" />

Apakah Anda termasuk pelancong yang menyukai keindahan pantai? Apakah Anda sedang mencari referensi untuk ditambahkan ke wishlist Anda? Apakah Anda ingin mencari tempat wisata yang tidak sulit dicari tetapi tetap dapat memberikan vibe liburan yang menyenangkan? Bagaimana jika Anda kami ajak kembali ke pulaunya para Dewa, yaitu Pulau Bali?

Siapa yang tidak kenal Pulau Bali? Ya, pulau yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia ini memang belum pudar pamornya. Pulau Bali tidak hanya memiliki wisata di pulau utamanya saja, tetapi tersebar hingga ke pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jika masih merasa belum puas menjelajahi Bali, Anda bisa menyeberang dan mengunjungi destinasi lain, misalnya Pantai Nusa Lembongan.

Pulau Nusa Lembongan, yang menjadi pulau di mana terdapat Pantai Nusa Lembongan memiliki kondisi geografis yang sedikit berbeda dengan pulau Bali. Pulau ini didominasi oleh wilayah perbukitan sehingga sejauh mata memandang akan lebih banyak terlihat tebing di dalamnya. Untuk mengelilingi pulau ini pun tidak sulit, karena tidak terlalu luas dan sudah tersedia persewaan kendaraan di sana.

Pantai Nusa Lembongan, seperti namanya, terletak di wilayah Pulau Lembongan. Uniknya, pulau Lembongan sendiri hanya memiliki luas kira-kira 8 km2. Meskipun merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak baru, tetapi akses menuju pulau ini terkadang masih berbatu bahkan licin. Salah satu keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah sebutannya, yaitu pantai Dream Beach yang artinya pantai impian.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Nusa Lembongan

Bagi para pelancong yang berbudget terbatas, Anda boleh merasa lega. Karena untuk masuk ke Pantai Nusa Lembongan, Anda tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, satu catatan yang harus dilakukan para wisatawan adalah tetap menjaga kebersihan pantai tersebut. Untuk jam buka, pantai ini terbuka bagi umum di setiap harinya.

Daya Tarik Pantai Nusa Lembongan

1. Masih Cukup Sepi dari Pengunjung

surfing di pantai nusa lembongan

Sumber Gambar: hsh-stay.com

Pantai Nusa Lembongan atau Dream Beach terletak di wilayah yang cukup tersembunyi. Letaknya berada di antara pulau-pulau kecil di Bali. Pantainya sendiri tidak terlalu luas dan terdapat gugusan batu karang di kedua sisinya. Namun, jangan berkecil hati. Karena lokasinya yang tersembunyi, ia menjadi lokasi yang cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan suasana yang lebih privat.

Di sini, wisatawan dapat dengan leluasa bermain pasir pantai yang ada. Lokasinya masih sepi, dan udaranya masih segar menjadikan suasana di sini sangat nyaman. Anda akan merasa seperti terdampar di pulau kecil yang menawan, berbeda dengan suasana di Pulau Bali yang cenderung penuh dan sangat ramai oleh wisatawan baik itu asing maupun domestik.

Baca Juga: Pantai Lovina Bali, Sensasi Liburan Bersama Lumba-Lumba

2. Memiliki Pasir Putih yang Masih Bersih

hotel pinggir pantai nusa lembongan

Sumber Gambar: welikebali.com

Berkaitan dengan poin pertama, Pantai Nusa Lembongan memiliki pasir putih yang bersih. Hal ini karena lokasinya yang tersembunyi, sehingga masih belum tereksplor oleh wisatawan. Dengan tidak banyaknya pengunjung yang datang, pantai ini jadi relatif masih bersih dan nyaman tanpa adanya sampah yang berserakan seperti di pantai lain.

3. Menjadi Lokasi Favorit Untuk Berselancar

pantai yang ada di nusa lembongan

Sumber Gambar: dontorgettomove.com

Pantai Nusa Lembongan menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar. Lokasinya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia menjadi salah satu penyebabnya. Deburan ombak di sini cukup tinggi dan menghempas dengan cukup deras ke karang di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan beberapa wisatawan asing dan domestik gemar berselancar di sini.

Alasan lain mengapa Pantai Nusa Lembongan menjadi lokasi terbaik untuk berselancar adalah pantainya yang masih sepi. Dengan sepinya pengunjung, wisatawan yang sudah datang dan bermalam di pantai ini untuk berselancar menjadi lebih leluasa. Wisatawan dapat memacu adrenalinnya dengan bebas tanpa takut saling bertabrakan ketika berselancar.

Fasilitas di Pantai Nusa Lembongan

Jika berbicara masalah fasilitas, Pantai Nusa Lembongan memiliki fasilias yang cukup baik untuk saat ini. Meskipun pantainya masih sepi pengunjung, tetapi fasilitas dasar seperti WC umum, sudah layak dipakai. Selain itu, terdapat ayunan kecil yang terletak di salah satu sisi tebing. Dari sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai dengan lebih leluasa.

Bagi Anda yang menyukai berwisata tanpa merasa lapar, Anda tidak perlu khawatir. Di wilayah Pantai Nusa Lembongan sudah tersedia juga tempat makan yang menyajikan berbagai makanan. Tempat makan ini sudah menjadi satu juga dengan penginapan, sehingga Anda tidak perlu pusing mencari tempat yang nyaman untuk mengisi perut Anda setelah bermain-main di pantai.

Baca Juga: Pantai Balangan, View Bebatuan dan Tempat Surfing yang Eksotis!

Akses dan Rute Pantai Nusa Lembongan

Pantai Nusa Lembongan terletak di seberang bagian barat pulau Bali. Lokasi lebih tepatnya berada di desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung. Perjalanan di pulau ini masih bisa dilakukan dengan transportasi darat pada umumnya. Namun, untuk beberapa tempat diperlukan kesediaan wisatawan untuk berjalan kaki karena kontur jalan yang masih berbatu.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa menyeberang lewat Pantai Sanur atau Padangbai. Dari sini, Anda tentukan destinasi penyeberangan ke dermaga Mushroom Bay. Mushroom Bay adalah dermaga terdekat, dan menjadi destinasi wisata juga seperti pantai tujuan Anda. Dari Mushroom Bay, Anda bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau motor untuk menuju ke Pantai Nusa Lembongan.

Transportasi laut yang dapat digunakan untuk menyeberang ke Pulau Lembongan bisa dengan boat atau cruiser. Terdapat dua jenis boat yang menjadi sarana transportasinya. Boat pertama, yaitu fast boat dengan harga mulai dari Rp 200.000,00. Kedua, public boat dengan harga mulai dari Rp 100.000,00 untuk sekali berangkat. Untuk cruiser, akan dikenai biaya mulai dari US$ 60 sekali perjalanan via Pelabuhan Benoa.

Peta Menuju Pantai Nusa Lembongan (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Nusa Lembongan

Di wilayah Pantai Nusa Lembongan terdapat berbagai jenis penginapan. Jenis pertama, yaitu villa. Villa di wilayah ini memiliki harga mulai dari Rp 300.000,00 per malamnya. Salah satu villa yang ada di sini adalah Casa Del Mar Villa dengan fasilitas yang cukup eksklusif. Di villa ini Anda juga akan disuguhi view langsung menuju laut dan terdapat kolam renang yang bisa untuk bersantai.

Selain villa, Anda bisa menjadikan homestay sebagai pilihan untuk menginap. Untuk harga, homestay di sini mematok harga yang lebih murah daripada villa. Harga termurah berada di kisaran Rp 100.000,00 per malamnya. Salah satu homestay di sini adalah Swara Homestay yang letaknya berada dekat dengan jalan raya sehingga lebih mudah dijangkau bagi Anda yang baru pertama kali ke sini.

Tips Berwisata ke Pantai Nusa Lembongan

1. Tentukan waktu yang cukup nyaman bagi Anda untuk bepergian ke Pantai Nusa Lembongan.

2. Siapkan budget yang lebih dari cukup. Ini akan memudahkan Anda dalam memilih mode transportasi hingga penginapan yang nyaman selama di Nusa Lembongan.

3. Jangan lupa perhatikan keselamatan diri Anda ketika bermain di pantai.