" />

Jawa barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kotanya yang terkenal dengan sebutan kota kembang yaitu Bandung. Sebagaimana kebudayaan kota-kabupaten di Jawa Barat, yaitu kabupaten Ciamis yang terkenal dengan objek Wisata Ciung Wanara Ciamis. Ternyata objek wisata ini menyimpan sejarah kebudayaan tersendiri yang terkait dengan sejarah kerajaan Galuh.

Di objek wisata ini tentunya pengunjung akan disuguhi berbagai macam peninggalan kerajaan galuh yang menjadi situs daya tarik objek wisata ciung wanara. Selain tempatnya yang sangat indah, objek wisata ini dapat memberikan kesan yang berbeda untuk liburan anda. Jadi sangat disayangkan jika anda berada di Ciamis tetapi tidak mengujungi objek wisata ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Ciung Wanara

Tempat wisata Ciung Wanara ini bisa anda kunjungi pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB dengan biaya tiket masuk yang murah. Hanya dengan merogoh kocek Rp 7.500,- saja, anda sudah bisa mendapatkan satu tiket masuk. Jika anda datang dengan rombongan, tentunya biaya masuknya bisa menjadi lebih murah.

Wisata Ciung Wanara Ciamis yang terletak di provinsi Jawa Barat bagian timur ini merupakan salah satu objek wisata yang harus anda kunjungi jika melewati kabupaten Ciamis. Sebab keindahan tempatnya yang tidak ada bandingannya. Selain itu penduduk lokalnya juga sangat ramah terhadap para wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke objek wisata ini.

Daya Tarik Wisata Ciung Wanara

1. Batu Pangcalikan

Batu Pangcalikan

Hal yang pertama kali akan anda temukan di Wisata Ciung Wanara ini adalah Batu Pangcalikan. Situs ini berbentuk lahan yang diberi pagar besi dan terdiri dari tiga halaman. Halamannya ada yang teletak di bagian selatan, utara, dan disebelahnya. Ketiga halaman tersebut masing-masing dbatasi oleh susunan batu.

Diantara halaman ini, anda akan menemukan batuan yang berwarna putih berukuran 92 x 92 cm. Batu putih tufaan ini dikenal dengan nama batu pangcalkan.

2. Leuwi Sipatahuan, Saghyang Bedil dan Panyabungan Ayam

Dari pintu masuk objek wisata lewat jalan tanah ke arah timur akan menemukan simpang empat. Ke arah utara menuju Leuwi Sipatahunan, sedangkan kearah selatan menuju Situs Sanghyang Bedil dan Panyabungan Hayam. Leuwi Sipatahunan adalah salah satu tepian sungai Citanduy yang landai. Konon di sinilah bayi Ciung Wanara pertama kali ditemukan oleh Aki Balangantrang.

Setelah melewat pagar utama, anda akan bertemu dengan smpang empat. Dari sana, ke arah utara anda akan menemukan Leuwi Sipatahunan, ke selatan menuju Situs Sanghyang Bedil dan juga Tempat Sabung Ayam. Konon katanya, bayi Ciung Wanara dtemukan pertama kali oleh Aki Balangantrang di Situ Sipatahuan.

3. Lambang Peribadatan

Lambang Peribadatan

Lambang Peribadatan yang akan anda temui disini adalah berbentuk batu berbentuk bujur sangkar. Anda bisa masuk kedalamnya dengan melewati pintu masuk yang ada di pojok timur.

4. Cikahuripan

Cikahuripan

Cikahuripan merupakan muara atau perjumpaan dua sungai yaitu Cirahayu dan Citeguh. Namun, sekarang ini anda akan menemukan Cikahuripan yang digunti menjadi kamar mandi dan musholla untuk sholat.

Baca JugaBerlibur ke Garut? Jangan Lupa Mengunjungi Pantai Rancabuaya !

Fasilitas di Wisata Ciung Wanara

Seperti halnya tempat wisata yang tersebar di pelosok negeri, objek Wisata Ciung Wanara Ciamis memliki beberapa fasilitas umum dan pelayanan seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, mushola, kamar mandi atau MCK, penginapan, rumah makan, dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir akan fasilitas yang sekiranya akan mereka butuhkan

Akses dan Rute Menuju Ciung Wanara

Bagi para wisatawan lokal ataupun penduduk asli kabupaten ciamis Jawa Barat, tidak perlu bingung lagi jika akan berkunjung ke objek wisata ini. Sebagai penduduk lokal tentunya mereka telah paham jalan mana yang harus dilewati. Akan tetapi bagaimana dengan para wisatawan yang berasal dari luar kota bahkan manca Negara?. Tentu mereka sebagian dari mereka bingung dan takut kesasar.

Anda bisa meminta meminta bantuan arah ke objek Wisata Ciung Wanara Ciamis pada google maps yang tentunya telah terpasang di smartphone anda. Mengingat sekarang sudah ada teknologi yang canggih tersebut.

Untuk informasi rute nya, jika anda berasal dari arah Tasikmalaya, anda bisa masuk ke Jl. Ahmad Yani, kemudian masuk ke arah Karang Resik, terus ke arah Ciamis, kemudian ikuti rute hingga ke arah Banjar. Tepat dipinggir jalan, anda akan menemukan objek wisata yang ramai dengan monyet ini.

Jika anda berasal dari arah Bandung, masuk ke arah Ciamis, kemudian lakukan rute yang sama seperti yang telah dijelaskan diatas. Mudah bukan?

Baca JugaPantai Pasir Beusi : Wisata Low Budget di Jawa Barat!

Peta Menuju Ciung Wanara (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Wisata Ciung Wanara

Sebenarnya, karena Ciung Wanara merupakan tempat wisata yang berada di perbatasan antara Banjar dan Ciamis, tidak ada hotel atau penginapan terdekat. Namun jika anda ingin menginap, anda bisa menyewa hotel di Banjar atau di Ciamis. Berikut informasi hotelnya:

  1. Hotel Larissa
  2. Arinda Hotel
  3. Karapyak Pondok Wisata

Tips Berwisata di Wisata Ciung Wanara

Selain mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan, sebaiknya anda membawa barang tambahan seperti kamera untuk mengabadikan moment bersama keluarga ataupun orang tercinta anda.

Serta yang paling utama adalah siapkan fisik, istirahat yang cukup sebelum perjalanan dan tentunya kendaraan anda supaya liburan anda berjalan menyenangkan sesuai rencana.

Jaga kesehatan diri dan selalu berhati-hati bahkan jika perlu bawa perlengkapan kesehatan (misalnya sabun, tissue basah atau kering, sampo, antiseptik, dan obat-obatan lain yang sekiranya diperlukan).