" />

Pantai Pelabuhan Ratu ini memang sudah dikenal keindahannya sejak lama, bahkan sejak era presiden pertama kita Ir. Soekarno, yang menggunakan tempat ini sebagai tempat peristirahatan beliau. Selain menawarkan ketenangan, pantai inipun memang terkenal memiliki pemandangan yang indah dengan suara deburan ombak yang besar, semilir angin dan hamparan lautan yang luas. Sehingga membuat orang-orang penasaran dan mengunjungi pantai ini untuk berlibur.

Pantai ini sangat erat kaitannya dengan mitos seorang perempuan cantik yang dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan, yang diyakini sejak zaman dulu telah menjadi penguasa di sekitar pantai selatan ini. Pantai ini terletak di Jl. Raya Cisolok, Pelabuhanratu No.16, Citepus, Sukabumi, Jawa Barat. Jarak dari Kota Sukabumi ke Pantai Pelabuhan Ratu kurang lebih sekitar 60 km ke arah selatan dan memakan waktu sekitar 2 jam.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Pelabuhan Ratu

Untuk harga tiket masuk mobil ke pantai ini kurang lebih sekitar Rp 25.000,- dan biaya parkir sekitar Rp 25.000,-. Namun, beda lokasi anda parkir, beda juga biaya yang harus anda keluarkan. Bisa lebih murah ataupun lebih mahal, mungkin tergantung jarak lokasi parkir dengan pantai menentukan tarif parkir juga. Harga ini hanya perkiraan sementara saja untuk informasi anda dan sewaku-waktu bisa berubah.

Daya Tarik Pantai Pelabuhan Ratu

1. Tradisi Penduduk Sekitar

Jika anda ingin menyaksikan acara adat di pantai ini, maka anda bisa datang pada bulan dan hari tertentu. Karena menurut tradisi masyarakat sekitar, setiap bulan april mereka mengadakan sebuah acara ritual yang disebut dengan Hari Nelayan. Hari Nelayan merupakan sebuah upacara adat yang menggunakan kepala kerbau menjadi sesaji.

Kemudian kepala kerbau tersebut akan dihanyutkan dari tepi pantai ke tengah lautan lepas sebagai persembahan. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, jika mereka mengadakan ritual ini maka akan terindar dari segala marabahaya dan bencana, serta menjadi sebuah ungkapan rasa syukur mereka atas segala hasil rezeki yang mereka peroleh dari laut.

2. Kamar 308 di Samudera Beach Hotel

Pantai ini memang memiliki aura mistis yang sangat kental dengan sosok yang sudah sangat melegenda yaitu Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Dahulu, pada tahun 1960 di dekat pantai ini ada sebuah tempat yang digunakan oleh presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, untuk menjadi tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi.

Kemudian Ir. Soekarno mendirikan sebuah hotel mewah pada masanya yang bernama Samudera Beach Hotel dengan menggunakan harta rampasan perang pada zaman penjajahan Jepang. Ada sebuah kamar di hotel dengan nomor 308 yang sengaja disediakan untuk Ratu Pantai Selatan.

Kamar ini dipercayai menjadi tempat persinggahan Ratu Pantai Selatan, sehingga nuansa kamar diberi warna serba hijau. Jika anda memasuki kamar ini, aura mistisnya begitu terasa sehingga membuat bulu kuduk anda berdiri, silahkan anda mencobanya.

3. Berselancar

Berselancar di Pantai Pelabuhan Ratu

Karena pantai ini memiliki gelombang yang tinggi, maka sering di jadikan spot berselancar oleh sebagian pengunjung. Disekitaran pantai ini terdapat 9 titik untuk berselancar, namun setiap pantai memiliki gelombang laut yang beda.

4. Panorama Pantai

Keindahan panorama saat matahari terbenam di pantai ini juga tidak kalah cantiknya dengan pantai lain. Anda bisa menghabiskan waktu di pantai sambil menunggu matahari terbenam tiba. Biasanya banyak pengunjung yang hanya bermain air di bibir pantai saja dan menyewa ban renang jika ingin bermain air lebih ke tengah lagi.

Ada juga pengunjung yang sekedar duduk di bawah pohon sambil bercengkrama dengan keluarga dan berfoto atau bermain pasir dengan anaknya dan ada juga yang memilih beristirahat di gazebo sambil tiduran melepas lelah sepanjang perjalanan.

Baca Juga: Pantai Ujung Genteng, Pantai Sepi Sukabumi yang Wajib Dikunjungi!

Fasilitas di Pantai Pelabuhan Ratu

Fasilitas di pantai ini sudah terbilang lengkap dan memadai, karena pantai ini sudah sejak lama ramai pengunjungnya. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia antara lain seperti, Mushola yang memudahkan umat muslim untuk melakukan ibadah solat.

Kamar mandi / toilet umum juga tersedia dan bisa para pengunjung gunakan untuk membilas badan setalah bermain air di pantai. Tempat bermain anak seperti ayunan juga tersedia di pantai ini, ada juga pos satpam yang membantu keamanan para pengunjung pantai dan ada juga peta informasi wisata pantai.

Di sini juga ada tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan laut lepas, toko souvenir yang menjual aneka aksesoris khas laut. Tentu saja terdapat warung-warung tempat makan yang menyediakan makanan olahan khas laut yang lezat dan masih fresh hasil tangkapan laut.

Di sekitaran pantai juga sudah banyak terdapat penginapan seperti hotel berbintang atau hotel kelas melati yang beragam pula hrganya, anda bisa memilih penginapan sesuai kebutuhan anda.

Akses dan Rute Menuju Pantai Pelabuhan Ratu

Jika anda ingin mengunjungi pantai ini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, karena lebih memudahkan and ajika ingin bepergian ke tempat wisata lainnya ataupun dalam mencari alamat lokasi. Berikut ini penjelasan Rute dari Jakarta dan Bandung menuju Pantai Pelabuhan Ratu.

Jika anda dari Jakarta: Anda bisa memulainya dengan masuk tol Jagorawi dan kemudian keluar di pinu tol Ciawi. Kemudian anda bisa melewati jalan raya Sukabumi terus menuju ke arah jalan Mayjend HE Kusuma. Lalu menuju ke jalan Siliwangi dan Ciutara.

Sesampainya di jalan Ciutara anda bisa belok ke kanan menuju jalan Parungkuda, setelah itu belok kanan menuju jalan Parakan Salak, lalu belok kiri ke arah jalan Plasari Hilir. Terus saja menuju ke jalan Moh Amir Bojong Genteng kemudian belok kiri menuju Jalan Kelapa Nunggal. Terus saja sampai di jalan Cikidang belok kanan, jalan terus menuju jalan Kiara lawang dan sampailah anda di Pantai Pelabuhan Ratu.

Jika anda dari Bandung: Disarankan memulainya dari arah tol Purbaleunyi dan keluar di tol Padalarang. Di sini sudah ada petunjuk jalan ke arah Cianjur. Setelah keluar tol Padalarang ada perempatan dengan lampu merah, anda bisa ambil arah lurus terus sampai tiba di Kota Baru Parahiyangan yang ada jam mataharinya.

Anda bisa mengitari jam tersebut lalu belok kiri ke arah Kota Cianjur yang ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Setelah anda tiba di Kota Cianjur, anda akan melihat petunjuk jalan dengan 2 rute yang menuju arah Pantai Pelabuhan Ratu.

Rute yang pertama melalui kota, tetapi jarak tempuhnya terlalu jauh dan juga setiap hari Minggu ada kegiatan Car Free Day sehingga menghambat perjalanan anda. Jadi setelah lampu merah Tugu Pramuka, anda bisa belok kiri.

Telusuri jalan sampai anda memasuki jalan yang menuju ke arah Sukabumi. Kemudian anda menuju ke arah Sukaraja dan dari sini anda hanya tinggal mengikuti petunjuk saja hingga tiba di Pantai Pelabuhan Ratu.

Peta Menuju Pantai Pelabuhan Ratu (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Pantai Pelabuhan Ratu

1. Inna Samudera Beach Hotel
2. My Lagusa Villa
3. Lojiwood Beach Cottages
4. Ketapang Resort
5. Kusnadi Homestay
6. Bunga Ayu Resort
7. Cikidang Plantation Resort
8. Swarna Inn
9. Hotel Agusta
10. Sparks Odeon Sukabumi

Tips Berwisata ke Pantai Pelabuhan Ratu

1. Agar liburan lebih nyaman dan menyenangkan, tentukan waktu berpergian anda dengan tepat.
2. Selain itu, sediakan budget yang cukup untuk liburan.
3. Perhatikan keselamatan ketika ingin berenang di Pantai karena terkadang ombak di pantai ini kurang bersahabat.