26+ Makanan Khas Sukabumi Selain Mochi

Di Jawa Barat terdapat beberapa daerah dengan berbagai makanan yang unik. Sukabumi menjadi salah satu kota yang wajib untuk di kunjungi dan mencicipi keunikan makanan khasnya.

Ada beberapa makanan khas Sukabumi yang terkenal dengan rasanya yang unik. Daftar di bawah ini akan memberikan Anda petunjuk tentang informasi makanan khas yang berasal dari Sukabumi.

Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal

1. Bubur Ayam Bu Nut Sukabumi

makanan khas daerah sukabumi bubur

Meskipun wisatawan kurang mengincar berbagai menu sarapan, tetapi tidak ada salahnya untuk menjelajahi Sukabumi dari makanan khas sarapan paginya.

Menu sarapan yang terkenal di sana adalah Bubur Ayam Bu Nut dengan jumlah cabang yang lumayan banyak di sana. Konsepnya yang modern dengan ruangan indoor dan outdoornya membuat beberapa pengunjung betah.

2. Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’I Khas Sukabumi

makanan khas sukabumi mie bakso

Daerah Jawa Barat sampai saat ini selalu terkenal dengan sajian baksonya. Ada beberapa tempat dan daerah yang memang memiliki spesialis untuk menyajikan menu bakso.

Ketika berkunjung ke Sukabumi jangan lewatkan untuk mencicipi mie bakso super H. Achmad Suja’I yang begitu terkenal. Banyak warga local dan wisatawan yang berkunjung ke tempat makan bakso ini.

3. Mie Goreng dari Sukabumi

makanan khas sukabumi mie goreng

Anda bisa menemukan kuliner apa pun di Sukabumi dengan berbagai rasa di mulai dari asin, manis, dan segar.

Saat ini hidangan mie goreng yang berasal dari Sukabumi bisa menjadi teman di kala lapar. Lokasinya berada di jalan Cimandiri dengan rasa yang mungkin belum pernah di temukan dari wilayah lain di Indonesia.

Olahan mie memang cocok untuk dijadikan santapan atau menu di siang hari.

4. Bandros Sukabumi

bandros ata sukabumi

Makanan khas daerah Sunda yang paling terkenal adalah Bandros. Meskipun saat ini banyak orang yang menjual bandros di daerah lain tetap saja bandros yang berasal dari daerah aslinya lebih enak.

Menu ini sering menjadi makanan pasar atau jajanan bagi masyarakat di Sukabumi. Dengan demikian wisatawan tidak akan sulit untuk menemukan bandros ini di berbagai lokasi.

5. Mochi Sukabumi

mochi khas sukabumi

Hampir semua orang di Indonesia kenal dengan istilah makanan mochi. Daerah di Indonesia yang terkenal akan sajian mochinya adalah Sukabumi.

Dengan berbagai keunggulannya yang membuat mochi dari sini terasa lebih nikmat. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi dan mampir ke tempat oleh-oleh akan menanyakan jika stock mochi ini masih tersedia.

6. Nasi Tutug Oncom Sukabumi

nasi to tutug oncom sukabumi jawa barat

Menu makan siang penting untuk di pertimbangkan ketika Anda sedang berkunjung ke daerah lain. Untuk Anda yang berencana pergi ke Sukabumi menu tutug oncom ini bisa menjadi pilihan.

Terutama dengan menggunakan nasi yang pastinya membuat Anda semakin kenyang. Nasi tutug oncom memang dijual di beberapa daerah Sunda, namun karena oncom yang digunakan terkadang berbeda.

7. Geco Khas Sukabumi

makanan geco sukabumi

Tidak banyak yang tahu ada beberapa makanan khas Sukabumi selain mochi yang penting untuk dicoba. Salah satunya adala geco atau sering disebut dengan tauge tauco.

Menu ini menjadi andalan masyarakat di Sukabumi sebagai salah satu santapan untuk sarapan pagi. Biasanya penjualnya akan menjual dengan harga 7 ribu Rupiah saja per-porsinya.

8. Roti Priangan Khas Sukabumi

roti khas priangan sukabumi

Menikmati makanan manis memang cocok untuk menemani sarapan dan camilan di sore hari. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi memburu roti priangan ini.

Campuran dari roti ini memiliki resep unik sehingga banyak wisatawan yang ketagihan. Anda bisa menemukannya di Toko Roti Priangan Oey Tjiang Lie dengan pengalamannya yang sudah lama untuk menjual roti ini.

9. Nasi Uduk Ungu Khas Sukabumi

 rumah makan khas sunda sukabumi

Nasi uduk adalah menu andalan di Indonesia untuk di santap saat pagi hari. Ada hal unik yang bisa Anda temukan ketika berada di Sukabumi dengan olahan nasi uduknya.

Salah satunya adalah dengan nasi uduk yang berwarna ungu karena penggunaan ubi ungunya. Sama seperti nasi uduk pada umumnya dengan memberikan beberapa lauk yang simple dan nikmat untuk dicoba.

10. Bolu Pisang Khas Sukabumi

ciri khas makanan kota sukabumi

Ragam olahan bolu sudah lazim di temukan di Indonesia. Rasa bolu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia memang unik dengan berbagai bahan yang berbeda dari setiap masakannya. Berkunjung ke Sukabumi berarti harus mencoba untuk mencicipi bolu khasnya.

Saat ini kue bolu yang terkenal adalah Bolu Pisang Ibu Onih yang berada di Jl. Raya Sukaraja dengan rasa yang sangat nikmat.

11. Sekoteng Singapore dari Sukabumi

makanan dan minuman khas sukabumi

Nama sekoteng Singapore sudah sangat terkenal di Sukabumi. Banyak orang yang mengaitkan menu ini dengan nama negara Singapura di tengahnya.

Padahal, sajian ini merupakan salah satu makanan khas Sukabumi Jawa Barat. Warga setempat menyebutnya sebagai sekoteng Singapura karena penjualnya yang mirip dengan orang sana. Cobalah untuk mencicipinya yang akan membuat Anda ketagihan.

12. Surabi Khas dari Sukabumi

makanan surabi khas sukabumi

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke daerah Sunda tanpa mencicipi hidangan surabinya. Hampir seluruh pengunjung di Sukabumi akan mencari menu makanan yang satu ini. Ada banyak rasa surabi yang bisa Anda temui dimulai dari yang asin hingga manis.

Saat ini rasa yang terkenal adalah surabi dengan rasa durian yang khas dari Sukabumi dan patut untuk dicoba ketika berada di Sukabumi.

13. Bubur Ayam dari Sukabumi

makanan khas dari daerah sukabumi

Santapan bubur tidak hanya ada di Kota Sukabumi saja, akan tetapi ada rasa yang khas dengan mencicipi bubur yang ada di sini. Tidak hanya bubur bu nut saja, Anda bisa menemukan beberapa penjual bubur yang terbilang unik.

Beberapa penjual bubur di sana terkadang membuka tempat makan bubur yang terbilang mewah sebagai restoran yang menjadi makanan khas Sukabumi kota.

14. Kuliner Odeon dari Sukabumi

makanan khas sunda di sukabumi

Tidak hanya berasal dari satu tempat saja, bubur di Sukabumi bisa ditemukan di berbagai cabang restoran salah satunya adalah kuliner odeon. Untuk menemukan kuliner odeon, Anda bisa berkunjung ke wilayah pecinan di Sukabumi ini.

Di sana banyak orang yang menjual bubur dan beberapa masakan lain seperti bakmi dan wedang. Rasa yang diberikan juga sangat khas dan sayang jika dilewatkan.

15. Wedang Ronde dari Sukabumi

wedang ronde sukabumi

Terkadang, makanan di pinggir jalan memang memiliki nama yang lebih terkenal dari makanan lain. Dengan demikian, Anda penting untuk mencicipi menu wedang ronde yang dijual di pinggiran jalan Sukabumi.

Tidak perlu khawatir dengan rasanya karena lokasi penjual wedang selalu dipenuhi oleh pembeli. Menu jahe seperti ini hanya bisa ditemukan dan dicicipi pada malam hari saja.

16. Nasi Hijau dari Sukabumi

nasi uduk hijau sukabumi

Ragam olahan nasi menjadi salah satu hal penting untuk dicoba ketika mencicipi kuliner khas Nusantara. Salah satu olahan nasi yang terkenal di Sukabumi adalah nasi hijau yang begitu digemari oleh warganya.

Pembuatannya sangat alami karena warna hijaunya diambil dari daun bayam dengan beberapa bumbu lainnya. Nantinya, akan dicampurkan dengan beberapa lauk yang khas.

17. Leor Daging dari Sukabumi

makanan khas sukabumi jawa barat

Jangan lupa untuk mencoba menu daging yang berada di Sukabumi. Meskipun masih banyak lagi menu makanan di Sukabumi seperti teci, sagon bakar, pisang coklat, dan yang lainnya.

Menu leor daging yang berasal dari olahan daging sapi dan mirip dengan semur ini pantas untuk dicoba. Dimasak dengan berbagai rempah maka rasa yang diberikan pun bisa sangat nikmat.

18. Rujak Khas Sukabumi

rujak uleg sukabumi

Rujak di Sukabumi menjadi pilihan bagi pengunjung. Terutama dengan berbagi keuntungannya karena sangat nikmat untuk dinikmati di siang hari. Di sana Anda bisa menemukan banyak tukang rujak di mana pun.

19. Pecel sayur di Sukabumi

pecel sayur khas sukabumi

Menu pecel sayur menjadi primadona di Sukabumi karena menu ini sehat dan nikmat. Selain itu penjual pecel sayur juga masih mudah untuk ditemukan. Dengan bumbu kacang yang nikmat cocok untuk dijadikan menu makan siang.

20. Nasi Liwet

nasi liwet sukabumi petogogan

Sajian khas Sunda ini bisa ditemukan di Sukabumi Jawa Barat. Dengan berbagai pilihan sambal maka Anda bisa mendapatkannya di berbagai tempat lesehan atau makan di Sukabumi.

21. Dodol Sukabumi

makanan khas sukabumi yg terkenal

Meskipun Garut terkenal akan dodolnya, Sukabumi masih menjadi lokasi di mana Anda bisa menemukan banyak dodol harga dodol di sana juga masih bersahabat untuk dibeli.

22. Keripik Kentang

makanan khas sukabumi keripik

Beberapa wilayah di Jawa Barat memang terkenal untuk camilannya. Salah satu camilan yang khas adalah keripik kentang.

Di sana Anda bisa menemukan keripik kentang dengan berbagai pilihan rasa yang khas. Termasuk untuk menemukan keripik yang pedas sehingga semakin nikmat untuk dicicipi.

23. Gorengan Ceker

resep gorengan ceker ayam

Menu gorengan ceker sangat terkenal di Sukabumi.

Dengan berbagai kelebihannya sebagai makanan yang gurih. Di Jember tersedia pilihan rasa yang berbeda seperti ceker yang dijadikan keripik dengan rasa yang pedas.

24. Gorengan Tahu Kering

makanan khas kab sukabumi

Sebagian wilayah di Pulau Jawa akan memiliki menu yang satu ini sebagai camilan yang khas. Tahu akan dipotong dengan ukuran dadu yang sangat kecil. Kemudian, akan digoreng hingga kering dan diberikan bumbu yang nikmat.

25. Gorengan Keripik Pisang

makanan khas bogor sukabumi

Cobalah untuk membeli gorengan keripik pisang yang khas dari Sukabumi sebagai salah satu pilihan oleh-oleh terbaik. Saat ini rasanya pun telah banyak di inovasi seperti coklat, strawberry dan berbagai rasa lainnya.

26. Makanan Macaroni Dua Saudara

makanan khas sunda sukabumi

Meskipun macaroni ini tidak sepenuhnya berasal dari Sukabumi, tetapi lokasinya yang dekat dengan daerah Ciamis Jawa Barat membuat distribusinya mudah. Anda bisa membeli macaroni ini sebagai oleh-oleh yang cukup terkenal.

Dari berbagai makanan khas Sukabumi yang terkenal Anda bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Tersedia berbagai jenis makanan di mulai dari makanan yang ringan hingga berat sehingga perjalanan Anda selama di Sukabumi bisa lebih mengesankan. Harga makanan di lokasi pun cukup terjangkau sehingga Anda tidak pelu khawatir dengan biaya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!