambu tersebut sangat membantu pengunjung saat kelelahan berjalan menuju bukit Gununggajah maupun saat berkeliling di sekitar lokasi taman wisata.

Selain itu, masyarakat setempat juga membangun beberapa gazebo untuk dapat digunakan istirahat bagi pengunjung dalam jumlah besar. Warga menjelaskan akan semakin meningkatkan fasilitas tempat wisata supaya semakin ramai pengunjung. Karena walau bagaimanapun, keberadaan Obyek Wisata Bukit Cinta Bayat ini juga mampu meningkatkan perekonomian daerah setempat.

Di dasar bukit cinta, pengunjung juga bisa menikmati keindahan batu besar. Oleh masyarakat setempat disebut dengan Watu Prau. Watu yang berarti batu dalam Bahasa Indonesia, dan prau yang berarti perahu. Batu tersebut memiliki ukuran panjang 30 meter serta lebar 6 meter. Keberadaan batu inilah yang mengilhami nama tempat obyek wisata alam yang sedang ngetren di media sosial tersebut.

Akses dan Rute Wisata Bukit Cinta Bayat

Letak taman wisata ini berada di Desa Gununggajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten atau kurang lebih sekitar 19 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Klaten. Untuk itu, bagi Anda yang hendak berkunjung ke kawasan Bukit Cinta Bayat ini wajib mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakan, agar perjalanan Anda nyaman dan tidak terganggu.

Tidak perlu khawatir dengan perjalanan yang akan Anda tempuh, karena Anda akan disuguhkan pemandangan asri ala Kabupaten Klaten yang mampu memanjakan mata. Bentangan sawah dan pepohonan hijau dipastikan akan membuat siapa pun yang melintas merasakan kesejukan yang berbeda. Apalagi pemandangan asri tersebut dapat Anda nikmati hingga sampai di lokasi.

Peta Menuju Wisata Bukit Cinta Bayat (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Bukit Cinta Bayat

Anda bisa menginap di penginapan terdekat yang disewakan oleh warga sekitar. Untuk hotel, anda bisa menginap di sekitar Klaten atau Jogja.

  1. Hotel Wishnu Klaten
  2. Griya Gendhis Saraswati Hotel Klaten

Tips Berwisata di Bukit Cinta Bayat

Beberpa tips ini mungkin akan membantu anda selama mengunjungi Bukit Cinta Bayat

  1. Bawalah uang cash secukupnya, karena tidak ada restoran atau warung kecil yang menerima pembayaran menggunakan kredit card atau debit card
  2. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik anda
  3. Datanglah pada pagi hari untuk menyambut sunrise (jika ingin pemandangan yang bagus)
  4. Siapkan fisik karena jalanan cukup menanjak dan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit untuk sampai di bukit.

Baca Juga : Danau Toba, Hasil Letusan Mahadahsyat yang Kini Jadi Incaran Turis !