51+ Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru 2020 (Instagrammable!)

Kabupaten Banyumas merupakan saksi sejarah dari kepemimpinan Jenderal Soedirman. Salah satu kota yang berperan penting adalah Purwokerto.

Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten Banyumas yang terkenal dengan kuliner khasnya yaitu mendoan dan sroto. Daya tariknya tidak hanya di bidang kuliner saja, namun tempat wisata di Purwokerto yang mempunyai sisi menarik untuk dikulik.

51 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto

Setelah tahun 2000an, kota ini mulai berkembang secara perlahan. Hadirnya berbagai pelajar untuk menuntut ilmu di kota ini menjadikan ekonomi Kota Purwokerto berkembang dengan baik, mulai dari pembangunan banyak sekolah, perguruan tinggi, rumah makan, dan kos-kosan.

Tempat wisata di Purwokerto juga berkembang pesat. Berikut ini adalah rekomendasi destinasi wisata Purwokerto.

1. Alun-alun Purwokerto

Alun-alun-Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto yang menjadi pilihan adalah alun-alun kota tentunya. Didesain dengan taman yang hijau dan air mancur, tempat ini terbukti berhasil memikat para wisatawan, lho. Alun-alun ini sudah mengalami dua kali renovasi pada tahun 2008 dan 2014.

Banyaknya pedagang yang menjual camilan atau makanan khas Purwokerto menjadi salah satu daya tarik tersendiri terutama pada malam hari.

Dengan ditemani warna-warni lampu malam yang indah di sekitar air mancur, suasana malam di alun-alun Purwokerto menjadi lebih menarik dan layak dikunjungi.

2. Bukit Bintang Baturaden

Bukit-Bintang-Baturaden

Desa Karangmangu kilometer 12 merupakan lokasi di mana bukit bintang Baturaden berada. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan warga lokal, terutama kalangan muda-mudi.

Keistimewaan tempat ini adalah Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Kota Purwokerto malam hari dengan kelap-kelip lampu kota.

3. Miniatur Dunia

Miniatur-Dunia

Miniatur Dunia atau Small World di Purwokerto bisa menjadi tujuan wisata Anda di kota ini. Berbagai replika berbentuk miniatur bangunan negara-negara yang terkenal atau masuk kedalam keajaiban dunia.

Kincir angin Belanda, Menara Eiffel, Opera House Sidney dan masih banyak lagi.

Tidak hanya miniatur negara-negara maju, namun juga ada rumah adat Sumatera, Papua dan bagian Indonesia lainnya. Tempat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata namun bisa menjadi sarana edukatif bagi anak-anak.

4. Bukit Tranggulasih

Bukit-Tranggulasih

Berjarak 14,7 km dari pusat kota dan jarak tempuh 28 menit, Anda akan menemukan Bukit Tranggulasih yang menyajikan panorama Kota Purwokerto dari puncak bukit.

Sejuknya suasana perbukitan membuat Anda dapat menghirup udara segar sambil mencari tempat yang tepat untuk beristirahat.

Untuk menuju Bukit Tranggulasih, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir. Harga tiket masuk ke kawasan ini hanya dibanderol Rp5.000,00 saja. Sangat terjangkau, kan?

Baca Juga: Cafe di Purwokerto, Hits!

5. Gua Maria Kaliori

Gua-Maria-Kaliori

Mencari wisata religi khususnya kaum Nasrani yang ingin mencari ketenangan, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Purwokerto menuju Gua Maria Kaliori.

Gua yang dijadikan sebagai tempat ibadah ini dibangun di atas tanah berukuran 5,6 hektar. Tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, di sini juga terdapat makam dan patung Bunda Maria yang telah diberkati Paus Paulus II.

6. Telaga Sunyi

Telaga-Sunyi

Lokasi Telaga Sunyi berada di lereng Gunung Slamet. Ketika memasuki kawasan ini, Anda akan melihat telaga dengan air yang tenang di antara pohon damar dan pinus.

Untuk menuju ke telaga ini, Anda harus melewati jalan setapak. Anda juga akan ditemani dengan suara aliran sungai dan pemandangan sawah yang hijau.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, mulai dari berenang, menyelam, atau hanya duduk di pinggir batu sambil bermain air.

7. Curug Ceheng

Curug-Ceheng

Keindahan Curug Ceheng sangat terkenal di kalangan traveler yang mencari tempat wisata yang tersembunyi.

Berada di Kecamatan Sumbang dengan jarak tempuh selama 15 menit dari Purwokerto, air terjun curug ini memiliki ketinggian 13 meter. Anda juga bisa merasakan kesejukan udara di sekitar perkebunan dan derasnya air terjun di Curug Ceheng.

8. Baturaden

Baturaden

Anda akan dikenai biaya sebesar Rp14.000,00 per orangnya, ketika memasuki wisata alam Baturaden. Harga tiket masuk yang ditawarkan ini sebanding dengan berbagai wahana yang ada di dalamnya, mulai dari flying fox, sepeda air, kolam renang, kolam luncur, dan aktivitas menarik lainnya.

Dengan berbagai pilihan wahana tersebut, Anda dan keluarga akan terhibur dan tidak akan merasa jenuh. Wahana di sini juga akan melatih kekompakan Anda bersama teman atau keluarga.

9. Curug Cipendok

Curug-Cipendok

Sesuai dengan kontur daerahnya, tidak mengherankan apabila Purwokerto dijuluki sebagai kota seribu curug. Salah satu curug yang berada di kaki Gunung Slamet yaitu Curug Cipendok.

Meskipun berjarak 25 km dari pusat kota, curug ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwokerto yang wajib Anda kunjungi.

Curug ini memiliki ketinggian 93 meter dan di daerah ini juga memiliki banyak air terjun lainnya. Bagi Anda yang menyukai petualangan, Curug Cipendok merupakan pilihan yang tepat sebagai salah satu wisata alam yang menantang.

10. Kebun Raya Baturaden

Kebun-Raya-Baturaden

Kebun Raya Baturaden memiliki 2600 spesimen tumbuhan dan 12 jenis bunga yang tumbuh subur akibat kondisi tanah, suhu, dan parameter lainnya yang sesuai.

Kebun raya ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2004. Kebun raya ini juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian, edukasi, dan hiburan bagi warga Purwokerto dan sekitarnya.

11. Curug Lima Semaya

Curug-Lima-Semaya

Curug Lima Semaya berada di kecamatan Kedung Banteng. Sesuai namanya, curug ini terdiri dari lima pancuran air terjun yang sangat indah. Untuk menuju ke curug ini, aksesnya yang ditempuh sangat menantang dengan kontur yang terjal.

Karena harus menelusuri banyak jalan setapak, lokasi wisata ini tidak begitu ramai dikunjungi. Namun, bagi Anda yang ingin menikmati destinasi wisata alam yang masih sepi dan asri, curug ini bisa masuk daftar lokasi yang wajib dikunjungi.

Jangan lupa memakai sandal atau sepatu gunung, agar perjalanan Anda untuk sampai ke curug ini bisa aman dan nyaman.

12. Bukit Watu Meja

Bukit-Watu-Meja

Bukit Watu Meja dapat ditempuh selama 20 menit dari pusat Kota Purwokerto. Untuk naik ke puncak Bukit Watu Meja ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan melewati perkebunan warga.

Ada beberapa papan penunjuk jalan yang terlihat di sepanjang jalan setapak dengan kondisi cukup terjal.

Sesampainya di atas bukit, Anda akan disuguhkan dengan panorama bukit hutan pinus dan pemandangan Sungai Serayu. Ada beberapa warung kecil di sepanjang jalan menuju puncak bukit yang menjajakan es kelapa muda dan beberapa makanan ringan.

Cukup dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp7.000,00, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang menyejukkan mata.

13. Pendakian Gunung Slamet

Pendakian-Gunung-Slamet

Pendakian Gunung Slamet menjadi salah satu wisata pilihan bagi Anda yang suka bertualang dan tantangan. Para komunitas pencinta alam sering dating ke tempat ini untuk menikmati suasana di puncak Gunung Slamet atau sekadar membersihkan gunung.

Hampir setiap musim liburan, banyak wisatawan dari luar kota berdatangan untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Slamet ini.

Baca Juga: Makanan Khas Purwokerto 

14. Curug Telu

Curug-Telu

Curug Telu merupakan curug pertemuan tiga sungai, yaitu Sungai Buntu, Pelus, dan Kisapin yang berada di Kecamatan Baturaden. Seperti curug di daerah Purwokerto lainnya, jalan yang dilalui menuju curug ini cukup terjal, sehingga Anda harus berhati-hati saat melangkah.

Curug ini jarang dikunjungi wisatawan, karena di kawasan ini ada banyak tempat wisata dan curug lainnya yang lebih dianggap lebih menarik dan lebih mudah ditempuh.

Namun, bagi Anda yang suka dengan sesuatu yang menantang dan ingin melepas penat, tempat wisata di Purwokerto ini patut untuk Anda kunjungi.

15. Pancuran 3

Pancuran-3.

Pancuran 3 merupakan mata air panas alami yang keluar langsung dari dalam perut bumi dan diyakini bermanfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung belerang.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 dengan jam buka mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB.

16. Pancuran 7

Pancuran-7

Tidak hanya pancuran 3, Purwokerto juga memiliki sumber mata air lainnya yaitu pancuran 7 yang berada pada lokawisata Baturaden.

Pancuran 7 ini memiliki kadar belerang lebih tinggi, sehingga menyebabkan endapan pada dinding tebing. Jam buka tempat ini tidak jauh berbeda dengan pancuran 3, yaitu pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB.

17. Curug Tebela

Curug-Tebela

Untuk menuju ke lokasi Curug Tebela, Anda harus memasuki hutan yang ada di daerah Karangsalam. Air curug yang jernih ditemani suara kicauan burung akan membayar segala lelah selama perjalanan. Curug Tebela ini buka setiap hari dan tidak dikenakan biaya tiket masuk.

18. Curug Grenjang

Curug-Grenjang

Keunikan sebuah curug bisa Anda temukan di setiap tempat yang ada di Purwokerto. Salah satunya yaitu Curug Genjrang yang masih ada di Kawasan lokawisata Baturaden.

Curug ini memiliki keunikan dari tampilan tebingnya yang terlihat seperti tumpukan batuan bulat yang unik dan mata air yang keluar dari dalam tumpukan batu tersebut.

19. Curug Carang

Curug-Carang

Jika Anda mempunyai banyak waktu luang, Anda bisa mencoba mengunjungi Curug Carang ini. Dengan medan yang terjal dan berliku, tidak mengherankan kalau curug ini termasuk curug yang sepi dan kurang diminati wisatawan.

Karena jarangnya dikunjungi, membuat keasrian dari curug ini pun masih terjaga dengan baik. Jika ingin mengunjungi curug, jadwal operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Anda disarankan untuk datang saat pagi hari, supaya Anda lebih puas menikmati keindahan dan keasrian curug.

20. Curug Nangga

Curug-Nangga

Curug yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu undakan-undakan batu yang dilewati aliran air seperti tangga.

Undakan curug ini terdiri dari tujuh tingkatan yang pastinya membuat panorama sekitar curug menjadi lebih indah dan estetik. Karena keunikannya, curug ini lebih sering dikunjungi oleh wisatawan remaja untuk berswafoto.

21. Tugu Merdeka

Tugu-Merdeka

Purwokerto dibagi menjadi 11 kecamatan, salah satunya adalah Purwokerto Timur. Jika Anda memasuki wilayah Purwokerto Timur, Anda akan disambut dengan Tugu Merdeka sebagai simbol kecamatan ini.

Anda bisa berfoto saat melewati tugu ini. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini dan menjadikan tugu ini sebagai spot foto yang ikonik.

22. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum-Bank-Rakyat-Indonesia

Berkunjung ke museum untuk mempelajari peninggalan sejarah akan membuat liburan Anda bersama keluarga menjadi lebih berkesan.

Di Purwokerto, Anda bisa mengajak anak atau saudara ke Museum Bank Rakyat Indonesia. Seperti yang sudah diketahui, bank ini merupakan salah satu bank nasional tertua di Indonesia.

Di sini, Anda bisa melihat koleksi uang Indonesia, mulai dari koin dan uang kertas sejak pertama kali diterbitkan dan digunakan. Anda juga bisa melihat berbagai alat perbankan seperti mesin ketik dan lain sebagainya.

23. Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Museum-Panglima-Besar-Jenderal-Soedirman

Di daerah Karanglewas terdapat Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Museum atau monumen Jenderal Soedirman terdapat di beberapa daerah di Indonesia, namun untuk monumen terbesar hanya ada di Purwokerto. Memiliki gelar sebagai bapak tentara Indonesia, Anda bisa mempelajari sejarah perjuangan beliau di museum ini.

24. Batur Agung Mount of Fun

Batur-Agung-Mount-Of-Fun

Dengan menempuh jarak dan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Purwokerto, Anda bisa menemukan tempat wisata yang sangat populer yaitu Batur Agung Mount of Fun.

Di lokasi wisata ini, Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan, mulai dari arung jeram, flying fox, outbond, sampai memancing di kolam pemancingan yang sudah disediakan.

25. Curug Juneng

Curug-Juneng

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 10 sampai 15 meter dengan pemandangan pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang rimbun. Curug ini cocok untuk Anda yang hanya ingin bermain air atau berfoto di pinggir curug, karena genangan air di curug ini tidak begitu dalam.

26. Gua Sarabadak

Goa-Sarabadak

Tidak jauh dari lokasi pancuran 7, Anda bisa mengunjungi Gua Sarabadak yang masih berada di dalam kawasan lokawisata ini.

Gua ini juga berdekatan dengan Gua Selirang yang terdapat di tebing belerang. Anda cukup membayar Rp3.000,00 untuk menikmati pemandangan gua dengan aliran air panas yang mengandung belerang.

27. Curug Lawang

Curug-Lawang

Sesuai dengan namanya, untuk menuju Curug Lawang atau curug pintu, Anda harus melewati pintu seperti gua. Tempat wisata di Purwokerto ini sering dijadikan tempat meditasi karena suasananya yang tenang. Air curug ini berasal dari Curug Telu.

Jam operasional dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dengan dilengkapi fasilitas kamar mandi, penginapan, mushola, dan area parkir yang memadai.

28. Curug Kembar

Curug-Kembar

Tidak jauh dari Curug Juneng dan masih di kawasan Baturaden, Anda bisa menemukan Curug Kembar. Curug ini berubah nama tergantung musimnya.

Dikatakan Curug Kembar, karena ketika musim hujan dan debit air yang tinggi, curug ini akan membelah menjadi dua. Sementara itu, saat musim kemarau, curug ini berubah menjadi warna hijau dan dikenal dengan Curug Telaga Hijau.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Purwokerto

29. Curug Sebrangan

Curug-Sebrangan

Curug yang memiliki debit air yang cukup deras selanjutnya adalah Curug Sebrangan. Curug ini terletak di Kecamatan Kedung Banteng, tepatnya di Desa Baseh.

Curug ini ditumbuhi aneka pepohonan dan tumbuhan merambat lainnya, sehingga membuat udara di sekitar curug ini terasa bersih dan segar. Tidak perlu membayar tiket masuk, karena curug ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu.

30. Taman Balai Kemambang

Taman-Balai-Kemambang

Taman Balai Kemambang merupakan tempat wisata dengan fasilitas yang lengkap yang berada di Kecamatan Purwokerto Utara. Cukup membayar Rp3.000,00, Anda sudah bisa menikmati fasilitas hiburan seperti kolam ikan dan gardu pandang.

Di taman ini, Anda juga bisa mewujudkan piknik yang seru bersama keluarga. Festival lampion juga sering diadakan sebagai sarana liburan untuk pengunjung yang datang.

31. Baturaden Adventure Forest

Baturaden-Adventure-Forest

Kawasan Baturaden menyediakan berbagai tempat wisata menarik, salah satunya Baturaden Adventure Forest. Lokasinya yang berada di dalam hutan pinus membuat suasana destinasi wisata yang satu ini terasa sejuk dan udara yang segar.

Berbagai jenis permainan yang langsung berhubungan dengan alam juga bisa Anda nikmati, antara lain water adventure, canyon adventure, forest tracking, dan masih banyak keseruan lainnya.

Harga tiket masuknya kisaran Rp200.000,00 sampai Rp600.000,00 tergantung paket permainan yang Anda pilih.

32. Curug Lawa

Curug-Lawa

Sama seperti curug lainnya, Curug Lawa menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Air yang mengalir dari curug sangat bersih dan sensasi dingin yang menyegarkan.

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, membuat curug ini jarang dikunjungi wisatawan. Namun, bagi Anda yang melewati daerah Kecamatan Sumbang, Anda bisa berkunjung ke curug ini sembari melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

33. Curug Jenggala

Curug-Jenggala

Curug Jenggala yang terletak di Dusun Kalipagu dan masih berada di kawasan Baturaden menjadi salah satu objek wisata favorit, khususnya di kalangan anak muda.

Curug Jenggala menyediakan gardu pandang yang dihias sedemikian rupa dan cocok dijadikan sebagai tempat berfoto atau selfie yang yang menarik seperti bangku kayu, desk selfie berbentuk hati, dan masih banyak spot lainnya.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp5.000,00, Anda sudah bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan Curug Jenggala yang indah. Tentunya Anda harus tetap menjaga kebersihan tempat wisata alam yang satu ini.

34. Rumah Pohon Puncak Selok

Rumah-Pohon-Puncak-Selok

Gardu pandang lainnya untuk melihat keindahan alam Purwokerto dan sekitarnya adalah Rumah Pohon Puncak Selok.

Rumah pohon yang cukup tinggi ini akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan alam sekitar yang hijau. Sawah, pepohonan, dan panorama menarik lainnya dapat dilihat dari rumah pohon ini.

35. Curug Gede

Curug-Gede

Masih di kawasan wisata Baturaden, lokasi curug berikutnya adalah Curug Gede dengan suasana sejuk dan menenangkan.

Curug ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran atau sekadar menghirup udara segar.

36. Pemandian Kalibacin

Pemandian-Kalibacin

Pemandian Kalibacin cukup terkenal, baik di kalangan warga lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Anda bisa berendam di pemandian air panas yang dipercaya memiliki banyak bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu, kutu air, kadas, dan lain sebagainya.

37. Rekreasi Dreamland Park Pancasan

Rekreasi-Dreamland-Park-Pancasan

Wahana permainan air yang menarik dan cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama anak-anak adalah Dreamland Park Pancasan.

Dengan membeli tiket masuk seharga Rp15.000,00, Anda bisa menikmati berbagai wahana seperti seluncuran, sepeda air, ember tumpah, dan lain-lain yang pastinya tidak akan membosankan dan sangat menyenangkan.

38. Wahana Permainan Crossworld Paintball

Wahana-Permainan-Crossworld-Paintball

Hiburan lainnya yang menantang di kawasan Purwokerto adalah wahana Crossworld Paintball.

Berbagai perlengkapan paintball dan area yang luas ini, cocok untuk melatih skill menembak dan ketangkasan Anda. Di sini, Anda diperbolehkan membeli peralatan paintball dengan harga yang terjangkau.

39. Depo Bay Depo Pelita

Depo-Bay-Depo-Pelita

Wisata air selalu jadi pilihan liburan yang menyenangkan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Depo Bay merupakan salah satutempat wisata di Purwokerto yang menyediakan berbagai wahana air di dalam kolam renang yang cukup luas, termasuk wahana kolam ombak. Depo Bay buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

40. Wisata Bendungan Gerak Serayu

Wisata-Bendungan-Gerak-Serayu

Menikmati pemandangan di Bendungan Gerak Serayu bisa menjadi kegiatan yang patut Anda coba. Hijaunya pepohonan dan birunya langit bisa Anda nikmati untuk menyegarkan mata dan pikiran sembari mengagumi arsitektur bendungan tersebut.

41. Wisata Pagubugan

Wisata-Pagubugan

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp7.000,00, Anda sudah bisa mengajak keluarga liburan sambil belajar.

Tempat wisata yang berada di Desa Melung ini menyediakan wahana hiburan seperti outbond, camping, bercocok tanam, dan kegiatan seru lainnya yang mengedukasi, terutama bagi anak-anak.

42. Curug Bayan

Curug-Bayan

Vila atau penginapan di sekitar Curug Bayan bisa menjadi pilihan liburan bagi Anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang asri. Vila-vila ini dibangun berdekatan langsung dengan wisata alam Curug Bayan.

Bermain air, memancing, atau mandi di Curug Bayan akan membuat kegiatan liburan Anda menjadi lebih seru dan menyenangkan.

43.BBPTU HPT Manggala Farm

BBPTU-HPT-Manggala-Farm

Hamparan padang rumput yang hijau di area perbukitan dan peternakan sapi kelas unggul bisa Anda nikmati dari lokasi wisata yang satu ini.

Saat liburan sekolah tiba, anak-anak tetap bisa belajar mengenal alam, seperti melihat cara pemerahan susu sapi, memberi makan, dan kegiatan outdoor lainnya.

44. Taman Wisata Bambu dan Green Stone Waterfall

Taman-Wisata-Bambu-dan-Green-Stone-Waterfall

Sesuai dengan namanya, taman ini dipenuhi tanaman bambu yang dibentuk dan dihias sedemikian rupa, sehingga terlihat semakin menarik.

Di taman ini juga terdapat hutan bambu yang tentunya sangat estetik untuk dijadikan background foto. Berjalan sedikit dari taman, Anda akan menemukan curug dengan air yang sangat jernih dan tentunya membuat Anda tidak sabar untuk menceburkan diri.

Untuk bisa memasuki lokasi wisata bambu ini, harga tiket masuknya cukup murah yaitu sebesar Rp7.000,00 saja. Dengan harga tiket yang sangat murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang disajikan di lokasi wisata ini.

45. CAUB Baturaden

CAUB-Baturaden

CAUB atau Camp Area Umbul Bengkok merupakan wisata camping yang sayang untuk dilewatkan. Anda akan disuguhkan dengan hamparan rumput yang luas, berbagai fasilitas seperti camping, flying fox, dan gardu pandang untuk menikmati pemandangan.

Di sini Anda juga bisa menikmati menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu malam untuk menikmati keindahan kerlap-kerlip bintang.

46. Caping Park Purwokerto

Caping-Park-Purwokerto

Ciri khas dari tempat wisata ini yaitu setiap pengunjung yang datang pasti diberikan caping sebagai properti berfoto. Bangku-bangku berwarna-warni yang berada di tengah taman ini juga bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Selain itu, ada pula ayunan yang bergelantung di atas tebing, sehingga Anda bisa merasakan sensasi melayang di udara.

Lantai kaca dengan pemandangan hamparan taman hijau dan pepohonan yang menjulang tinggi juga sangat cocok dijadikan sebagai background foto bersama keluarga atau teman.

Untuk memasuki lokasi wisata ini, Anda akan dikenakan biaya Rp20.000,00 pada hari biasa dan Rp25.000,00 pada hari libur.

47. The Village Purwokerto

The-Village-Purwokerto

Taman ini didesain dengan gaya Eropa ini menampilkan bangunan-bangunan dengan ciri khas dari berbagai negara yang ada di Eropa, seperti kostum Belanda, menaiki perahu melewati kanal yang ada, dan kegiatan lainnya seperti memberi makan kelinci, sapi, dan domba.

48. Taman Hexagone

Taman-Hexagone

Taman Hexagone merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan pemandangan pematang sawah yang indah, Beberapa spot foto sengaja dibuat untuk menarik wisatawan, mulai dari Menara Eiffel dari bambu, bermain sepeda, dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Pasar Kuna Lereng bisa menjadi tujuan Anda sebelum beranjak dari lokasi wisata ini untuk membeli anek oleh-oleh khas Purwokerto. Makanan tradisional, kain, atau hiasan lainnya juga tersedia di Pasar Kuna Lereng dengan harga yang bervariasi.

49. The Forest Island

The-Forest-Island

Di lokasi wisata ini menyediakan kolam renang, taman, dan perahu yang akan mengajak Anda menyusuri sungai kecil, serta aktivitas outdoor lainnya.

Tempat wisata di Purwokerto ini sangat recommended dan wajib masuk dalam agenda liburan Anda. Jadwal operasional tempat wisata ini yaitu mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB dan buka setiap hari.

50. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan-Pinus-Limpakuwus

Hutan pinus di Desa Limpakuwus ini menawarkan pemandangan alam dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan indah. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di tempat ini.

Dijamin udara yang segar, kicauan burung, dan hembusan angin akan membuat Anda betah dan enggan meninggalkan tempat ini.

51. Mall Moro

Mall-Moro

Moro merupakan salah satu mall yang terkenal di Purwokerto. Mall ini tidak seperti yang ada di kota-kota besar lainnya yang menyediakan toko-toko branded dan bioskop.

Walaupun mall ini terbilang cukup kecil, namun tidak pernah sepi dan selalu menjadi pilihan untuk membeli barang-barang kebutuhan masyarakat Purwokerto dan sekitarnya.

Anda bisa berjalan ke lantai atas untuk menemukan food court yang menjual berbagai makanan dan jajanan yang unik dan khas. Mall ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan dan buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Banyak tempat wisata di Purwokerto yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Kota yang terletak di lereng Gunung Slamet ini memiliki banyak curug dan objek wisata alam lainnya.

Meski begitu, tidak banyak objek wisata yang berada di tengah Kota Purwokerto, sehingga Anda harus menempuh sekitar 10 hingga 30 menit untuk bisa menikmati berbagai wisata alam yang ada di sekitar kota ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!