" />

Wedi Ombo adalah salah satu nama pantai yang terletak di Yogyakarta, pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Wedi Ombo memiliki pesona yang sangat mengagumkan, disini kita bisa menikmati deburan ombak pantai selatan ditemani dengan hembusan angin yang sejuk.

Nama Wedi Ombo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya pasir luas, walaupun sebenarnya pasir disini tidak terlalu luas namun pantai yang satu ini memiliki daya tariknya tersendiri mulai dari pantai yang indah hingga terdapat kolam alami.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Wisata Hits Kekinian Untuk Camping

Jam Buka Dan Harga Tiket Pantai Wedi Ombo

Pantai yang satu ini bisa kita kunjungi kapanpun kita mau karena memang pantai tersebut buka selama 24 jam penuh. Untuk harga tiketnya sendiri sangatlah murah hanya Rp. 5.000 saja per orangnya kita sudah bisa memasuki destinasi wisata yang satu ini. Sedangkan untuk parkir sendiri dikenakan tarif sekitar Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000 tergantung jenis kendaraan kita.

Daya Tarik Pantai Wedi Ombo

1. Pemandangan Eksotis

bukit pantai wediombo

Sumber Gambar: ksmtour.com

Salah satu kelebihan dan daya tarik Wedi Ombo adalah pemandangannya yang eksotis, bahkan tidak kalah dengan pantai lainnya di Yogyakarta.

Kita disini akan menemui pasir yang sangat putih dan bersih, air lautnya pun terlihat jernih dengan warna hijau kebiruan, tak lupa di sepanjang pantai kita akan melihat banyak pepohonan rindang yang bisa kita gunakan untuk berteduh sembari bersantai.

Baca Juga: Pantai Geger Bali, The Island of Paradise yang Wajib Dikunjungi!

2. Terdapat Kolam Alami

pantai wedi ombo balong kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta

Sumber Gambar: dejogjaadventure.com

Selain pasirnya yang putih Wedi Ombo juga memiliki banyak karang di pesisir pantainya. Karang ini sangatlah unik dan menjadi daya tarik tersendiri di Wedi Ombo tersebut.

Tumpukkan karang membuat kolam-kolam kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang, jangan khawatir akan tenggelam karena kolam-kolam kecil tersebut tidaklah terlalu dalam hanya sekitar 1 sampai 1,5 meter saja.

3. Sunset yang Menawan

pantai wediombo blitar

Sumber Gambar: yogyakarta.panduanwisata.id

Wedi Ombo juga merupakan salah satu pantai dengan sunset yang menawan. Dengan pasir putih dan deburan ombak yang terbilang besar menantikan matahari terbenam di Wedi Ombo patut untuk kita coba saat berada di pantai ini.

Ditambah lagi dengan bentuk pantai yang berbentuk teluk membuat pemandangan matahari terbenam di pantai ini semakin eksotis.

4. Spot Foto yang Menarik

pantai wediombo adalah

Sumber Gambar: maioloo.com

Bagi kita yang suka berfoto-foto maka Pantai Wedi Ombo merupakan tujuan yang tepat untuk kita kunjungi. Disini kita akan menemukan berbagai spot foto yang menarik, mulai dari pasir putih, karang, deburan ombak, hingga terdapat juga icon Pantai Wedi Ombo yang berbentuk patung ikan.

5. Banyak Restoran di Sekitar Pantai

alamat pantai wediombo wonosari

Sumber Gambar: nithatalia.wordpress.com

Selain menghabiskan waktu di pantai kita juga bisa mencoba kuliner-kuliner yang terdapat disini, kita bisa mendatangi salah satu tempat makan di sekitar pantai yang memang terdapat banyak restoran-restoran.

Berbagai olahan bisa kita jumpai di restoran tersebut namun olahan laut adalah olahan yang patut untuk kita coba.

6. Banyak Toko Oleh-Oleh

deskripsi pantai wediombo dalam bahasa inggris

Sumber Gambar: reresepan.com

Nah yang satu ini tentunya tidak boleh untuk dilupakan, hal itu adalah oleh-oleh dari pantai yang satu ini. Kita bisa membeli oleh-oleh berupa souvenir ataupun baju khas Wedi Ombo. Jangan khawatir soal harganya karena harga oleh-oleh di pantai ini cenderung cukup murah.

Baca Juga: Pantai Karma Kandara, Private Beach Eksklusif dengan Harga Murah!

Fasilitas di Pantai Wedi Ombo

Fasilitas di Wedi Ombo sangatlah lengkap, mulai dari tempat parkir, toilet, hingga tempat beribadah juga telah tersedia. Selain itu juga terdapat kamar mandi yang bisa kita gunakan untuk ganti baju ataupun mandi selepas berenang di pantai.

Disini kita juga akan menemukan banyak warung serta payung pantai yang bisa kita gunakan untuk bersantai di tepi Pantai Wedi Ombo.

Akses dan Rute Pantai Wedi Ombo

Wedi Ombo terletak di Tenggara Kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota. Untuk datang kesini kita bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Untuk aksesnya pun tidak terlalu sulit karena jalannya terbilang mulus dan tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Untuk rutenya pun cukup mudah jika kita dari pusat kota Yogyakarta, kita hanya perlu ke arah timur menuju daerah Wonosari lalu ke arah selatan menuju Desa Jempitu, Kecamatan Girisubo.

Peta Lokasi Menuju Pantai Wedi Ombo (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Wedi Ombo

1. Widyaloka Guest House

2. Radika Paradise Villa & Cottage

3. Wooden Room The Royal Joglo

4. Penginapan Putra Darma

5. Sundak Indah Homestay

Baca Juga: Pantai Nusa Lembongan, Spot Private dengan Orang Tersayang!

Tips Berwisata ke Pantai Wedi Ombo

1. Datanglah Saat Musim Panas

Datang pada waktu yang tepat merupakan tips yang wajib untuk dilakukan saat datang ke tempat yang satu ini. Waktu yang tepat untuk datang ke Wedi Ombo adalah saat musim panas, hal ini dikarenakan saat musim panas air di pantai ini akan terlihat sangat jernih dan berwarna hijau kebiruan. Selain itu saat musim panas kita juga bisa menikmati angin dari laut yang sangat sejuk.

Usahakan jangan datang ke Pantai Wedi Ombo saat musim hujan, dikarenakan saat musim hujan kita tidak akan melihat air yang jernih dan deburan ombak akan lebih besar ketimbang saat musim panas sehingga akan cukup membahayakan.

2. Bawalah Peralatan Renang

Membawa peralatan renang menjadi keharusan saat datang ke Pantai Wedi Ombo. Peralatan renang bisa kita gunakan untuk berenang di kolam yang ada di Karang-karang, tentunya kurang lengkap rasanya jika belum mencoba kolam renang yang terbentuk secara alami di Pantai Wedi Ombo tersebut.

Peralatan renang seperti baju renang dan kacamata selam bisa menemani kita menikmati dinginnya air di kolam tersebut. Jangan lupa juga kamera untuk mengabadikan pemandangan karang dari bawah air di Pantai Wedi Ombo ini.

3. Bawalah Sandal Jepit

Membawa sandal jepit menjadi tips berikutnya yang patut untuk diperhatikan. Dengan sandal jepit kita bisa dengan leluasa bermain pasir dan juga tetap aman jika digunakan untuk bermain di karang-karang yang terdapat pada Pantai Wedi Ombo. Usahakan jangan menggunakan sepatu ataupun tidak menggunakan alas kaki sama sekali karena akan menyusahkan serta akan membahayakan bagi kita.

4. Jangan Lupakan Peralatan Foto

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke suatu tempat tanpa mengabadikannya. Bawalah peralatan foto yang kita punya saat datang ke pantai ini, kita bisa memotret keindahan Pantai Wedi Ombo ini ataupun karang-karang yang menjadikan ciri khas destinasi tersebut. Tak lupa kita juga bisa mengabadikan momen matahari tenggelam di pantai ini.

5. Siang Menjelang Sore Menjadi Waktu Sempurna Untuk ke Pantai Ini.

Waktu yang tepat berkunjung ke Wedi Ombo adalah saat siang menjelang sore, karena di waktu ini pantai bisa terlihat bagus dan mempesona. Kita juga bisa bermain pasir ataupun berenang tanpa takut kulit terbakar, tentunya datang sore hari bisa sekalian menunggu momen matahari tenggelam yang sangat mempesona di Pantai Wedi Ombo tersebut.