10+ Oleh-Oleh Khas Turki (Wanita, Pria, Makanan, dsb)

Turki merupakan negara yang memiliki berbagai budaya serta keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut menjadikan Turki sebagai negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Nah jika Anda sedang berkunjung ke Turki entah untuk berlibur maupun untuk urusan bisnis, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Turki.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Turki

Untuk memudahkan Anda, berikut merupakan beberapa rekomendasi produk-produk khas Turki yang dapat dijadikan sebagai buah tangan:

1. Turkish Delight

oleh-oleh khas turki makanan

Turkish Delight merupakan salah satu makanan tradisional dari Turki yang memiliki berbagai macam varian rasa. Namun makanan ini pasti akan memiliki rasa manis karena dilapisi oleh gula halus di bagian luarnya. Sebenarnya, Turkish delight ini sering disebut juga Lokum dan banyak dijual di toko-toko souvenir.

Namun, terdapat tempat yang sangat terkenal untuk membeli Lokum ini terutama dikalangan para wisatawan. Tempat tersebut adalah Spice Bazaar yang terkenal karena harga yang ditawarkan sangat murah.

2. Teh Apel

oleh oleh khas turki yang murah

Teh ini merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari oleh penduduk di Turki. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang menjadikan minuman ini sebagai buah tangan.

Selain itu, teh ini juga mudah didapatkan serta harganya yang bervariasi sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Teh apel ini memiliki berbagai macam varian rasa dan memiliki aroma yang cenderung manis dan sedikit asam. Minuman ini juga memiliki khasiat untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi relax.

3. Fez

Anda mungkin sudah sering melihat para pria di Turki menggunakan sebuah topi yang berwarna merah serta memiliki rumbai berwarna hitam.

Topi tersebut merupakan salah satu topi tradisional khas Turki yang biasa disebut fez atau peci merah. Terdapat dua jenis fez yang dikenal oleh masyarakat saat ini, yakni fez yang memiliki rumbai dan tidak memiliki rumbai.

Peci yang memiliki rumbai merupakan model awal topi ini, sementara yang tidak memiliki rumbai merupakan model yang lebih modern.

4. Minyak Zaitun

oleh oleh khas turki untuk wanita

Salah satu yang terkenal dari Turki adalah minyak zaitun. Turki sendiri merupakan pengekspor terbesar minyak zaitun ke eropa. Selain itu, terdapat berbagai macam ekstrak olahan zaitun yang dijual disana dari mulai produk kesehatan hingga kecantikan.

Oleh karenanya, jangan sampai Anda tidak membeli minyak zaitun ini ketika sedang berkunjung ke Turki. Jika Anda ingin membelinya, maka dapat mengunjungi Grand Bazaar. Disana Anda akan dapat dengan mudah menemukan minyak zaitun dan berbagai macam olahan ekstrak zaitun dengan harga yang terjangkau.

5. Turkish Blue Eyes

oleh-oleh khas turki di jakarta

Salah satu rekomendasi souvenir yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Turkish blue eyes atau juga biasa disebut dengan Nazar Bonjuk.

Benda ini merupakan sebuah gantungan kunci yang berwarna biru serta memiliki motif seperti mata. Penduduk setempat mempercayai jika Turkish blue eyes ni dapat menolak sesuatu yang buruk.

Oleh karenanya, penduduk setempat biasanya menggantungkan benda ini di rumahnya. Namun saat ini Turkish blue eyes juga digunakan sebagai tasbih dan perhiasan. Harga kerajinan inipun terbilang sangat murah dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

6. Baklava

oleh-oleh khas turki dan harganya

Merupakan makanan tradisional asal Turki yang terbuat dari terigu,telur serta memiliki berbagai macam varian isi seperti kacang dan coklat.

Makanan ini juga dapat bertahan lama hingga dua minggu sehingga sangat cocok sebagai buah tangan Anda untuk keluarga dan teman.

Jika Anda ingin membeli makanan ini, maka dapat mengunjungi toko Koskeroglu yang terletak di dekat distrik Karakoy. Ditempat tersebut Anda dapat menemukan berbagai macam jenis Baklava dengan harga yang terjangkau.

7. Pashmina

oleh-oleh khas turki di grand bazaar

Jika Anda sedang berkunjung ke Turki tidak ada salahnya untuk membeli Pashmina. Selain harganya yang murah, pashmina Turki juga memiliki motif yang unik serta motifnya yang beragam.

8. Tas

oleh-oleh khas turki apa

Tas juga dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk dijadikan oleh-oleh dari Turki. Tas khas Turki ini memiliki beragam bentuk, warna dan juga motif.

Tempat yang terkenal sebagai pusat tas di Turki adalah Ortakoy Weekend Market. Ditempat ini Anda akan menemukan berbagai macam model tas dengan harga yang sangat murah.

9. Kerajinan Keramik

oleh oleh khas istanbul turki

Kerajinan keramik yang ada di Turki sudah dikenal akan keindahannya di dunia. Hal ini karena motif dari kerajinan keramik tersebut yang sangat unik dan sangat mencerminkan budaya Turki.

Jika Anda sangat menyukai keramik atau bahkan memiliki hobi mengoleksi keramik maka sangat disarankan untuk membelinya.

10. Gantungan Kunci

oleh-oleh khas turki untuk pria

Oleh-oleh yang sangat umum adalah gantungan kunci. Hal ini karena gantungan kunci merupakan barang yang sangat simple dan mudah dibawa. Harganya yang murah juga menjadi alasan banyak wisatawan memilih gantungan kunci sebagai buah tangan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!