10+ Oleh-Oleh Khas Sri Lanka (Wajib Dibawa Pulang)

Membeli oleh-oleh khas Sri Lanka untuk diberikan kepada keluarga dan teman tentunya menjadi hal wajib yang Anda lakukan.

Dengan memberikan keluarga dan teman barang maupun makanan khas dari Srilanka, akan membuat kesan baik serta memori yang bahagia untuk Anda dan keluarga.

Oleh karenanya, sebelum Anda memutuskan untuk pergi berlibur atau bekerja ke Sri Lanka ada baiknya mengetahui apa saja produk yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Hal ini penting agar saat di Srilanka Anda tidak perlu kesusahan dalam menentukan oleh-oleh yang ingin dibeli.

Oleh-oleh Khas dari Sri Lanka

Berikut merupakan rekomendasi makanan dan souvenir yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan:

1. Pittu

oleh-oleh tradisional khas sri lanka

Salah satu makanan khas dari Srilanka yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan adalah Pittu. Pittu terbuat dari beras dan kelapa. Sekilas memang tampilan Pittu ini mirip dengan Putu Ayu di Indonesia, namun bedanya Pittu dimakan dengan sambal dan kari domba.

Namun Pittu juga dapat dinikmati dengan gula maupun minyak samin atau biasa disebut dengan Ghee.

Jika Anda ingin menjadikan Pittu ini sebagai oleh-oleh, maka sebaiknya Anda membelinya sebelum berangkat ke Bandara untuk kembali ke Indonesia. Hal ini karena makanan ini tidak tahan lama.

2. Hopper 

oleh-oleh makanan pendamping khas sri lanka

Merupakan makanan tradisional dari Sri lanka yang biasanya dijadikan sebagai camilan dan disajikan dengan berbagai makanan pendamping.

Makanan pendamping yang biasanya disajikan dengan Appa ini adalah telur mata sapi dan kuah kari. Memang para penduduk di Sri Lanka menjadikan Appa sebagai makanan pengganti nasi.

Appa ini terbuat dari fermentasi tepung beras yang dicampur dengan santan. Sekilas, makanan ini memiliki bentuk yang mirip dengan serabi, namun makanan ini memiliki rasa hambar.

3. Sari dan sarung

oleh-oleh khas sri lanka berupa pakaian

Sari dan sarung merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh para perempuan di Sri lanka. Jika Anda ingin membeli sari dan sarung, maka dapat berkunjung ke Barefood dan Selyn Fair Trade.

Disana, Anda dapat menemukan berbagai macam jenis sari mulai dari yang biasa hingga yang berbahan sutra dan bermotif batik.

Oleh karenanya, Anda dapat menjadikan sari dan sarung sebagai buah tangan khas Sri lanka untuk diberikan pada keluarga.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Arab Saudi

4. Permata dan Perhiasan

oleh-oleh khas sri lanka perhiasan

Salah satu yang terkenal dari Srilanka adalah permatanya yang sangat indah dan beraneka ragam. Bahkan negara ini juga dikenal sebagai rumah bag banyak tambang batu permata.

Salah satu tambang permata yang terkenal di Sri Lanka adalah tambang Moonstone.

Jika Anda ingin membeli permata, tidak perlu khawatir karena terdapat banyak toko yang menjual permata tersebut di sudut-sudut kota. Namun tempat yang paling dikenal dengan kerajinan batu permatanya adalah Unawatuna dan Kandy.

5. Teh Ceylon

oleh-oleh minuman khas sri lanka

Merupakan teh yang sangat terkenal dan khas dari Sri Lanka dan menjadi pilihan utama para wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

Oleh karenanya,produk ini sangat disarankan untuk Anda beli ketika mengunjungi Sri Lanka. Selain ringan dan awet, harga teh ini juga murah meskipun memiliki rasa yang sangat nikmat.

Terdapat merk teh Ceylon yang sangat digemari oleh banyak orang yakni Dilmah. Anda dapat membelinya di pasar maupun toko-toko souvenir yang ada di tempat wisata maupun di berbagai tempat lainnya di Srilanka.

6. Kayu Manis

oleh-oleh kayu manis khas sri lanka

Hampir sama seperti India, Srilanka juga dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah. Salah satu jenis rempah-rempah yang paling terkenal dari negara ini adalah kayu manis.

Bahkan, tahukah Anda jika Sri Lanka merupakan negara pengekspor kayu manis yang terbesar di dunia saat ini?

Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika Anda membeli kayu manis ini untuk dijadikan sebagai buah tangan.

7. Topeng Kayu

oleh-oleh barang khas sri lanka

Salah satu kerajinan yang sangat terkenal dan khas dari Srilanka adalah topeng kayunya. Topeng ini memiliki warna-warna yang khas yakni merah, biru dan kuning yang memiliki makna berbeda.

Namun Anda jangan salah sangka jika topeng ini hanya diberi warna sedemikian rupa agar menarik karena topeng-topeng tersebut juga diukir dengan berbagai macam motif tertentu.

8. Patung Gajah

oleh-oleh khas sri lanka yang unik

Gajah merupakan hewan yang menjadi ikon dari negara ini dan juga merupakan motif yang paling populer untuk digunakan di berbagai macam kerajinan.

Nah salah satu kerajinan yang bertemakan gajah adalah patung. Anda dapat membeli miniatur patung gajah di tempat-tempat yang menjual souvenir.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Iran

9. Ukiran Batu Bulan

oleh-oleh khas sri lanka mewah

Salah satu agama yang dianut oleh masyarakat Sri Lanka adalah Buddha. Terdapat salah satu kerajinan berupa ukiran yang selalu ada di setiap pintu masuk kuil Buddha di Srilanka yang dikenal dengan sebutan batu bulan. Saat ini terdapat miniatur batu bulan tersebut yang memang dibuat untuk para wisatawan, dan menjadi oleh-oleh khas Sri Lanka.

Motif ukiran batu bulan ini juga khas dan memiliki makna yang mendalam serta hanya dapat ditemui di Srilanka. Sehingga  batu bulan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

10. Rempah-Rempah

oleh-oleh khas sri lanka tradisional

Sri Lanka merupakan salah satu negara yang hampir semua makanan dan minumannya menggunakan rempah-rempah. Sehingga tidak heran jika negara ini juga dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah di dunia.

Jika Anda tertarik untuk membeli rempah-rempah, Anda dapat mengunjungi pasar lokal Srilanka yang bernama Pettah.

Anda dapat membeli oleh-oleh khas Sri Lanka tersebut untuk diberikan pada keluarga serta teman terdekat. Selain itu, ada baiknya juga Anda menawar jika harga yang biberikan para pedagang terlalu mahal.

Leave a Comment

error: Content is protected !!