" />

Ingin bertamasya menghirup udara segar pepohonan, bukit, dan butuh pemandangan tidak harus naik gunung. Saat ini banyak destinasi wisata seperti bukit, hutan, maupun gardu pandang yang sudah mampu memanjakan mata, salah satunya ada di daerah Bantul.

Berkembangnya potensi wisata di daerah Imogiri, Bantul. Bermula dari terkenalnya Kebun Buah Mangunan. Tempat ini sudah dibangun sejak tahun 2003 dan terus berkembang hingga terkenal melalui berbagai macam sosial media mulai tahun 2013.

Semakin banyak pengunjung yang hadir untuk sekadar menikmati pemandangan di Kebun Buah Mangunan, berfoto-foto, maupun menenangkan diri. Akhirnya tempat wisata ini direnovasi dengan anak tangga yang lebih rapi dan ditumbuhi tumbuhan cantik di area sekitar.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Tempat ini bisa anda kunjungi mulai pagi hari. Untuk jam tutupnya, Kebun Buah Mangunan mulai ditutup dari pukul 16.00 WIB.

Harga tiket yang harus dibayar untuk menikmati indahnya alam di sisi lain Yogyakarta ini adalah Rp. 5.000 saja. Jangan heran, jika tempat ini tak pernah sepi pengunjung baik dari turis lokal maupun mancanegara yang siap menikmati pemandangan yang ada.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

1. Bersantai dan Menikmati Udara Sejuk

jam buka gunung api purba nglanggeran

Sumber Gambar: semutireng.blogspot.com

Selain menyodorkan pemandangan yang indah, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan tempat untuk bersantai dan relaksasi karena udara sejuk di daerah ini. Pemandangan yang ditawarkan Kebun Buah Mangunan yakni bukit dan terdapat aliran sungai yang terlihat dari atas.

Destinasi ini cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga atau teman. Indahnya alam di sekitar daerah Kebun Buah Mangunan sangat pas untuk melepas lelah dan penat kehidupan di kota.

2. Banyak tempat foto yang instagramable

gunung api purba nglanggeran beklimmen

Sumber Gambar: explorewisata.com

Rasanya akan ada yang kurang jika tidak berfoto saat berlibur. Namun tenang, tempat berfoto gardu pandang Mangunan disediakan tentunya untuk anda yang suka berfoto ria dengan pemandangan yang siap menghias akun sosial mediamu.

Baca Juga: Danau Toba, Hasil Letusan Mahadahsyat yang Kini Jadi Incaran Turis !

3. Melihat Kebun Buah

deskripsi gunung api purba nglanggeran

Sumber Gambar: papabackpacker.com

Destinasi wisata yang disebut Negeri di Atas Awan ini juga menghadirkan beragam pohon buah, dari mulai belimbing hingga durian. Kebun Buah Mangunan cocok untuk didatangi anak-anak yang butuh akan pengetahuan alam langsung dengan melihat objeknya.

4. Memberi Makan Rusa

camping gunung api purba nglanggeran

Sumber Gambar: 123.rf

Selain ada gardu pandang Mangunan, terdapat belasan rusa yang dipelihara di Kebun Buah Mangunan. Setelah melihat rusa, pengunjung pun dapat memberi makan rusa di area ini.

Baca Juga: Taman Baluran Banyuwangi, Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Selain pengunjung yang hadir akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah, tersedia tempat parkir yang luas sehingga tidak perlu khawatir berdesakan dengan pengunjung lain, kemudian ada mushola, toilet serta tempat bersantai.

Terdapat beberapa warung yang siap mengurangi rasa laparmu saat berada di Kebun Buah Mangunan. Selain itu, terdapat beberapa orang yang menawarkan jasa foto yang dipatok harga seikhlasnya oleh pengunjung. Wah, sangat cocok bagi yang lupa membawa smart phone maupun kamera.

Tak hanya untuk berlibur, Kebun Buah Mangunan juga menyediakan tempat inap, area untuk camping, outbond, yang sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan positif yang bersinggungan dengan alam, maupun hanya sekadar untuk menenangkan diri.

Akses dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Untuk menuju ke destinasi wisata Kebun Buah Mangunan di Imogiri, anda bisa menempuhnya dalam waktu kurang lebih sekitar satu jam dari pusat kota Yogyakarta. Saat anda sampai di kota Yogyakarta, anda bisa pergi ke Jalan Imogiri Timur dan ikuti jalan utama lurus terus hingga menemukan pasar Imogiri.

Sampai ada pertigaan pohon beringin setelah pasar Imogiri, anda akan menjumpai penunjuk arah yang menunjukkan Kebun Buah Mangunan. Setelah itu, anda harus mengikuti petunjuk di pinggir jalan yang membantumu mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga: Wisata Bukit Cinta Bayat, Tempat Hits Anak Muda Kekinian !

Peta Menuju Kebun Buah Manahan (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Kebun Buah Mangunan

Untuk berlibur di daerah Imogiri, banyak sekali penginapan baik hotel maupun home stay di sekitar yang bisa anda pilih untuk menginap.

Tak hanya menghadirkan kenyamanan di dalam ruangan, penginapan di daerah ini tentu memberikan pemandangan yang indah di sekitar. Langsung simak deh beberapa penginapan yang terdekat dari Kebun Buah Mangunan :

1. Rumah Lebah terletak di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55782

2. Omah Ndeso Homestay Yogyakarta di Jalan Parangtritis KM.15, Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

3. Wildan Homestay di Jalan Imogiri Timur KM 7,5, Banguntapan, Yogyakarta, Yogyakarta Province, Indonesia, 55191

4. Omah Tembi Homestay di Jl. Parangtritis Km 8.5 Sewon-Bantul, Sewon, Yogyakarta, Yogyakarta Province, Indonesia, 55186

5. Vacation Home Cuniro di Jalan Imogiri Timur , Desa Botokenceng, Wirokerten, RT 04 RW 05 No 3, Bantul, Yogyakarta, Jetis, Banguntapan, Yogyakarta, Yogyakarta Province, Indonesia, 55194

Tips Berwisata ke Kebun Buah Mangunan

Tips untuk berwisata, sebaiknya datang di saat matahari terbit yaitu pagi hari, yang mana sebaiknya datang pada saat sore hari sebelumnya. Sehingga, pada malam hari lebih baik digunakan untuk istirahat dan melihat keindahan matahari terbit di gardu pandang Kebun Buah Mangunan.

Jika ingin datang di hari Minggu, jangan lewatkan Pasar Kaki Langit yang diadakan.

Jika ingin mendapatkan foto kabut seperti Negeri di Atas Awan, hadir saat pagi-pagi hari dan saat musim hujan. Namun, harus tetap hati-hati jika membawa kendaraan pribadi atau sewaan karena jalan kea rah Kebun Buah Mangunan cukup curam dan terjal.

Setelah itu, tips yang kedua jika tidak membawa kendaraan pribadi, lebih baik sudah menyewa kendaraan dari pusat kota Yogyakarta. Hal ini karena lebih menghemat budget dan dapat fleksibel berkeliling di daerah Imogiri yang memiliki banyak destinasi wisata lain.

Tak lupa, bawalah pakaian hangat karena udara cukup dingin di daerah Imogiri saat pagi hari. Dan tentunya, bawalah kamera untuk mengabadikan momen liburan  yang menghadirkan pemandangan yang menyegarkan mata.