Alun-alun Karimunjawa, Tempat Pas Berburu Kuliner!

Rate this post

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda jelajahi di Nusantara, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat, ya.

Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi untuk sejenak melepas penat dan refreshing adalah Alun-Alun Karimunjawa.

Alun-alun di Karimunjawa ini juga disebut sebagai lapangan Karimunjawa, dan kini dijadikan sebagai salah satu pusat wisata di Karimunjawa.

Maka dari itu, tidak heran jika lapangan alun-alun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun interlokal.

Lokasi Alun-Alun Karimunjawa

Lokasi-Alun-Alun-Karimunjawa

Pastinya Anda penasaran kan, di mana letak Alun-Alun Karimunjawa ini?

Bagi yang merencanakan liburan di Karimunjawa, Anda bisa menemukan wisata alun-alun ini di depan kantor kecamatan tepatnya di sebelah Dermaga Syahbandar.

Nah, apabila Anda datang dari pelabuhan, Anda perlu menghabiskan waktu  15 menit saja untuk bisa sampai ke alun-alun. Untuk jaraknya, kurang lebih sekitar 2 km, ya.

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Alun-Alun Karimunjawa

Waktu-yang-Tepat-Berkunjung-ke-Alun-Alun-Karimunjawa

Kapan sih waktu yang tepat untuk berkunjung ke lapangan Karimunjawa? Nah, ini adalah salah satu pertanyaan yang banyak sekali diajukan oleh para calon pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata satu ini.

Jawabannya adalah malam hari.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, ya, karena memang pusat wisata di Karimunjawa satu ini buka di malam hari saja.

Saat sore tiba, kira-kira pukul 4 sore waktu setempat, warga sekitar akan bersiap-siap untuk membuka lapak mereka dan siap membuat alun-alun di Karimunjawa satu ini ramai.

Wisata Kuliner Karimunjawa

Wisata-Kuliner-Karimunjawa

Dari penjelasan sebelumnya, Anda pasti sudah bisa menebak seperti apa wisata di Alun-Alun Karimunjawa ini.

Ya, benar sekali, wisata satu ini dipenuhi dengan lapak-lapak sederhana yang menjajakan kuliner lezat yang siap menggoyang lidah para pengunjung.

Alun-alun atau lapangan Karimunjawa dijadikan sebagai pusatnya wisata kuliner, sehingga banyak sekali lapak-lapak pedagang yang menjajakan berbagai macam jajanan, makanan, hingga minuman yang nikmat.

Di sini Anda bisa menikmati makanan khas Karimunjawa dan berbagai kuliner umum lainnya, seperti mie ayam, nasi goreng, ikan bakar, lobster bakar, kepiting, cumi, dan seafood lainnya.

Wah, pastinya bikin ngiler, kan?

Wisata kuliner di Karimunjawa ini cocok sekali untuk Anda yang mengambil paket wisata Karimunjawa, namun tidak dengan fasilitas makan malam. Untuk harganya, tenang saja, karena semua makanan di sini dibanderol dengan harga yang super ramah kantong.

Berburu Souvenir di Lapangan Karimunjawa

Berburu-Souvenir-di-Lapangan-Karimunjawa

Tak hanya dipenuhi dengan lapak-lapak yang menjajakan makanan dan minuman, di lapangan Karimunjawa Anda bisa menemukan lapak-lapak penjual souvenir yang banyak pula.

Berlibur tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah, rasanya kurang afdol, kan?

Nah, oleh karena itu, Anda bisa berbelanja souvenir di lapangan Karimunjawa sebagai kenang-kenangan dan juga oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat yang menunggu di rumah.

Tak usah bingung dengan pilihan souvenirnya, karena di sini ada berbagai macam souvenir yang siap diadopsi dan dibawa pulang. Berikut beberapa daftarnya:

  • Baju Karimunjawa
  • Topi
  • Celana
  • Tas
  • Gantungan kunci
  • Hiasan dinding
  • Ukiran kayu (dewadaru, setigi, kalimosodo)
  • Pin, dll.

Sama seperti kulinernya, souvenir yang dijajakan di lapangan Karimunjawa juga dibanderol dengan harga yang super terjangkau, sehingga tidak akan membuat dompet Anda kering.

Baca Juga: 11+ Oleh-oleh Khas Jepara Jawa Tengah (Makanan, Souvenir)

QnA Seputar Alun-Alun Karimunjawa

QnA-Seputar-Alun-Alun-Karimunjawa

1. Dari Jam Berapa Pedagang di Alun-Alun Mulai Menjajakan Dagangannya?

Para pedagang mulai dari makanan, minuman, jajanan, maupun souvenir mulai menyiapkan dagangannya jam 16.00 dan perkiraan siap untuk melayani para pengunjung adalah sekitar jam 18.00 waktu setempat.

Jadi, Anda bisa datang sekitar pukul 17.30 untuk berjaga-jaga, karena alun-alun di malam hari akan super ramai pengunjung.

2. Berapa Kisaran Budget yang Harus Disiapkan untuk Berwisata di Alun-Alun?

Ini tergantung dengan Anda sendiri, ya. Jika Anda merupakan pelancong yang mudah tergiur, maka wajib menyiapkan budget lebih.

Pasalnya, aroma kuliner alun-alun di Karimunjawa ini sangat menggoda dan bisa membuat perut Anda keroncongan seketika.

Tak hanya itu, souvenir yang dijajakan di pinggir jalan juga unik dan cantik-cantik, sehingga akan sulit untuk Anda untuk tidak membelinya.

Namun, apabila Anda adalah pelancong yang kuat iman, maka siapkan budget secukupnya saja.

3. Jam Berapa Pedagang Tutup?

Sayang sekali, pedagang di lapangan Karimunjawa ini tidak buka hingga tengah malam, karena mulai jam 22.00 mereka sudah mulai merapikan lapaknya.

Namun, jika Anda masih ingin menghabiskan malam di sana, tidak perlu khawatir, karena pedagang akan menunggu Anda selesai makan dan ngobrol-ngobrol.

Walaupun sampai larut malam pun, pedagang akan menunggu Anda sampai selesai. Jadi, tidak usah buru-buru saat menikmati hidangan yang sudah disajikan untuk Anda.

Hotel dan Penginapan Terdekat

Jika Anda ingin menikmati liburan beberapa malam di sekitar lapangan Karimunjawa, maka sudah pasti harus mencari hotel atau penginapan terdekat.

Nah, berikut ini akan disajikan beberapa hotel atau penginapan yang sangat dekat dengan alun-alun:

1. Ayu Hotel Karimunjawa

Ayu-Hotel-Karimunjawa

Hotel pertama yang bisa Anda jadikan tempat menginap adalah Ayu Hotel Karimunjawa, yang hanya berjarak sekitar 0,9 km saja dari alun-alun.

Ayu Hotel ini menjadi hotel yang paling terjangkau dari 84 hotel atau tempat menginap lainnya di kawasan Karimunjawa.

Dengan menyiapkan budget kurang dari Rp 350.000,- Anda sudah bisa menginap di sini dan menikmati fasilitas super lengkap.

2. D’Season Hotel

DSeason-Hotel

D’Season Hotel juga sangat dekat dengan alun-alun, karena dari alun-alun hanya berjarak 0,6 km saja.

Harga yang ditawarkan untuk menginap juga cukup hemat, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan budget terlalu tinggi hanya untuk penginapan saja.

3. Breve Azurine Lagoon Boutique Resort

Breve-Azurine-Lagoon-Boutique-Resort

Kalau ingin menikmati pemandangan laut super indah dan menawan, Anda bisa memilih hotel di urutan ketiga ini sebagai tempat menginap.

Dijamin Anda akan lupa dengan beban kehidupan yang berat ketika menginap di sini, karena view dari kamar Anda sungguh memanjakan mata.

Namun sayangnya, untuk menginap di sini Anda harus menyiapkan budget agak tinggi, ya.

4. The Happinezz Hills Hotel

The-Happinezz-Hills-Hotel

Nah, jika Anda ingin menginap di hotel dengan pemandangan laut yang indah dan harga cukup miring, The Happinezz Hill Hotel adalah pilihan tepatnya.

Namun, jarak dari Alun-Alun Karimunjawa tidak begitu dekat, yakni sekitar 2 km.

Bagaimana? Dengan membaca informasi tentang Alun-Alun Karimunjawa, pastinya hasrat berlibur Anda semakin memuncak, kan?

Jadi, jangan berpikir terlalu panjang lagi, dan segera buat rencana liburan Anda sekarang juga!

Tapi dengan catatan harus patuh prokes, ya!

Baca Juga: Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa: Harga Tiket & Daya Tarik

Leave a Comment