" />

Embung Tambakboyo Yogyakarta, pastinya udah nggak asing lagi buat kamu yang domisilnya ada di Jogja atau Sleman.

Khususnya, buat kamu anak muda yang kuliah di daerah Condong Catur, Maguwo, Wedomartani atau kamu yang pernah nginep di kost eksklusif Dparagon Tambakboyo.

Tambakboyo Sleman, yang pada mulanya adalah sarana pengairan PDAM, sekarang ini punya fungsi ganda, yaitu jadi tempat jogging.

Bahkan, untuk sebagian orang, waduk yang satu ini juga bisa saja didefinisikan sebagai tempat wisata ‘dadakan’, apalagi untuk anak muda.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo

tambakboyo jogja

Embung yang satu ini bisa kamu kunjungin tiap hari tanpa ada batasan waktu. Tapi ya, nggak mungkin juga kan kamu dateng ke waduk ini tengah malem atau dini hari?

Terus, untuk biaya tiket masuknya gimana? Gratis dong!

Hanya bermodalkan Rp 2.000,- untuk parkir motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil saja, kamu udah bisa masuk ke kawasan Waduk Tambakboyo Sleman ini.

Biasanya, orang-orang dateng kesini pada pagi atau sore hari, hunting sunrise ataupun sunset.

Daya Tarik Embung Tambakboyo

1. Jogging track

mancing di tambakboyo yogya

Waduk dengan luas mencapai 8 hektar ini benar-benar dikelola dengan baik, kenapa? Kamu bisa cek wilayah disekitar waduknya.

Adanya jalan konblok yang mengelilingi waduk ini salah satu buktinya. Jalan konbloknya rapi banget, cukup lebar, dan bersih!

Bener-bener cocok buat kamu yang emang mau jogging disini.  Banyak juga orang-orang yang bawa anjing disini buat jogging.

2. Memancing

tambakboyo sleman

Jika anak muda-mudi kebanyakan dateng ke Tambakboyo buat lari pagi atau lari sore, berbeda dengan bapak-bapak disini.

Ternyata, waduk dengan asal-usul dibuat untuk tempat pengairan ini selalu digunakan sebagai tempat memancing.

Nggak tau deh ada ikannya apa engga, tapi setiap kali aku jogging disini, selalu ada bapak-bapak yang mancing.

Baca Juga: 15+ Cafe di Sleman Yogyakarta yang Hits, Instagrammable, dan Murah

3. Hunting sunrise dan sunset

embung tambakboyo yogya

Sunset dan sunrise di Tambakboyo selalu ditunggu-tunggu oleh pengunjungnya. Gimana nggak? Pemandangannya nenangin dan bagus banget!

Jangan lupa juga bawa kamera buat jepret-jepret momen sunrise dan sunsetnya.

Menurutku, sunrise di waduk ini jauh lebih menarik dibandingin sama sunrisenya (baca: lebih romantis maksudnya, hehehe). Tapi, keduanya juga sama-sama bagus kok!

4. Pacuan kuda

berita tambakboyo

Nggak hanya jogging track aja, kamu juga bakal nemuin tempat pacuan kuda ‘mini’ (maksudnya ga gede-gede banget gitu) disini.

Lokasinya ada di kawasan waduknya sendiri. Banyak anak kecil yang berkunjung di sore hari cuman buat liatin orang yang latihan atau les di pacuan kuda itu.

Kawasan pacuan tersebut sih kabarnya punya keluarga Dparagon.

Baca Juga: Pantai Sadranan Jogja, Nuansa Sepi dan Tenang Saat Berlibur!

5. Banyak pedagang

d'paragon tambakboyo jogja kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta

Setelah jogging, mancing, dan liatin pacuan kuda, pastinya laper kan? Nggak usah keluar kawasan waduk! Karena disini banyak banget gerobak jajan yang makanannya bisa ganjel perut.

Kamu nggak akan kelaparan disini, tentu aja tukang cilok, kacang, jagung rebus, dan es the bisa jadi solusinya! Kan bisa tuh, sambil nontonin matahari terbenam, kamu sambil nyemil cilok.

Fasilitas di Embung Tambakboyo

Hmm.. fasilitas disini mungkin yaa standar aja kayak biasanya. Tersedia tempat parkir motor dan mobil yang lumayan luas.

Tempat parkirnya juga dijagain sama abang-abang parkir kok, jadi pastinya aman! Sayangnya, tempat sampah disini masih minim.

Nggak ada WC umum juga, jadi hati-hati aja kalau kamu kebelet pengen ke WC!

Akses dan Rute Menuju Tambakboyo

Rute yang paling gampang untuk nyampe di Tambakboyo adalah lewat ringroad utara. Patokannya adalah UPN (Universitas Pembangunan Negara). Kalo udah nyampe sana, kamu bisa ikutin jalur-jalur ini:

  • Kalo kamu datang dari arah barat Ringroad Utara, di perempatan UPN, kamu bisa belok kiri ke arah utara.
  • Terus lurus sampe perempatan pertama (kamu bakal ngelewatin UII di jalan ini)
  • Lurus terus sampe masuk ke kompleks perumahan, udah deket kok.
  • Nggak lama dari sana, kamu bakalan nemuin petunjuk arah ke kanan dengan tulisan Tambak Boyo, jalannya emang sedikit turun.
  • Kamu bakal nemuin kost eksklusif Dparagon disebelah kanan. Posisi Tambakboyo ada dibawah homestay, portalnya sebelah kiri.

Baca Juga: Pantai Wedi Ombo: Pemandangan Matahari Terbenam yang Eksotis!

Peta Lokasi Embung Tambakboyo

Tips Berwisata / Jogging di Embung Tambakboyo

  1. Jangan lupa pake sunblock sebelum jogging ya!
  2. Kawasan Tambakboyo emang banyak pedagang jualan makanan ringan, tapi nggak ada pedagang yang jualan makanan berat, jadi pastikan perutmu terisi dulu ya.
  3. Hati-hati dengan barang bawaan (kali aja ada jambret atau ada pencuri kan kita gatau)
  4. Kabarnya, ada beberapa berita Tambakboyo Jogja yang menyebutkan adanya mayat yang membusuk dan mengambang di kawasan waduknya. Oleh karena itu, lebih baik kita hati-hati dan menjaga lisan ya!

Setelah mengetahui informasi lengkap Embung Tambakboyo Jogja diatas, jadi tunggu apalagi? Yuk kunjungi Embung Tambakboyo!

Biar makin romantis, kamu bisa ajak orang tersayangmu buat jogging barenga!

Ada informasi lain? Diskusi di kolom komentar yaa!