45+ Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru (Paling Populer)

Lembang merupakan daerah di kawasan Bandung yang memiliki sejuta pesona yang sangat menakjubkan. Tidak heran, jika banyak tempat wisata di Lembang Bandung yang menyuguhkan panorama alam yang sangat indah.

Lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke daerah Lembang, segala wisata bisa Anda temui, seperti: wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata edukasi.

Jika Anda berencana untuk berlibur bersama keluarga atau teman ke daerah Lembang, sebaiknya buatlah list untuk mengunjungi tempat wisata di Lembang Bandung karena banyak pilihan yang pastinya memiliki daya tarik yang berbeda.

Jika Anda kebingungan untuk menentukan kemana saja Anda akan berkunjung, berikut ulasan tentang tempat wisata menarik di Lembang.

Daftar Tempat Wisata di Lembang Bandung

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse-Lembang

Jika Anda mencari tempat wisata dengan atmosfer Eropa, maka Farmhouse Lembang sangat cocok menjadi pilihan Anda. Farmhouse berada di lokasi strategis yaitu Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Harga tiket masuk Farmhouse Lembang sebesar Rp.25.000 dan tiket bisa ditukar dengan segelas susu berbagai rasa/ sosis bakar.

Konsep Farmhouse Lembang sangat unik, karena mengubah sebidang tanah menjadi lahan yang memadukan konsep pedesaan, pertanian, dan peternakan di abad pertengahan.

Ada spot instagramable seperti Rumah Hobbit atau rumah gaya Eropa hingga bermain di peternakan area satwa. Farmhouse Lembang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang lengkap.

2. De’ Ranch

De-Ranch

De’ Ranch adalah tempat wisata di Lembang Bandung yang mengusung konsep coboy dan terkenal sebagai wisata menunggang kuda.

Wisata ini berupa lapangan hijau luas dilengkapi dengan wahana permainan serta fasilitas yang lengkap. Anda juga bisa mengelilingi area wisata dengan menunggang kuda hingga berfoto menggunakan kostum kuda yang telah disediakan.

Wisata ini terletak di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang dan bisa akses menggunakan kendaraan umum, seperti angkot, delman, atau ojek.

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau Rp.15.000 dan untuk setiap wahana permainan dikenakan tarif tersendiri. De Ranch buka setiap hari, weekdays dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB, dan weekend dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

3. Floating Market

Floating-Market

Tempat wisata Lembang Bandung yang wajib dikunjungi adalah Floating Market yang memberikan nuansa baru di wisata sebelumnya.

Seperti namanya, wisata ini menyajikan stand tempat jualan makanan diatas perahu dan Anda tetap makanan di darat. Suasana floating market cukup asri dengan udara yang sejuk membuat Anda akan betah untuk berlama-lama.

Floating market buka setiap hari, weekdays dari jam 09.00-17.00 WIB dan weekend jam 09.00–20.00 WIB. Lokasi wisata ini mudah dijangkau karena berada di pusat kota Lembang.

Dengan membayar Rp 20.000 – Rp 25.000, Anda bisa menikmati berbagai arena permainan, seperti: outbond, taman kelinci, sepeda air, paddle boat, dan lainnya.

4. The Lodge Maribaya

The-Lodge-Maribaya

The Lodge Maribaya menjadi destinasi wisata alam yang instagramable banget. Anda bisa melakukan camping, trekking, hingga mengadakan wedding di tempat ini.

Berbagai spot foto juga bisa Anda coba, seperti: balon udara, zip bike, gantole, ayunan sky swing, bamboo sky, dan sky tree. Fasilitas lain seperti wisata kuliner juga lengkap dengan berbagai snack ringan hingga makanan berat

Tiket masuk mulai dari Rp.20.000 s/d Rp.35.000/orang, dan Anda akan dikenakan tiket tambahan tiap wahana. Lokasi wisata ini berada di urutan akhir dari serangkaian tempat wisata di Jalan lembang-maribaya-cibodas.

Anda tidak perlu, khawatir tersesat karena petunjuk jalan di sepanjang jalan sangat membantu. The Lord Maribaya buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

5. The Great Asia Afrika Lembang

The-Great-Asia-Afrika-Lembang

The Great Asia Afrika Lembang menjadi tempat wisata di Lembang Bandung yang populer. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengusung konsep negara-negara di Asia Afrika.

Ada berbagai miniatur negara asia afrika yang membuat Anda seakan berada di negara tersebut. Liburan semakin asyik dengan menyewa berbagai pakaian adat untuk berfoto di spot miniature negara.

Anda juga bisa mempelajari berbagai budaya tiap negara dan menikmati makanan khas yang disediakan seperti sate Afrika lengkap dengan potongan pisang.

Tempat wisata ini juga ada fasilitas kereta derek yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling ke setiap landmark. Jika Anda tertarik The Great Asia Afrika, siapkan uang seharga 50.000/anak sebagai harga tiket masuk.

Baca Juga: Cafe di Bandung

6. Lembang Wonderland

Lembang-Wonderland

Lembang Wonderland merupakan wisata instagramable yang pastinya menarik perhatian para kaum milenial untuk hunting foto di spot menarik.

Sesuai dengan namanya, konsep unik akan mengajak Anda untuk berfantasi seperti cerita Alice in Wonderland yang dibagi dalam tiga area (Sweet Field, Rumah Pohon, dan Ice cream). Ada juga wahana bermain dengan tema unik yang bisa di eksplore.

Lokasi wisata unik ini berada di Jalan Raya Lembang No.177, cukup dekat dengan pusat kota Bandung.

Sebagai tempat wisata, Lembang Wonderland juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti: mushola, parkir, toilet, dan foodcourt. Jam buka Lembang Wonderland mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB dan dibuka setiap hari.

7. Lembang Park and Zoo

Lembang-Park-and-Zoo

Jika Anda ingin bercengkrama dan mengenal berbagai jenis binatang, Lembang Park and Zoo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

Kebun binatang sekaligus taman ini mengusung konsep ala Batavia dan dikemas dengan arsitektur modern. Lembang Park and Zoo terletak di Jalan Kolonel Matsuri Nomor 171 dan buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

Ada sekitar 350 satwa yang ada, mulai dari unggas, primate, reptile, dan mamalia. Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai atraksi menarik dari para hewan, ada juga sport instagramable untuk hunting foto.

Jika Anda merasa lapar, tidak perlu khawatir karena Lembang Park dan Zoo juga dilengkapi dengan resto keluarga hingga café kucing dengan harga terjangkau.

8. Kota Mini Lembang

Kota-Mini-Lembang

Kota Mini Lembang menjadi tempat wisata yang berlokasi di Utara Bandung yang dibangun dengan konsep ala Eropa klasik.

Jika berada ditempat ini, Anda seolah-olah berada di Eropa karena bangunan rumah ala Eropa dan didukung dengan udara yang dingin sejuk.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah berfoto lengkap dengan konsep ala Belanda, bermain dengan kucing, berkunjung ke rumah teddy bear, dan mengajak anak kecil untuk bermain sekaligus belajar.

Sebagai contoh: bermain peran sebagai pemadam kebakaran, koki, dan polisi.

9. Taman Kupu-kupu

Taman-Kupu-kupu

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Lembang Bandung satu ini memberikan informasi seputar kupu-kupu. Lokasinya berada di Jalan Cihanjuang, Desa Cibaligo dan berjarak 14 meter dari pusat Lembang.

Taman kupu-kupu memiliki lahan seluas 1,7 ha dan dibangun dengan design yang unik. Jika ingin memasuki tempat wisata ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp.20.000,00.

Taman kupu-kupu menyediakan lebih dari 300 ekor yang dikelompokkan dalam 35 jenis kupu-kupu dan semuanya menempati taman yang berlapis jaring-jaring.

Agar lebih jelas mengetahui tentang kupu-kupu, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu yang secara lengkap menjelaskan tentang berbagai macam kupu-kupu dan fase metamorfosis.

Baca Juga: Cafe di Ciumbuleuit Bandung

10. Wisata Grafika Cikole

Wisata-Grafika-Cikole

Jika mengunjungi Wisata Grafika Cikole, Anda akan merasakan kedamaian dan kesejukan alam. Tempat wisata ini sangat cocok untuk melepas penat di tengah kejenuhan rutinitas.

Area seluas 9 hektar berupa hutan pinus, memiliki area outbound untuk segala usia. Grafika Cikole juga menyediakan lima fasilitas kuliner dengan menu yang beraneka ragam.

Penginapan yang disediakan mengusung konsep vintage dan Anda dapat memilih jenis penginapan, seperti hotel, pondok, hingga camping ground.

Grafika Cikole buka setiap hari, Anda bisa mengunjungi wisata ini kapanpun. Namun, perlu diingat untuk menyiapkan pakaian hangat karena suhu malam hari di area wisata ini bisa mencapai 5 derajat celcius.

11. Jendela Alam

Jendela-Alam

Jendela Alam sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata edukasi bersama keluarga.

Pasalnya, wisata ini menyediakan jendela edukasi untuk belajar berkebun hingga membuat yogurt, jendela permainan seperti:

  • menangkap ikan atau permainan air lainnya
  • jendela workshop seperti hidroponik hingga anatomi hewan, dan
  • jendela seni seperti membuat benda dari tanah liat.

Lokasi jendela alam berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4.5 dan untuk menjangkau lokasi ini dengan angkutan umum memang agak sulit. Harga tiket jendela alam sangat mudah dijangkau yaitu Rp.15.000 (weekdays) dan Rp.20.000 (weekend).

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap hari, dengan jam buka 09.00 – 15.30 (weekday) serta 09.00 – 16.00 (weekend).

12. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung-Treetop-Adventure-Park

Bandung Treetop Adventure Park menyuguhkan permainan yang penuh dengan tantangan. Destinasi wisata yang buka dari jam 08.00 – 16.00 WIB menyediakan wahana yang terbagi dalam 6 sirkuit berdasarkan usia dan tinggi minimal wisatawan.

Semua peralatan menggunakan standar Eropa dan dilengkapi dengan pemandu yang memberikan instruksi keselamatan bagi pengunjung.

Untuk memasuki Bandung Treetop Adventure Park, Anda akan dikenakan biaya yang terbagi dalam 3 macam golongan, yakni tiket gerbang (25.000), tiket anak (140.000), tiket dewasa (200.000), dan paket keluarga untuk 2 dewasa, 2 anak (540.000).

Nominal tersebut sudah tiket keseluruhan wahana. Jika Anda berminat, lokasi wisata ini berada di Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang dan bisa diakses menggunakan angkutan umum.

13. Pine Forest Camp Lembang

Pine-Forest-Camp-Lembang

Camping bisa menjadi pilihan wisata Anda yang pasti seru dan memberikan ketenangan dengan suasana alam yang indah.

Pine Forest Camp Lembang adalah tempat wisata yang berupa bumi perkemahan yang dikelilingi dengan hutan pinus yang tampak hijau dan asri. Daya tarik kawasan ini adalah panorama alam yang indah dengan udara yang masing bersih dan bebas polusi.

Pine Forest Camp menawarkan wahana menarik dan pastinya bisa dilakukan bersama teman seperti outbound beraneka macam, offroad, hingga flying fox.

Ada juga wahana yang memacu adrenaline Anda yang berbasis tali gantung, seperti: high rope dan low rope. Setiap orang akan dikenakan harga 25.0000/hari dan ada berbagai pilihan paket wisata dengan fasilitas berbeda.

14. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung-Tangkuban-Perahu

Jika Anda pernah membaca kisah sangkuriang, pastinya tidak asing dengan Gunung Tangkuban Perahu. Sampai saat ini gunung yang masih aktif ini menjadi kawasan wisatawan yang tidak sepi oleh pengunjung.

Gunung Tangkuban Perahu tidak terlalu berbahaya, bahkan Anda akan disuguhkan dengan keindahan beberapa kawah dan udara pegunungan yang sejuk.

Daya tarik wisatawan adalah cekungan pada gunung yang membentuk danau dengan air yang berwarna kehijauan dan sesekali ada kabut putih yang menyelimuti udara di atas kawah.

Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan penginapan dan lokasinya berdekatan dengan tempat wisata di Lembang Bandung yang lainnya.

15. Gunung Putri Lembang

Gunung-Putri-Lembang

Gunung Putri Lembang atau disebut juga Geger Bintang Matahari merupakan kawasan wisata Lembang yang memiliki keindahan dan keeksotisan tersendiri.

Jika Anda hobi mendaki gunung, cobalah sampai puncak Gunung Putri Lembang karena bisa camping dengan menikmati sunset dan sunrise yang sangat menawan. Wisata ini cocok untuk hunting foto dengan tema keindahan alam.

Jalur trek dari bawah hingga menuju puncak bisa dibilang cukup mudah, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Putri berlokasi di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri Lembang dan dapat diakses dengan angkutan umum, Untuk harga tiket masuk, perorang akan dikenakan biaya sebesar RP.5.000 dengan biaya parkir sendiri.

Baca Juga: Cafe di Buah Batu Bandung

16. Gunung Batu

Gunung-Batu

Gunung Batu memiliki dinding alam yang berasal dari batu-batuan dengan ukuran besar yang berlokasi di daerah Pagerwangi, Lembang.

Tempat wisata ini sangat populer dikalangan para pecinta alam yang sangat menyukai tantangan dan keindahan alam. Gunung Batu juga menjadi wisata sejarah tentang sejarah Bandung hingga akhir kehancuran dari patahan lembang.

Anda bisa melakukan kegiatan seperti bercamping untuk menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam.

Untuk memacu adrenalin Anda, bisa juga mencoba panjat tebing yang tentunya dilengkapi dengan peralatan dan pemandu yang menjamin keselamatan Anda.

Tiket masuk ke wisata ini Rp.10.000/orang dan untuk kegiatan camping Anda harus menyediakan peralatan sendiri.

17. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug-Tilu-Leuwi-Opat

Curug Tilu Leuwi Opat adalah tempat wisata di Lembang Bandung yang menyuguhkan keindahan alam. Anda akan disuguhkan dengan air terjun yang dikelilingi dengan tebing yang berselimut tumbuhan hijau.

Pesona lain dari wisata ini yaitu adanya kolam alami di bawah curug yang bisa digunakan sebagai tempat berenang tapi pada area tertentu.

Anda juga bisa mengikuti kegiatan outbound dengan permainan yang lengkap, trekking ringan ke area curug dengan tantangan yang seru sambil bermain dengan air.

Tempat wisata ini berada dekat dengan dusun bambu dan tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp.10.000,00.

18.  Curug Bellarosa

Curug-Bellarosa

Anda akan dibuat terpesona jika berada di tempat wisata ini. Pasalnya, Curug Bellarosa disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di tengah hutan belantara.

Suasana di tempat wisata ini masih sangat alami dan sejuk. Di Tempat wisata ini, Anda bisa menikmati air terjun yang berbeda dari air terjun lainnya di Lembang. Tinggi curug sekitar 5 m dengan air yang cukup deras.

Fasilitas yang tersedia yaitu saung jamur yang bentuk atap seperti jamur tiram, dan ada nya gazebo yang dibuat dari bambu dengan atap daun rimba.

Ada juga kolam ikan untuk memancing dan playground dengan berbagai permainan untuk anak-anak.

19. Curug Malela

Curug-Malela

Keindahan alam lain yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Lembang adalah Curug Malela. Jika Amerika memiliki Niagara Falls dengan pemandangan yang sangat indah, Indonesia memiliki Curug Malela yang tidak kalah mempesona.

Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 70 meter. Aliran air terjun cukup deras, berwarna putih jernih, dan berbentuk tirai bertingkat.

Baca Juga: Cafe di Braga Bandung

Untuk menunjang sebagai tempat wisata, curug malela memiliki beberapa fasilitas seperti:

  • Plaza Curug Malela
  • Shelter sebagai tempat pemberhentian ke curug
  • Pedestrian
  • Spot Berfoto
  • Jembatan dari area plaza ke spot berfoto
  • Camping Ground
  • Amphitheater dengan berbagai pertunjukan
  • Gallery craft untuk berburu oleh-oleh
  • Foodcourt, track motor, taman, mushola, hingga toilet.

20. Situ Lembang

Sapu-Lidi

Tempat wisata alam ini berada di ketinggian 1.567 mdpl, sehingga tidak heran jika udara sangat dingin.

Situ Lembang berupa danau buatan yang dibangun pada tahun 1914 dan menjadi penampung air terbesar di Kota Bandung dan dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah dan eksotis, karena Situ Lembang dikelilingi oleh Gunung Sunda, Gunung Burangrang, dan Gunung Tangkuban Perahu.

Tidak heran jika, sekitar danau Anda bisa menangkap keindahan perbukitan yang hijau serta kabut tipis yang berada di atas telaga.  Pohon pinus yang tersebar di sekeliling telaga semakin menyegarkan mata.

21. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian-Air-Panas-Ciater

Wisata daerah lembang tidak henti-hentinya menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona. Anda bisa berendam dengan air hangat sambil menikmati keindahan alam akan terasa menyenangkan seperti di pemandian air panas ciater.

Tempat wisata yang memiliki luas 30 ha dan fasilitas kolam yang suhu air mencapai 45 derajat celcius dan berasal dari gunung tangkuban perahu.

Tidak hanya untuk merelaksasi tubuh kandungan belerang dalam air panas ini juga mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan mengembalikan kesegaran tubuh setelah lelah beraktivitas.

Tempat wisata yang berlokasi di perbatasan Bandung dan Subang ini menawarkan pula berbagai permainan, pemancingan, sarana olah raga dan restoran bagi pengunjung.

22. Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya-Hot-Spring-Resort

Maribaya adalah sumber mata air panas yang berada di kawasan Lembang.

Arti nama Maribaya dalam bahasa Sunda adalah sehat dan bahagia, sehingga diyakini ketika mandi/ berendam di air panas Maribaya akan menyembuhkan beberapa penyakit dan membuat hati bahagia karena sehat.

Tiket masuk untuk memasuki kawasan Maribaya Hot Spring Resort seharga Rp.35.000/orang dan bisa ditukarkan makanan atau minuman di foodcourt.

Tidak hanya kolam pemandian, tapi tempat wisata ini juga menyediakan toko souvenir, wahana bermain, gazebo well design, air terjun, café di tepi air terjun, hingga kebun binatang.

23. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng-Anteng-Panoramic-Coffee

Lembang tidak henti-hentinya menyuguhkan wisata alam yang amat mempesona. Kali ini, Lereng Anteng Panoramic Coffee sukses membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Tidak hanya wisata alam, tetapi berbagai pilihan kuliner tempat ini juga menjadi daya tarik para wisatawan. Harga menu makanan kisaran Rp.5.000-Rp.50.000,00.

Design tempat duduk pengunjung sangat artistik dengan bangku yang berbahan dasar kayu dan tersebar sepanjang terasering. Ada fasilitas lain seperti arena mini golf yang bisa Anda coba untuk melepas penat.

Jika Anda berminat, bisa mengunjungi Lereng Anteng Panoramic Coffee di Kampung Pagermaneuh RT/ RW 03/07, Pagerwangi, Lembang.

24. Tebing Keraton

Tebing-Keraton

Tebing Keraton berada di Kampung Ciharegem Puncak ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan perbukitan dan hutan.

Namun, berada di tebing ini Anda juga bisa melihat pemandangan sunrise dari belakang Gunung Guntur sebelum pukul 05.30 WIB. Fenomena keren lainnya adalah kabut putih dengan pancaran cahaya matahari di atas hutan, seperti negeri diatas awan.

Tebing Keraton yang sebelumnya disebut Pasir Jontor ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, tentunya udara di sekitar tebing sangat dingin.

Trekking dan bersepeda di Tebing Keraton bisa menjadi ide yang menantang dan pastinya seru karena di sepanjang jalan, dapat menikmati keindahan alam. Tebing Keraton dilengkapi dengan camping ground dan Anda bisa sewa peralatan sekitar 40 ribu.

Baca Juga: Cafe di Cimahi

25. Taman Bunga Cihideung

Taman-Bunga-Cihideung

Berbicara tentang taman bunga yang indah, daerah Lembang bisa dikatakan surga bunga karena memiliki suhu sejuk sehingga berbagai bunga bisa tumbuh.

Salah satu taman bunga terbaik di daerah lembang adalah Taman Bunga Cihideung yang terletak di Jalan Sersan Bajuri. Taman bunga cihideung berada di luas lahan 50 ha dan suasana dingin karena berada 1.100 mdpl.

Ada berbagai jenis bunga yang ditanam, seperti: bunga mawar, anggrek, melati, bougenville.

Cara penanaman bunga juga berbagai macam, seperti: ditanam langsung ditanah, hidroponik, dan rumah kaca. Namun, jika Anda menyukai bunga yang ada di taman bunga cihideung, bisa dibeli dengan harga mulai dengan Rp.10.000,00.

26. Taman Begonia Lembang

Taman-Begonia-Lembang

Tempat Wisata di Lembang Bandung yang lagi hits adalah Taman Begonia Lembang. Pembuatan taman bunga ini dimaksudkan sebagai upaya untuk membudidayakan dan memperkaya florikultura di Indonesia.

Ada beragam jenis bunga seperti: bunga geranium, celosia, salvia, melampodium dan banyak lagi. Salah satu maskot bunga yang dibudidayakan adalah Bunga Balinea.

Taman Begonia terkenal juga karena ada spot menarik untuk swafoto, seperti gerombolan bunga berwarna kuning, karangan bunga berbentuk hati, dan hamparan bunga balinea yang indah.

Selain bunga juga ada sayur dan buah-buahan yang bisa dibawa pulang. Tersedia pula outbound dengan konsep Fun Treasure Hunt dan Cafe Kebun Begonia yang menawarkan berbagai masakan.

27. Rumah Bunga Rizal

Rumah-Bunga-Rizal

Rumah Bunga Rizal di tahun 2002 berinovasi menjadi kebun wisata terpadu dan telah menghasilkan berbagai tanaman hias, seperti: anggrek, mawar, kaktus, gelombang cinta.

Ada juga terrarium berupa taman mini dalam wadah berbahan kaca dan menggunakan jenis tanaman kaktus, ada juga produk kreatif penunjang kegiatan berkebun seperti pot, kawat penyangga tanaman dan lainnya.

Tempat wisata ini dibuka dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB dan lokasinya berdekatan dengan Taman Bunga Begonia. Area luas dengan keindahan bunga bisa dijadikan tempat untuk mengadakan acara seperti: photo prewedding hingga garden party.

28. Rainbow Garden

Rainbow-garden

Tempat Wisata di Lembang Bandung lainnya yang menarik adalah Rainbow Garden. Julukan Rainbow Garden didapat karena beragam bunga dengan warna yang bermacam-macam tampak seperti pelangi.

Keindahan bunga menjadi daya tarik para wisatawan. Ada juga spot foto eksotis yang mampu memikat para pengunjung untuk berfoto.

Adapun wahana menarik lainnya, yakni Green House yang berfungsi untuk melindungi bunga-bunga, area taman organik dimana Anda juga bisa belajar menanam hingga merawat tanaman organik, souvenir area, hingga area foodcourt dengan harga makanan mulai Rp.5.000 sampai Rp.50.000.

Tiket masuk di Rainbow garden Rp.10.000 dan tidak dikenakan biaya masuk lainnya.

29. Taman Wisata Hutan Jayagiri

Taman-Wisata-Hutan-Jayagiri

Wisata Hutan Jayagiri adalah wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Hutan Jayagiri terdapat pepohonan yang kokoh dan terdapat sumber mata air dari pegunungan yang berada di tengah hutan.

Udara disekitar hutan cenderung dingin dan pemandangan hutan semakin indah manakala sinar matahari mulai memasuki hutan.

Hutan jayagiri berada di kemiringan hingga 45 derajat, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasi hutan jayagiri masih satu kawasan dengan wisata Tangkuban Perahu, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari pusat Lembang. Wisata Hutan Jayagiri bisa di akses dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

30. Taman Lembah Dewata

Taman-Lembah-Dewata

Wisata di daerah Lembang Utara yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Lembah Dewata. Wisata ini berupa danau tadah hujan yang memiliki panorama indah.

Anda tidak akan bosan berada ditempat ini, karena pada tepi danau terdapat dermaga dari kayu dengan posisi condong ke arah tengah danau yang bisa dimanfaatkan menjadi spot foto terbaik.

Tidak hanya menikmati pemandangan saja, Anda bisa mencoba menunggang kuda. Untuk kuda yang ada di Taman Lembah Dewata merupakan kuda dari warga lokal dan kuda dari luar negeri yang memiliki tubuh kekar.

Taman Lembah Dewata menawarkan paket berkuda berdasarkan rute, seperti rute pendek, rute keliling danau, hingga rute danau dan bukit.

31. Taman Miniatur Kereta Api

Taman-Miniatur-Kereta-Api

Taman Miniatur Kereta Api sangat cocok untuk wisata anak kecil. Sesuai dengan namanya, obyek wisata yang masih satu komplek dengan Floating Market ini menyajikan sensasi perjalanan dengan kereta api.

Bukan hanya itu, wisata edukasi ini juga memberikan informasi terkait dengan sejarah kereta api di Indonesia.

Miniatur kereta api dibuat sangat detail skala 1:24 dan dikendalikan dengan operator khusus lengkap dengan suara mesin kereta api yang nyata.

Tidak hanya miniatur kereta api, tapi ada juga miniature stasiun hingga kawasan pedesaan yang dilalui kereta api.

32. Sapu Lidi

Sapu-Lidi

Sapu lidi lembang adalah tempat wisata di Lembang Bandung yang menawarkan sensasi wisata yang unik. Tempat wisata ini menawarkan resort/ villa dengan suasana pedesaan yang asri dan tenang.

Sapu lidilembang berada di dataran tinggi lembang sehingga tidak heran jika udara di tempat ini seperti udara pegunungan yang fresh.

Anda juga akan dimanjakan dengan galeri seni yang eksotis seperti NuArt Sculpture hingga Lawangwangi Creative Space & Cafe. Wisata kulinernya sangat beragam dan menggugah selera dengan kisaran harga mulai 50.000/pax.

Tidak ada tiket masuk dan Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Jalan Sersan Bajuri – Kompleks Graha Puspa Cihideung Lembang.

33. Imah Seniman

Imah-Seniman

Imah seniman merupakan replika wisata Sapu Lidi Lembang, karena keduanya berada di satu manajemen.

Tempat wisata yang memiliki luas 15 hektar ini memiliki konsep unik khas etnik sehingga jika Anda mengunjungi tempat ini seperti memasuki dunia seni yang kental dan artistik. Selain itu, bangunan Imah Seniman memiliki desain yang kreatif dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Slogan Imah Seniman yaitu “Tidur di Danau, Makan di Hutan”, karena menawarkan sensasi menginap di pinggir danau dengan suasana yang asri dan sejuk.

Kuliner yang disuguhkan berupa makanan tradisional Indonesia dan makanan sunda yang lezat. Selain menginap dan berwisata kuliner, Anda dan rombongan juga bisa mengikuti fasilitas outbound yang pastinya seru.

34. Dusun Bambu Lembang

Dusun-Bambu-Lembang

Tempat wisata di Lembang Bandung selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Dusun Bambu Lembang. Tempat wisata yang memiliki luas lahan 15 hektar ini cocok untuk dijadikan sarana rekreasi keluarga.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini, seperti: wisata kuliner, penginapan atau camping, bersepeda hingga wahana permainan yang beredukasi.

Dusun Bambu Lembang beroperasi setiap hari dari pukul 08.00-21.00 dengan harga tiket masuk Rp.30.000/orang. Lokasi tempat wisata berada di Jalan Kolonel Masturi, Situlembang.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, lokasi Dusun Bambu bisa diakses menggunakan angkutan umum dengan rute Padalarang –Parongpong dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek ke lokasi tujuan.

35. Rumah Sosis

Rumah-Sosis

Buat para pecinta sosis, wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini yang berada di sudut utara kota Bandung. Rumah sosis merupakan tempat wisata yang menghadirkan wisata kuliner sekaligus dengan wahana menarik.

Lokasi berada di Jl. Raya Lembang No.177 dan buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Harga tiket masuk Rumah Sosis sangat murah yaitu Rp3.000/orang.

Rumah sosis memiliki slogan “Eat-Swim-Play” yang menawarkan berbagai olahan sosis yang menggugah selera dan wahana permainan yang menarik.

Ada juga menu lain seperti nasi liwet, sup iga, nasi bakar, spaghetti yang bisa Anda coba. Selain wahana permainan, Anda juga bisa mencoba kolam renang yang disediakan sesuai usia, anak – anak dan dewasa.

36. Burgundy Dine & Wine

Burgundy-Dine-_-Wine

Tempat wisata selanjutnya adalah Burgundy Dine & Wine yang lokasinya agak pelosok Lembang. Namun, tempat ini menyuguhkan lahan yang luas dengan pemandangan yang bisa menyegarkan mata.

Burgundy Dine & Wine merupakan tempat wisata kuliner dengan berbagai pilihan makanan  dari snack hingga makanan berat dan tersedia wine terbaik di Lembang.

Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari dari pukul 11.00-00.00 WIB.

Anda bisa memilih untuk menyantap makanan di area indoor dengan design mewah atau outdoor dengan suguhan pemandangan dan udara yang dingin. Lokasi Burgundy Dine & Wine berada di Jalan Maribaya No.163 Lembang.

37.  The Peak Bandung

The-Peak-Bandung

Wisata kuliner satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari restoran yang menyediakan makanan lezat dengan nuansa romantis dari kota Bandung.

The Peak Bandung adalah wisata kuliner yang menyediakan kuliner dengan sensasi khas Paris Van Java yang terbagi dalam 5 jenis menu andalan dari harga Rp.120.000/porsi hingga Rp.338.000/porsi.

Suasana romantis kota Bandung yang dingin tidak lengkap jika tidak minum wine yang dapat menghangatkan tubuh. Wine yang tersedia adalah pilihan terbaik yang diimpor dengan kualitas sangat bagus.

The Peak buka setiap hari pukul 11.00-02.00 WIB dan waktu yang paling tepat untuk menikmati wisata ini pada waktu malam hari.

38. Kampung Daun

Kampung-Daun

Kampung Daun dikenal sebagai tempat wisata di Lembang Bandung kategori kuliner terbaik.

Ciri khas dari Kampung Daun adalah konsep penataan yang sangat tradisional dengan suasana khas pedesaan yang tenang dan sejuk. Kampung Daun bisa disebut dengan Café and Culture Gallery dimana design menggunakan ornamen tradisional antik.

Menu yang disajikan di Kampung Daun beragam mulai dari masakan tradisional Indonesia hingga menu masakan yang diadaptasi dari luar negeri.

Untuk harga makanan dan minuman mulai 8.000 hingga 115.000. Jika Anda berminat untuk berwisata kuliner dengan suasana yang tenang, bisa berkunjung di Jalan Sersan Bajuri No.88, RRI Bandung.

39. Dago Bakery

Dago-Bakery

Dago Bakery adalah restoran yang populer di Bandung. Walaupun ada kata “Bakery”, restoran ini tidak hanya menyediakan roti saja, tapi ada juga makanan berat seperti makanan khas Indonesia dan makanan barat dengan harga mulai 20.000 hingga 58.000.

Berada di dataran tinggi Bandung, membuat restoran ini memiliki pemandangan dan suasana alam yang masih sejuk.

Resto dengan konsep arsitektur ala Eropa ini menambah daya tarik para wisatawan untuk swafoto dengan background yang epic.

Buat Anda yang ingin berkunjung ke restoran ini, alamat yang harus dituju adalah di Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Lembang. Untuk jam buka Dago Bakery mulai jam 09.00 sampai pukul 22.00 WIB.

40. D’Dieu Land Punclut

DDieu-Land-Punclut

D’Dieu Land Punclut adalah salah satu wahana keluarga yang berbasis keindahan alam yang terletak di Pagerwangi, Lembang.

Daya tarik D’Dieu Land berupa skywalk berwarna-warni untuk pengunjung berjalan kaki menikmati pemandangan atau hunting foto. Fasilitas lain dari tempat wisata ini adalah adanya wahana permainan menarik seperti: Gyroscope, mini outbond, hingga playground.

Anda bisa nongkrong dengan menyantap berbagai makanan dan minuman yang lezat dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Pemandangan malam hari ditempat ini tidak kalah indah, dengan kilau lampu dan cahaya dari kota Bandung menambah kesan romantis. Jam buka D’dieu Land mulai pukul 09.00-23.00 WIB dengan harga tiket masuk weekday Rp.10.000/orang dan weekend Rp.15.000/orang.

41. Bukit Teropong Indah

Bukit-Teropong-Indah

Bukit Teropong Indah menjadi wisata kuliner di Lembang lengkap dengan view yang instagramable.

Ketika Anda berkunjung ke tempat wisata di Lembang Bandung yang satu ini, tidak hanya menikmati menu makanan nusantara dan barat tetapi menikmati suasana yang tenang, nyaman dan suasana sejuk. Fasilitas yang ditawarkan antara lain: barbeque garden, live music, bike area, function hall, hingga nobar.

Lokasi Bukit Teropong indah berada di lereng patahan lembang, sehingga tidak heran jika pemandangan sangat indah nan menawan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini juga menyediakan tiga teropong yang berada di pojok luar resto yakni dua Teropong Binocular dan teropong bintang untuk melihat pemandangan malam hari.

42.  Kampung Pasir Angling

Kampung-Pasir-Angling

Jika Anda rindu dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk, maka berkunjunglah ke Kampung Pasir yang berjarak 16 km dari alun-alun Lembang. Hamparan pepohonan yang hijau amat menyejukkan mata dan membantu menghilang kan lelah.

Kawasan Kampung Pasir Angling juga terdapat kampung warna-warni dengan konsep tradisional sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto.

Budaya tradisional di Kampung Pasir masih sangat kental, sehingga Anda akan mendapatkan ilmu tentang budaya sunda. Anda bisa datang kapan saja ke Kampung Pasir dan tanpa dikenakan biaya masuk.

43.  Salian Art Space

Salian-Art-Space

Salian Art Space adalah tempat wisata yang memadukan antara wisata kuliner, seni dan budaya. Setiap karya seni akan dipajang di cafe, sehingga pengunjung bisa menikmati karya seni sambil menyantap makanan atau minuman.

Menariknya, tema pameran dan karya yang dipamerkan akan berubah – ubah, sehingga pengunjung tidak bosan dengan suasana kafe.

Salian Art Space juga menyediakan kopi khas dan tentunya mengusung konsep seni, seperti: cappucino berbentuk hati, atau coffee latte dengan gambar daun.

Anda tidak hanya menikmati kopi di dalam ruangan, tetapi diluar ruangan dengan pemandangan alam yang tidak kalah indah. Lokasi tempat wisata ini berada di Sersan Jalan Bajuri No.86, Lembang dan tergolong mudah diakses.

44. Observatorium Bosscha

Observatorium-Bosscha

Jika Anda pecinta keindahan alam semesta, Observatorium Bosscha wajib untuk dikunjungi.

Observatorium Bosscha menjadi tempat untuk melihat indahnya semesta dengan bantuan beberapa teleskop yang ada, seperti: Refraktor Bamberg, refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bimasakti, Cassegrain GOTO, dan Teleskop Surya.

Observatorium Bosscha dibentuk pada masa kolonial Belanda, sehingga tidak heran jika arsitektur bangunan bergaya eropa dengan atas bangunan berbentuk setengah lingkaran.

Sayangnya, tempat wisata ini hanya dibuka untuk umum setiap hari sabtu, dan senin – jumat dikhususkan untuk instansi atau lembaga pendidikan. Anda juga tidak dikenakan biaya untuk masuk area wisata ini.

Baca Juga: Cafe di Jalan Riau Bandung

45.  Bib Lembang

Bib-Lembang

Bib Lembang atau Balai Inseminasi Buatan merupakan wisata edukasi seperti Observatorium Bosscha, tetapi bedanya Bib Lembang menawarkan edukasi tentang proses inseminasi hewan ternak, seperti: sapi, domba, kambing, dan kerbau. Lokasi tempat wisata edukasi ini berada di Jalan Kayu Ambon, Lembang.

Bib Lembang menyediakan fasilitas pendukung seperti: mess, ruang kelas full AC dan sound system untuk rombongan yang berkunjung.

Jika Anda ingin berkunjung ke Bib Lembang, sebaiknya bersama rombongan karena untuk masuk dikenakan biaya yang agak mahal.

Tempat wisata di Lembang Bandung yang memiliki hamparan padang rumput yang luas ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Berlibur di beberapa tempat wisata di Lembang Bandung sangat membantu Anda untuk melepas penat terhadap aktivitas sehari-hari yang sangat padat.

Apalagi dengan adanya panorama alam yang membantu Anda untuk rilex dan tenang. Semua tempat wisata di Lembang menghadirkan keunikan sendiri yang pastinya tidak akan membuat Anda bosan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!