30+ Makanan Khas Turki, Nggak Cuman Kebab!

Sebagai salah satu Negara Timur Tengah, Turki populer dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya yang begitu beragam. Jadi tak heran jika Turki sering dijadikan destinasi tujuan wisata untuk menghabiskan liburan.

Namun berbicara mengenai daya tarik Turki tak hanya sekedar keindahan alam dan budaya nya saja, namun juga makanan khas Turki yang lezat dan patut untuk dicicipi.

Turki menjadi salah satu Negara penghasil kuliner-kuliner yang memiliki cita rasa istimewa. Bahkan jumlahnya pun cukup banyak yang membuatnya dijuluki surga kuliner bagi wisatawan yang berlibur ke Turki. Jika Anda berencana untuk liburan di Turki, rekomendasi kuliner khas Turki Halal ini patut untuk dicoba.

Makanan Khas Turki yang Halal

1.Kebab Turki

10 makanan khas turki

Jika berbicara tentang kuliner Turki yang khas, maka Kebab adalah kuliner pertama yang paling dikenal. Bagaimana tidak? Kuliner ini cukup mendunia bahkan mudah ditemukan di berbagai Negara lainnya termasuk Indonesia. Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan makanan khas turki kebab ini di Surabaya, di Jakarta, di Jogja, dan kota-kota lainnya.

Kebab merupakan olahan yang dibuat dari irisan daging sapi atau kambing yang dipanggang dan kemudian dibungkus menggunakan roti pita yang dilengkapi dengan sayur-sayuran serta saus. Cita rasanya yang lezat, unik dan mengenyangkan membuatnya jadi salah satu kuliner yang sering diburu wisatawan ketika berlibur di Turki.

Jika tidak ingin mencoba kebab dengan roti pita. Anda bisa mencoba sate kebab, yaitu potongan daging, bawang dan paprika yang ditusuk dan kemudian dipanggan hingga matang.

2. Iskender Kebap

makanan khas turki di jawa barat

Ada banyak jenis kebab yang bisa ditemukan di Turki, seperti Iskender kebap yang menjadi salah satu yang cukup populer di Negara ini. Jika umumnya kebab digulung bersama roti pita, berbeda dengan Iskender Kebap yang disajikan dengan roti terbuka yang ditempatkan di atas piring.

Dan yang membedakan Iskender kebap dengan kebap turki lainnya adalah jenis kebap ini menggunakan daging doner, yaitu olahan daging potong yang kemudian ditumbuk dan dimbumbui rempah bercampur lemak. Setelah itu penyajian doner biasanya bersamaan dengan roti pide. Dan tak lupa dilengkapi sayuran, mentega dan saus tomat.

3. Kumpir

nama makanan khas turki

Kuliner khas Turki lainnya yang tak kalah lezat adalah kumpir, bahkan rasanya Kumpir adalah makanan khas turki halal yang mudah dibuat. Makanan ini merupakan sajian kentang panggang yang disajikan dengan berbagai macam topping seperti sayur-sayuran, potongan sosis, dan saus yang membuatnya semakin gurih dan lezat. Bukan lah hal yang sulit untuk menemukan makanan ini, Anda bisa menemukannya di pasar malam maupun tepian jalan di Turki.

4. Kofte

makanan khas turki yang terkenal

Kuliner khas Timur Tengah yang satu ini menggunakan bahan dasar sapi yang sekilas mirip seperti daging steak namun berukuran kecil. Namun Kofte juga terkadang dapat menggunakan daging kambing maupun daging ayam. Dan resepnya adalah dengan menggiling daging dan berbagai bumbu sehingga membuat cita rasanya gurih dan lezat. Biasanya kuliner ini disajikan bersama sepiring nasi hangat, salad segar, dan juga disiram saus yang membuatnya semakin lezat.

5. Manti

jual makanan khas turki

Olahan kuliner Turki ini juga mudah ditemukan di kota-kota Indonesia, seperti di Bandung misalnya. Namun jika berlibur ke Turki, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan yang satu ini. menggunakan daging sapi yang dibungkus adonan pangsit dan setelah itu direbus atau digoreng. Setelah itu manti disiram dengan saus dari Yogurt.

6. Menemen

makanan khas turki dan harganya

Mencari sarapan di Turki? Cobalah untuk mencicipi Menemen yang merupakan menu sarapan khas penduduk Turki. Menu ini sama seperti menu sarapan di Negara lainnya, di dalamnya terdapat daging, telur, dan roti. Hanya saja bedanya, bahan-bahan tersebut dibumbui rempah yang banyak yang membuat cita rasa khas Turki semakin terasa.

Bukan hanya itu saja, Menemen juga ditambahkan dengan berbagai sayuran seperti paprika hijau dan tomat. Biasanya menemen dimakan bersama dengan roti sebagai isiannya.

7. Dolma

makanan khas turki di bangka

Olahan Sayuran khas Turki ini tergolong cukup unik, hal ini karena proses memasaknnya yaitu dibungkus dengan daun dan kemudian dikukus. Dolma berisikan berbagai macam sayuran mulai dari paprika, terong, kol, tomat, daun anggur dan ditambahkan dengan potongan daging cincang.

8. Lahmacun

menu makanan khas turki

Jika di Italia Anda bisa menemukan pizza, maka di Turki Anda bisa menemukan Lahmacun. Makanan khas Turki yang halal ini berbentuk seperti pizza. Dibuat menggunakan adonan roti yang kemudian dipanggang bersama aneka topping seperti bawang Bombay, tomat, dan peterseli. Namun yang berbeda adalah jika umumnya pizza disantap dengan dipotong segitiga terlebih dahulu. Untuk menyantap Lahmacum ini dilakukan dengan cata digulung seperti kebab.

9. Pide

cara membuat makanan khas turki

Bukan hanya Lahmacum, Pide juga kuliner khas Turki yang menyerupai pizza. Pide merupakan pizza khas Turki dengan bentuknya yang menyerupai daun panjang. Sama seperti pizza pada umumnya, pide dilengkapi dengan topping daun cincang, keju, dan paprika. Sangat cocok dinikmati ketika sedang bersantai bersama teman dan keluarga.

10. Hummus

makanan khas turki di solo

Salad khas Turki ini juga menjadi rekomendasi makanan Turki lainnya yang wajib dicoba. Bahan dasar kuliner ini adalah menggunakan Hummus atau kacang arab (chickpeas), air lemon, olive oil, garam dan lada. Hummus biasanya dijadikan hidangan pembuka yang biasanya dikonsumsi bersama roti pita. Untuk bisa menikmati makanan ini Anda bisa menyobek sedikit roti pita dan kemudian mencocolkannya ke dalam Hummus.

11. Kanafe

makanan khas turki di depok

Kanafe merupakan hidangan pastry asal turki yang sering disajikan sebagai hidangan penutup. Dessert ini diolah dengan menggunakan adonan berbentuk helaian dan kemudian sajikan berlapis dengan berbagai ragam isian seperti kacang dan keju. Setelah itu barulah disiram menggunakan madu atau sirup yang manis.

12. Kunefe dan Kadaif

macam macam makanan khas turki

Makanan ini merupakan 2 vaaian Kanafeh, yang merupakan makanan khas kekaisaran Ottoman. Makanan ini terbuat dari kadayif atau helaian adonan pastry yang ditumpuk dan diberikan isian kacang atau keju, kemudian disiram dengan madu atau sirup. Umumnya keduanya ditambahkan taburan kacang pistachio giling yang semakin menambah cita rasanya.

13. Kokoretsi

oleh oleh makanan khas turki

Kokoretsi atau Kokorek adalah makanan khas Turki yang mengguakan bahan dasar usus kambing atau domba. Kemudian usus tersebut dililit membungkus organ dalam dan diolah dengan cara dibakar. Usus yang digunakan biasanya merupakan usus anak domba, sedangkan untuk daging jeroan yang digunakan adalah jantung, hati, pankreas, dan ginjal.

Gulungan kokoretsi ini nantinya dibakar dan setelah matang kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan taburan oregano. Di Negara Turki, potongan kokorec ini dihidangkan dalam roti sandwich ataupun roti baguette.

14. Sup Mercimek

makanan khas turki di jakarta

Terbuat dari bahan kacang lentil kuning, Sup ini sering dijadikan hidangan pembuka khas Turki. Jadi tidak sulit menemukannya di berbagai restoran atau tempat makan di Turki. Bukan hanya lezat, Sup Mercimek juga dikenal dengan kandungan gizinya yang baik. Sup Mercimek umumnya disajikan dengan air perasan jeruk nipis dan juga roti.

15. Balik Ekmek

makanan khas turki di riau

Berasal dari 2 kata, “Balik” memiliki arti roti dan “Ekmek” memiliki arti ikan. Jadi bisa dikatakan jika balik ekmek adalah roti berisi ikan. Dari tampilannya, bentuk Balik Ekmek sangat mirip sandwich atau hot dog. Namun bedanya adalah pada isianya. Jika sandwich atau hot dog biasanya berisi daging dan sosis, maka balik ekmek ini berisi ikan

16. Dürüm

makanan khas turki semarang

Seperti penjelasan sebelumnya, Kebap Turki memiliki banyak jenis. Dan kali ini adalah jenis kebap yang lebih didominasi dengan berbagai jenis sayuran. Tak hanya di Turki, namun Durum juga terkenal di Negara-negara Eropa lainnya. Bukan hanya sayuran, kebap ini pun juga berisikan doner yaitu daging giling yang dimbumbui. Durum sangat disukai oleh kebanyakan warga Eropa karena tak hanya isiannya yang sehat namun juga terdapat bahan lain sebagai isiannya yang identik dengan kuliner khas Eropa seperti yoghyrt dan keju.

17. Patlican Tava

foto makanan khas turki

Dibuat dari terong yang dimasak dengan cabai, irisan daging, serta berbagai bumbu lainnya. Makanan khas Turki yang mudah dibuat ini sangat lezat disantap bersama dengan nasi hangat sebagai lauk pauk. Rasanya yang pedas dan gurih sangat pas disantap untuk makan siang maupun makan malam.

18. Baklava

makanan khas turki di tasik

Bukan hanya daging saja, Turki juga memiliki makanan khas manis yang patut dicoba. Seperti Baklava, roti lapis isi kacang ini dihidangkan bersama sirup atau madu. Jika di Indonesia, mungkin makanan khas turki ini mirip seperti bolen pisang. Sangat mudah menemukan kue ini di toko-toko kue di Turki.

19. Dondurma

makanan khas turki di lampung

Dondurma atau es krim ala Turki ini menjadi kuliner populer khas Turki lainnya yang jangan sampai terlewatkan. Tak hanya anak-anak, namun orang dewasa pun juga menyukai kuliner es krim ini. Tekstur es krim turki bisa dikatakan cukup lengket, seperti permen karet.

Mengingat bahan-bahan yang digunakan adalah tepung akar anggrek berusia muda dan mastic (getah tumbuhan), tak heran jika teksturnya lebih lengket dibanding es krim biasanya. Mudah menemukan es krim ini di Negara Turki, banya penjual yang berjualan di kios es krim ataupun food truck yang sering ada di tepi jalan Negara Turki.

20. Simit

makanan khas turki baklava

Simit adalah roti berbentuk melingkar dan ditutpi biji wijen di permukaannya. Roti ini mirip seperti donat dan banyak dijual pedagang kaki lima di jalanan. Biasanya penjual Simit ini sering membawa simit dengan ditumpuk tinggi hingga diatas kepala. Berbeda dari donat, simit mempunyai tekstur kering dan renyah mirip seperti roti bagel.

Ukuran dan tekstur Simit juga beragam, antara kota dengan kota lainnya memiliki variasi yang berbeda. Biasanya orang Turki menikmati simit sembari minum cay atau teh turki.

21. Lokum atau Turkish Delight

lokma makanan khas turki

Jika mencari kuliner khas Turki yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, maka Anda bisa membeli Lokum atau yang juga dikenal sebagai Turkish Delight. Manisan Turki ini menggunakan gula dan gel pati sebagai bahan utamanya. Kedua bahan dicampur, diolah dan biasanya dipotong kecil-kecil berbentuk bundar atau persegi yang dihiasi berbagai warna. Tak lupa taburan gula bubuk agar tidak menjadi lengket.

Selain kedua bahan utama tersebut, manisan Turki ini juga sering ditambahkan dengan bahan lainnya. Seperti kurma, perasan lemon, kayu manis, daun mint, kacang-kacangan, rosewater, dan masih banyak lainnya.

22. Borek

makanan khas turki di banjarmasin

Mirip seperti Baklava, Borek adalah makanan ringan khas Turki dengan rasa manis menggoda. Makanan khas ini menggunakan bahan-bahan yang beragam seperti keju, kacang, daging cincang, kentan, dan berbagai sayuran yang membuatnya semakin unik.

23. Pilav

cara bikin makanan khas turki

Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki makanan pokok berupa nasi, jelas Pilav atau kerap dijuluki Nasi Khas Turki wajib untuk dicicipi. Cita rasa nasi yang gurih ini didapatkan dari pengolahannya yang menggunakan butter, garam, serta beragam rempah dan juga bahan tambahan seperti kacang polong.

24. Sarma

apa saja makanan khas turki

Mungkin jika di Indonesia, Sarma ini akan mirip seperti botok, lemper, lepet, buntil, atau nagasari. Sarma sendiri merupakan kuliner berbentuk bungkusan dimana yang digunakan adalah daun anggur. Daun anggur memang memiliki ukuran yang cukup lebar dan bisa digunakan untuk membungkus berbagai isian. Untuk isiannya sendiri, ada sarma yang disikan daging cincang, nasi, bawang merah, biji cemara, rempah-rempah dan mentega. Dan ada pula sama yang berisikan berbagai irisan sayuran, buah, serta rempah-rempah.

25. Tabouleh

makanan khas turki kebab

Atau yang juga dikenal sebagai salad turki ini umumnya berisikan tomat, peterseli, bulgur, dan daun mint. Dan untuk bumbu yang digunakan adalah bawang putih dan bawang merah yang di-dressing menggunakan perasan lemon, minyak zaitun, dan garam.

Awalnya Tabouleh adalah hidangan asal Lebanon dan Suriah. Kemudian dimodifikasi masyarakat Turki sendiri untuk memberikan cita rasa sesuai dengan lidah mereka.

26. Gullak

makanan khas turki di madura

Makanan khas Turki ini akan mudah ditemui ketika bulan Ramadhan. Hidanga penutup ini mempunyai cita rasa yang manis dan sering dijadikan menu berbuka puasa. Jadi jika Anda ingin mencoba kuliner khas Turki yang satu ini, maka pastikan untuk mengunjungi Turki menjelang bulan Ramadhan.

27. Gözleme

makanan khas turki di lombok

Jika di Indonesia terkenal dengan makanan martabak, maka Turki mempunyai makanan sejenis martabak yang dinamakan Gozlemen.

Makanan ini adalah roti ceper yang sering digunakan untuk pembungkus isian dan dibentuk seperti gulungan. Untuk isian glozeme biasanya berupa keju, coklat, jamur, sayuran, telur, daging, maupun lainnya. Biasanya Gozleme ini dimakan bersama dengan minuman hangat ataupun minuman es.

28. Sirdan

makanan khas turki di surabaya

Ingin mencoba kuliner ekstrim di Turki? Mungkin kamu bisa mencoba makanan khas Turki Sirdan ini. Sirdan merupakan kuliner yang terbuat dari bagian torpedo kambing atau domba.

Bentuk torpedo yang digunakan pun juga masih utus dan diolah dengan cara direbus menggunakan campuran rempah-rempah. Meskipun aneh, namun makanan ini dianggap sebagai makanan khusus di Negara Turki dan sangat istimewa.

29. Souvlaki

makanan khas turki yang enak

Souvlaki ini mirip seperti roti pide, banyak orang Turki yang menyebutnya sebagai roti gulung khas Turki. Souvlaki menjad salah satu kuliner favorit bagi warga Turki.

Untuk bisa mencicipi Souvlaki, kuliner ini mudah ditemukan di restoran atau tempat makan di Turki. Roti panggang ini berisi daging sapi, daun selada, bawang putih, tomat, mentimun, parsley, yoghurt, serta dilengkapi dengan bumbu rempah-rempah khas Turki.

30. Falafek

makanan khas turki di maluku

Falafek merupakan makanan dari Timur Tengah termasuk Turki, dimana kuliner ini menggunakan bahan dasar kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan serta dibentuk seperti bola-bola kecil. Ketika adonan kacang sudah terbentuk, adonan tersebut digoreng menggunakan minyak panas hingga matang.

Biasanya Falafek tidak dihidangkan sendiri, namun juga dilengkapi tambahan bahan lainnya seperti irisan berbagai sayuran dan dibungkus roti.

Nah itu tadi beberapa list makanan halal di Turki yang wajib dicoba. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur di Turki, tak perlu khawatir mengenai makanan apa yang bisa dimakan di Negara tersebut. rekomnedasi makanan-makanan diatas adalah pilihan terbaik yang bisa dicoba.

Leave a Comment

error: Content is protected !!