10+ Oleh-oleh Khas Blitar Jawa Timur (Uceng, Wajik Kelik, dsb)

Mungkin Blitar dengan wilayah lain di Jawa Timur kalah pesonanya sebagai tempat wisata.

Tapi jangan salah, wilayah ini juga menyajikan berbagai tempat wisata menarik dan tentunya juga berbagai oleh-oleh khas Blitar yang tidak kalah juga dengan daerah lainnya di Jawa Timur. Dari berbagai jenis oleh-oleh yang ada, makanan tentu menjadi jenis yang mendominasi.

Oleh karena itulah, ada beberapa jenis makanan yang patut Anda coba ataupun beli sebagai oleh-oleh selagi berada di Blitar.

Oleh-oleh Khas Blitar Jatim

Beberapa jenis makanan di bawah ini merupakan asli Blitar yang sering dibeli juga sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke tempat asal. Jika Anda menyempatkan diri ke Blitar, maka Anda wajib untuk membeli atau mencoba oleh-oleh berikut ini.

1. Beras Cerdas

oleh-oleh khas blitar jawa timur

Dari namanya saja, sudah mengundang berbagai perhatian dan rasa penasaran. Jangan berharap dulu karena dengan nama seperti ini bukan berarti beras ini akan membuat Anda langsung cerdas hanya dengan mengkonsumsinya.

Nama “Cerdas” didapatkan karena beras ini merupakan hasil penelitian dari Universitas Jember yang didalamnya terdapat campuran antara jagung, mocaf, protein susu, dan beberapa bahan lain yang mampu meningkatkan kandungan di dalamnya. Sehingga, beras ini menjadi alternatif pengganti yang nilai gizinya sama dengan beras asli.

Selain itu, Beras Cerdas juga mengandung mineral serta vitamin yang baik untuk tubuh. Harganya juga masih terjangkau yaitu sekitar Rp10.000 per kemasannya.

2. Geti

jajanan oleh-oleh khas blitar

Jika Anda ingin mencicipi jajanan khas Blitar, maka Anda wajib mencicipi geti. Geti terbuat dari kacang, wijen, dan juga gula merah yang menjadikannya terasa manis. Jajanan ini sangat khas di Blitar dan orang-orang umumnya sering menyajikannya baik untuk tamu ataupun di hari raya. Geti memiliki banyak varian rasa, mulai dari rasa cokelat hingga rasa belimbing sehingga jajanan ini banyak digemari.

3. Opak Gambir

oleh-oleh khas blitar jatim

Alternative oleh-oleh lain yang bisa Anda beli ketika berada di Blitar adalah opak gambir. Opak gambir terbuat dari bahan tepung ketan dan santan serta memiliki rasa yang manis serta renyah ketika dimakan, sehingga membuat orang tidak bisa berhenti memakannya setelah pertama kali mencoba. Jika ingin membelinya, Anda hanya memerlukan uang sekitar Rp 8ribuan per kemasan.

4. Dodol Belimbing Agrowisata Karangsari

oleh-oleh khas blitar online

Jawa Timur tidak salah lagi terkenal dengan dodolnya, termasuk di Blitar. Salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Sukorejo mengolah hasil produksi belimbingnya ke berbagai jenis olahan seperti keripik, sirup, manisan, dan tentu saja dodol.

Dodol belimbing yang khas ini bisa Anda dapatkan di Kawasan Agrowisata Karangsari. Soal harga, oleh-oleh satu ini juga dijual dengan harga terjangkau yaitu mulai Rp 13.500an untuk satu kemasan yang berukuran 120 gram.

5. Sambal Pecel

pusat oleh-oleh khas blitar nasionalism kota blitar jawa timur

Perlu Anda ketahui juga bahwa Blitar juga terkenal dengan pecelnya yang sangat lezat, sehingga tak heran banyak tempat oleh-oleh yang menjual sambal pecel khas Blitar. Sambal pecel ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan adanya aroma kulit jeruk di dalamnya. Jadi, Anda juga bisa menambahkan sambal pecel ke dalam daftar oleh-oleh dari Blitar milik Anda.

6. Peyek Uceng

cipta rasa oleh-oleh khas blitar blitar jawa timur

Camilan yang renyah dan gurih satu ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan untuk jenis makanan apapun. Peyek khas Blitar dibuat dari bahan dasar ikan uceng yang kecil-kecil dan wajib Anda cicipi. Peyek Uceng begitu populer bahkan hingga dijadikan sebagai ikon untuk oleh-oleh lokal khas Blitar yang tentunya wajib dibeli.

7. Wajik Kletik

harga oleh-oleh khas blitar

Wajik Kletik menyajikan kombinasi rasa yang manis dan juga gurih di saat yang bersamaan. Wajik yang yang dibungkus dengan klobot ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula kelapa. Klobot adalah sebutan lokal untuk kulit jagung yang telah mengering.

Dinamakan Wajik “Kletik” karena ketika Anda memakan wajik ini, akan ada sensasi ‘kletik kletik’ ketika makanannya sampa mulut. Sebagai oleh-oleh pun, wajik satu ini tergolong cukup awet sehingga Anda bisa membelinya untuk dibawa pulang.

8. Sagon

pusat oleh-oleh khas blitar

Masih berupa jajanan, namun sagon memiliki rasa yang cenderung gurih yang dibuat dari kelapa parut dan tepung ketan. Teksturnya renyah dan selain gurih, ada pula rasa legit yang bisa Anda rasakan ketika memakannya. Untuk mendapatkan makanan ini tidaklah sulit. Coba kunjungi saja pusat oleh-oleh yang berada di sekitar alun-alun kora Blitar.

9. Teh Hitam Ken Tea

pusat oleh-oleh khas blitar nasionalism

Untuk jenis minuman yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh salah satunya adalah teh hitam premium. Blitar juga memiliki kebun teh yaitu Sirah Kencong yang dikelola oleh PTPN XII di ketinggian 1200 mdpl.

Kualitas teh yang memiliki banyak manfaat ini juga tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, teh ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh Anda apalagi mendapatkannya pun mudah karena tersebar di berbagai toko oleh-oleh di Blitar.

10. Kaos Jelajah Blitar

artha abadi pusat oleh-oleh khas blitar blitar jawa timur

Kali ini memang bukan makanan tapi tidak ada salahnya Anda membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Kaos Jelajah Blitar merupakan kaos berbahan cotton combed yang menjadi produk asli Blitar dan cukup populer sebagai oleh-oleh.

Salah satu tempat dimana Anda bisa mendapatkan kaos ini adalah di Toko Mblitar yang ada di Kabupaten Blitar dengan harga mulai dari sekitar Rp 85.000.

Tentunya oleh-oleh khas Blitar masih ada banyak lagi selain beberapa yang telah disebutkan di atas. Namun, kesepuluh oleh-oleh inilah yang paling populer dan menjadi daftar yang harus Anda coba dan beli sebagai oleh-oleh. Jadi, mana oleh-oleh khas Blitar yang menarik perhatian Anda?

Leave a Comment

error: Content is protected !!