45+ Tempat Wisata di Salatiga Terbaru (Wajib Dikunjungi)

Terletak di kaki Gunung Merbabu, kota kecil berhawa dingin yang berada di provinsi Jawa Tengah ini memang menawarkan keindahan alam memikat.

Jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke kota tersebut, maka beberapa tempat wisata di Salatiga ini tidak boleh dilewatkan. Dijamin, Anda tidak akan menyesal karena sudah meluangkan waktu datang kesini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Salatiga Terbaik

1. Gunung Merbabu

Gunung-Merbabu

Siapa yang tidak mengenal nama Gunung Merbabu? Gunung satu ini memang sudah sangat terkenal dikalangan para adventurer, baik lokal maupun mancanegara.

Karena tidak sedikit para traveler dari luar negeri yang sengaja datang ke Jawa Tengah hanya untuk menikmati keindahan Merbabu secara langsung. Jalur pendakian favorit pendaki adalah Selo.

Melalui Selo, pendaki akan disajikan pemandangan yang dijamin membuat mata terpana. Setelah melewati pos 3, Anda akan menyaksikan padang rumput penuh Edelweis yang membentang luas.

Keangkuhan puncak Merapi yang berada tepat di sebelah Merbabu. Titik terakhir pendakian Merbabu adalah puncak tertingginya yang bernama Kenteng Songo.

2. Gunung Ungaran

Gunung-Ungaran

Untuk pemula yang berencana melakukan pendakian perdana, maka Gunung Ungaran bisa jadi pilihannya. Menjulang dengan tinggi 2.050 mdpl, gunung ini memang menjadi favorit pada pendaki, khususnya dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi, medannya memang bersahabat, dan untuk mencapai puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja.

Meskipun tidak begitu tinggi, namun gunung ini menawarkan pemandangan yang sangat mempesona.

Bukan hanya menyajikan sunset serta sunrise yang indah saja, tapi juga pemandangan kota yang berada di bawahnya. Bagi yang ingin menginap, maka bisa camping di puncak bayangan.

3. Air Terjun Goa Semar

Air-Terjun-Goa-Semar

Tempat wisata di Salatiga yang tidak boleh luput dari kunjungan Anda ke kota ini adalah Air Terjun Goa Semar. Lokasinya masih di Sepakung, tepatnya di Dusun Srandil.

Untuk mencapai tempat ini, maka Anda harus melewati areal perkebunan kopi. Karena letaknya yang berada di tengah hutan belantara, air terjun ini masih sangat asri.

Apalagi, Air Terjun Goa Semar juga masih sepi dari pengunjung. Jadi, cocok sekali dijadikan pilihan untuk bersantai. Tapi karena tidak ada penjual makanan di area air terjun, sebaiknya pengunjung membawa bekal sendiri.

4. Gunung Telomoyo

Gunung-Telomoyo

Berbeda dengan gunung lainnya, puncak Telomoyo bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi yang tidak kuat mendaki tapi ingin merasakan keindahan ala puncak gunung, maka Telomoyo wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, sebaiknya berangkat pada saat cuaca cerah.

5. Prasasti Plumpungan

Prasasti-Plumpungan

Bagi yang gemar melakukan wisata sejarah, maka Prasasti Plumpungan yang merupakan cikal bakal Kota Salatiga ini harus Anda kunjungi.

Terukir di atas sebuah batu andesit besar, prasasti yang berada di Dukuh Plumpungan ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 1264 tahun. Hal ini dikarenakan terdapat angka tahun 750 M di prasasti.

6. Desa Wisata Tingkir Lor

Desa-Wisata-Tingkir-Lor

Salatiga memang tidak dapat dipisahkan dengan cerita rakyat Jaka Tingkir. Hal tersebut pula yang membuat pihak pemerintah daerah terinspirasi membuat objek wisata dengan nama Desa Wisata Tingkir Lor.

Letaknya ada di Kecamatan Tingkir, dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Di tempat ini Anda bisa membeli berbagai macam kerajinan tangan khas Salatiga.

Desa Tingkir Lor menyajikan pemandangan dan suasana khas pedesaan yang asri. Anda dapat melihat kegiatan bertani, hingga menyaksikan kesenian tradisional seperti drumblek di tempat ini.

7. Sumber Mata Air Senjoyo

Sumber-Mata-Air-Senjoyo

Wisata alam Umbul Senjoyo adalah salah satu ikon Salatiga yang harus dikunjungi saat Anda berada disana. Tempat pemandian alami ini bukan hanya menawarkan aktivitas air seperti berenang saja.

Lebih dari itu, disini pengunjung dapat berenang dan mandi bersama ikan-ikan yang menghuni umbul. Tentunya ini akan jadi pengalaman yang unik.

Selain itu, Anda juga bisa piknik bersama keluarga di pinggir umbul. Apalagi, suasananya memang masih asri dengan pepohonan dimana-dimana.

Dijamin akan membuat moment ini jadi lebih menyenangkan. Menariknya, wisatawan yang datang tidak akan diminta untuk membayar uang retribusi alias gratis. Bagaimana, tertarik untuk datang ke Umbul Senjoyo?

8. Gedung Papak

Gedung-Papak

Bagi yang menyukai bangunan tua atau historical building, maka Gedung Papak yang ada di Jalan Sukowati, Salatiga ini bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan.

Menurut sejarahnya, gedung tersebut telah ada sejak 1877 silam, tidak mengherankan kalau kesan kunonya juga sangat kuat. Sayangnya, bangunan ini tampak kotor, dan tidak terawat.

9. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata-Salib-Putih

Salib Putih merupakan satu dari beberapa tempat wisata di Salatiga yang paling terkenal.

Dari pusat kota Salatiga, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 15 menit saja, karena letaknya memang berada di kaki Merbabu. Selain memiliki spot foto dan taman bunga yang indah, Salib putih juga mempunyai area outbound serta penginapan.

Supaya lebih puas, maka Anda bisa memilih untuk bermalam disini. Apalagi, di Salib Putih terdapat sebuah hotel dengan fasilitas infinity pool seperti resort di Bali.

Dijamin akan membuat Anda tidak mau pulang. Ditambah lagi, pengunjung bisa sekaligus berwisata kuliner disini, jadi seperti tempat wisata yang all in one.

Baca Juga: Wisata di Jawa Tengah Terfavorit

10. Rumah Hobbit

Rumah-Hobbit

Konsep rumah bergaya Hobbit sepertinya memang sedang naik daun. Di Salatiga, Anda juga bisa menemukannya di area Kalibeji.

Selain spot foto Rumah Hobbit, pengunjung dapat mencoba berbagai wahana lain yang ditawarkan, diantaranya adalah : Outbound, Fighter Kids, Sapi Perah, Aquarium, Aqua 4Life, Pin Ball, dan Flying Fox Fighter.

11. Mama Farm, Hidroponik Garden

Mama-Farm-Hidroponik-Garden

Seperti namanya, perkebunan ini akan mengajarkan pengunjung mengenai cara memanfaatkan media tanam sayuran hidroponik.

Disini, Anda dapat menemukan berbagai jenis sayuran yang ditanam dengan ramah lingkungan, dan tentunya kualitasnya bagus. Mama Farm terletak di Jalan Pudak Sari, Karangduwet – Kota Salatiga.

12. BHC – Bukit Harapan Cuntel

BHC-Bukit-Harapan-Cuntel

Meskipun namanya kedengaran cukup aneh, namun tempat wisata di Salatiga ini tetap layak untuk dikunjungi. Daya tarik Bukit Cuntel terletak pada keberadaan sebuah pohon pinus gundul yang menjulang hingga 7 meter.

Sementara itu, di tengah pohon dibangun rumah kayu yang Instagramable. Anda yang gemar berselfie, wajib datang ke kawasan wisata BHC ini.

13. Lapangan Pancasila

Lapangan-Pancasila

Terletak di Jalan Ahmad Yani, Lapangan Pancasila yang lebih hits dengan nama Simpang Lima Semarang ini adalah ikon Kota Salatiga.

Karena berada di pusat kota, akan sangat mudah bagi Anda menemukan tempat ini. Disini, Anda bisa menghabiskan waktu dengan menonton aktivitas masyarakat di malam hari, sambil mencicipi jajanan khas Salatiga.

14. Candi Klero

Candi-Klero

Meskipun tidak semegah candi Prambanan atau Borobudur, namun candi yang berdiri di Ngentak Lor, Klero ini bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan.

Candi Klero sendiri terletak di area pedesaan yang masih asri dengan pepohonan mengelilinginya, jadi udaranya segar dan sejuk. Disini, Anda bisa berfoto sekaligus mencari tahu sejarah pembangunan candi.

15. Goa Maria

Goa-Maria

Selain menjadi objek wisata religi untuk penganut Katolik, tempat ini juga dibuka untuk publik. Goa ini sudah berdiri sejak tahun 1954, dimana Anda dapat melihat patung Bunda Maria di dalam goa.

Selain goa, pengunjung bisa sekalian melihat-lihat berbagai diorama yang memang mengisahkan beberapa kejadian dari Alkitab.

16. Wisata Kuliner Jalan Sudirman

Wisata-Kuliner-Jalan-Sudirman

Tempat wisata di Salatiga yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu kuliner di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kawasan ini, Anda dapat menemukan berbagai makanan khas seperti sate kambing muda, dan wedang ronde yang dijamin akan membuat lidah bergoyang. Harga makanan disini juga sangat bersahabat, jadi tidak perlu merasa khawatir.

17. Bandungan Flower Garden

Bandungan-Flower-Garden

Siapa sangka ternyata Salatiga juga memiliki kebun bunga yang cantik. Lokasinya ada di Jetis, Bandungan.

Objek wisata di Salatiga ini dibangun pada ketinggian 1200 mdpl, jadi udaranya sejuk sekali. Selain menyuguhkan pemandangan bunga jenis krisan dari berbagai jenis, Bandungan Flower Garden juga merupakan tempat budidaya buah, dan sayuran.

18. Langen Tirta Muncul

Langen-Tirta-Muncul

Tempat wisata dengan konsep education atau pendidikan ini bisa jadi alternatif solusi kunjungan bersama keluarga tercinta.

Disini, pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas menarik, seperti area kolam pemancingan ikan, kolam renang untuk anak, wahana becak air, TV, kereta mini, hingga restoran terapung dimana Anda bisa bersantap siang disana.

19. Kandhang Galeri

Kandhang-Galeri

Galeri seni ini berada di pusat Kota Salatiga. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan karya dari Ign Galeri.

Pembangunan Kandang Galeri sendiri didedikasikan untuk Angga yang telah meninggal beberapa tahun silam karena pendarahan otak. Berbagai karya seperti sketsa, lukisan, patung, hingga barang keseharian milik Angga juga dipajang disini.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Salatiga

20. Pemandian Alam Muncul

Pemandian-Alam-Muncul

Objek wisata air dibangun dengan luas 20 X 40 meter persegi. Letaknya ada di Jalan Raya Muncul, Rowoganjar dan dapat dilihat di GPS.

Air yang ada di kolam mengalir langsung dari sumber alami. Jadi, jangan kaget kalau Anda juga menemukan ada ikan-ikan kecil yang menemani berenang. Hal tersebut akan menjadi keunikan tersendiri dari Alam Muncul.

21. Atlantic Dreamland

Atlantic-Dreamland

Water Park andalan tempat wisata di Salatiga ini memiliki fasilitas umum cukup lengkap yang diperuntukkan bagi pengunjung.

Selain itu, wahana airnya juga lumayan beragam, ada water boom, water toys, bombom car, water ball, game center, jet coaster, balon loncat, flying fox, dan bioskop 4D. Tempat ini perfect sekali dijadikan solusi untuk liburan bersama keluarga.

22. Tlogo Plantation

Tlogo-Plantation

Bukan hanya menawarkan penginapan, namun kawasan ini juga merupakan sebuah tempat agrowisata yang cukup menarik.

Pengunjung dapat mengikuti aktivitas tour di perkebunan kopi, sekaligus melakukan beragam kegiatan seperti para petani. Paket trip di Tlogo Plantation meliputi : Flyingfox, bioskop the park, jeep, view taman kota, dan sebagainya.

23. Kolam Renang Kalitaman

Kolam-Renang-Kalitaman

Objek wisata rekreasi berada di Jalan Kalitaman, Kutowinangun Kidul – Kota Salatiga.

Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan kolam renang lain, namun Kalitaman adalah kolam tertua di Salatiga. Pada tahun 1948 silam, Kalitaman dijadikan tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional.

24. Gunung Gajah Mungkur

Gunung-Gajah-Mungkur

Gajah Mungkur memang bukan tempat wisata di Salatiga, tapi lokasinya tidak jauh dari kota ini. Rute pendakian puncak Gunung Gajah Mungkur dapat dilakukan melalui Sukoharjo.

Untuk sampai di atas, Anda hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit. Jadi, cocok juga dijadikan ajang menguji kemampuan bagi pemula yang berencana mendaki real mountain.

Dari atas, Anda bisa menyaksikan pemandangan berupa persawahan nun jauh di bawah.

Apabila cuaca cerah, pendaki juga bisa melihat Gunung Lawu yang megah di sisi timur laut, lengkap dengan langit biru yang seakan bersentuhan dengan puncak gunung. Satu hal lagi, dataran tinggi ini juga mempunyai fenomena sunset yang memukau.

25. D’Emmerick

DEmmerick

Sebenarnya D’Emmerick adalah sebuah hotel mewah yang berada di Kumpulrejo – Kota Salatiga. Namun berbeda dengan hotel biasa, D’Emmerick menawarkan fasilitas menarik untuk pengunjung.

Ada kolam renang outdoor, taman yang luas, area outbound lengkap dengan spot panahan, flying fox, high ropes, hingga ATV.

26. Kopeng Treetop Adventure

Kopeng-Treetop-Adventure

Objek wisata petualangan yang ada di Jalan Raya Kopeng – Batur ini menawarkan aktivitas outbound menarik dan seru.

Totalnya ada 88 tantangan, 8 sirkuit, 24 wahana flying fox, serta giant tarzan jump yang dapat dicoba oleh pengunjung. Bagi Anda yang gemar melakukan berbagai kegiatan sport jantung, Kopeng Treetop Adventure harus dikunjungi.

27. Arrowhead Park

Arrowhead-Park

Taman hutan alami ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Dataran sempit yang dipenuhi rimbun pinus udang, dikelilingi perairan jernih dengan dasar berpasir hitam, serta pasir putih yang mengelilingi hutan.

Sekilas memang tampak seperti sebuah kepala. Tempat wisata di Salatiga ini sangat sempurna bagi Anda yang suka hunting foto pemandangan alam.

28. Air Terjun Umbul Songo

Air-Terjun-Umbul-Songo

Umbul Songo berada di Desa Kopeng, Getasan – Salatiga. Dengan ketinggian 15 meter, air terjun ini memang belum begitu dikenal, bahkan oleh masyarakat lokal.

Dikelilingi dengan tebing dan rimbun hutan, berada di Umbul Songo memang bisa membuat betah. Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp. 5.000.

29. Bukit Cinta

Bukit-Cinta

Lokasi objek wisata ini masih berada di sekitar Rawa Pening. Saat memasuki kawasan bukit ini, maka Anda akan disambut patung kepala ular yang berukuran sangat besar.

Dengan bagian tubuh yang berusaha melingkari bukit. Pastinya Anda sudah tahu kan, kalau patung ular ini merupakan filosofi simbol dari legenda terbentuknya Rawa Pening.

30. Air Terjun Goa Semar

Air-Terjun-Goa-Semar-30

Tempat wisata di Salatiga yang tidak boleh luput dari kunjungan Anda ke kota ini adalah Air Terjun Goa Semar. Lokasinya masih di Sepakung, tepatnya di Dusun Srandil.

Untuk mencapai tempat ini, maka Anda harus melewati areal perkebunan kopi. Karena letaknya yang berada di tengah hutan belantara, air terjun ini masih sangat asri.

Apalagi, Air Terjun Goa Semar juga masih sepi dari pengunjung. Jadi, cocok sekali dijadikan pilihan untuk bersantai. Tapi karena tidak ada penjual makanan di area air terjun, sebaiknya pengunjung membawa bekal sendiri.

31. Kopeng Paintball

Kopeng-Paintball

Suka bermain tembak-tembakan seperti yang ada di video game? Kopeng Paintball bisa menjadi alternatif solusi untuk melampiaskan hasrat Anda.

Tempat ini menyediakan berbagai perlengkapan seperti tentara. Namun, tentunya peralatan yang disewakan sudah sesuai standar. Kopeng Paintball sangat cocok dijadikan solusi wisata bersama anak tersayang.

32. Benteng Pendem

Benteng-Pendem

Sedikit bergeser dari Salatiga, Anda bisa mengunjungi objek wisata Benteng Pendem. Dibangun sejak masa kolonial, benteng yang mempunyai nama asli Fort Willem I ini sudah eksis sejak 1834.

Namun meskipun usianya sudah lebih dari seabad, benteng ini masih berdiri tegak seolah tidak terkikis oleh perubahan waktu.

33. Hutan Pinus Kayon

Hutan-Pinus-Kayon

Tidak jauh dari Salatiga, tepatnya di Desa Batur, Kecamatan Getasan – Semarang, Anda juga bisa menemukan tempat wisata kekinian yang sedang hits. Namanya hutan pinus Kayon, disini Anda bisa berswafoto dengan background lebatnya pepohonan pinus yang cantik. Ditambah lagi, tempat ini memiliki udara yang sejuk, dijamin betah berlama-lama.

Baca Juga: Cafe di Salatiga Instagrammable

34. Goa Rong Tuntang

Goa-Rong-Tuntang

Meskipun diberi nama Goa Rong Tuntang, namun di tempat wisata di Salatiga ini tidak ada goa sama sekali. Sebaliknya, objek wisata ini adalah sebuah bukit yang memiliki gardu pandang dengan pemandangan begitu memukau.

Area ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum berupa gazebo, mushola, taman, dan juga warung penjual makanan.

35. Tirto Argo Sirawak

Tirto-Argo-Sirawak

Kolam renang yang dilengkapi dengan seluncuran ini juga dibuka untuk masyarakat umum. Disisi lain, pengunjung juga akan dimanjakan dengan ember tumpah, dan juga kolam ikan.

Kolam renang yang berlokasi di Jalan Tirto Argo, Brangkah – Ungaran Barat ini sangat pas dijadikan sebagai area rekreasi dan bersantai bersama keluarga.

36. Umbul Sidomukti

Umbul-Sidomukti

Tempat wisata yang bertengger pada ketinggian 1.200 mdpl ini merupakan pilihan menarik untuk menghabiskan akhir pekan Anda.

Ada berbagai aktivitas seru yang dapat dipilih oleh pengunjung disini, mulai dari bersantai sembari menyesap kopi, berenang di kolam dengan pemandangan menakjubkan dari atas dataran tinggi, hingga bermain flying fox.

Untuk sampai kesini, maka Anda bisa mengandalkan GPS. Lokasinya sendiri ada di Sidomukti, Bandungan, Jimbaran. Tiket masuk ke tempat wisata di Salatiga satu ini hanya Rp. 5.000 saja. Jadi, memang bisa dibilang sangat murah.

37. Gunung Slamet

Gunung-Slamet

Kemegahan Gunung Slamet memang bukan isapan jempol belaka. Gunung terbesar di Jawa Tengah ini letaknya tidak begitu jauh dari Salatiga.

Bagi Anda yang menyukai tantangan ekstrim, maka tak ada salahnya mencoba kemampuan dengan mendaki Gunung Slamet. Namun, disarankan supaya tidak naik sendiri karena sangat berbahaya.

Memiliki jalur pendakian yang sulit ditaklukkan, Anda akan disuguhi pemandangan memukau.

Kawah aktif Gunung Slamet yang mengepulkan asap tebal, hutan lebat di sepanjang jalan naik, bunga keadian yaitu Edelweis yang tumbuh subur di sabana, pasti akan membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan.

38. Gedung Pakuwon

Gedung-Pakuwon

Anda yang menyukai wisata sejarah dan mengagumi historical buildings, maka wajib berkunjung ke Gedung Pakuwon.

Gedung ini adalah saksi bisu dari terselenggaranya Perjanjian Salatiga antara Pakubuwono II, Pangeran Sambernyowo, dan juga pemerintah kolonial Belanda di tahun 1757.

39. Cemoro Sewu Sepakung

Cemoro-Sewu-Sepakung

Masih tentang Sepakung, desa wisata ini juga mempunyai sebuah destinasi bernama Cemoro Sewu. Dari atas sini, pengunjung bisa menyaksikan indahnya lembah hijau, dan perbukitan yang membentang luas.

Sejauh mata memandang, nyaris tidak ada view perkotaan sama sekali. Jadi, kesan alami dan wild forest sangat terasa.

40. Saloka Theme Park

Saloka-Theme-Park

Salah satu tempat wisata di Salatiga yang worth to visit selanjutnya adalah Saloka Theme Park.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Salatiga, karena berada di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, yang merupakan jalur lintas Salatiga dan Semarang. Taman rekreasi ini digadang-gadang sebagai theme park terbesar yang ada di Kabupaten Jawa Tengah.

Saat memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah bangunan megah berkonsep antik yang menjadi pintu masuknya.

Wahana yang ditawarkan juga tidak kalah menariknya dari Ancol. Jadi, recommended sekali untuk dikunjungi. Apalagi, jika Anda suka dengan game dan petualangan.

41. Selasar Kartini

Selasar-Kartini

Ingin membaur dengan aktivitas masyarakat Salatiga secara langsung? Taman kota yang dikenal dengan nama Selasar Kartini ini bisa menjadi tempat nongkrong pilihan Anda.

Jaraknya tidak begitu jauh dari Tugu Jam Tamansari, maupun Lapangan Pancasila Salatiga. Jadi, dapat dengan mudah ditemukan, bahkan oleh pengunjung non lokal sekalipun.

42. Gumuk Reco

Gumuk-Reco

Tidak jauh dari kota Atlas, Anda dapat melipir ke objek wisata kekinian Gumuk Reco. Letaknya berada di pegunungan Telomoyo, jadi bisa sekalian mengunjungi puncaknya yang terkenal.

Selain menikmati pemandangan alam eksotis, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana ekstrim. Salah satunya adalah ayunan langit yang berada di ketinggian 80 m.

Selain itu, ada juga spot yang fotogenik, yakni rumah pohon yang bertengger di tinggi 17 m. Tiket masuk Gumuk Reco sangatlah murah yaitu Rp. 5.000 saja.

Tapi untuk menikmati semua fasilitas yang ada disana, pengunjung bisa mengambil paket wisata lengkap yang dibanderol di kisaran harga Rp. 150.000 /orang.

43. Eling Bening

Eling-Bening

Fancy restaurant yang diberi nama Eling Bening ini memang cukup tersohor. Bukan hanya dikalangan masyarakat lokal, namun juga luar kota.

Dibangun di atas sebuah bukit, konsep modern resto berbalut nature ini menjadi favorit banyak orang. Tidak mengherankan kalau Eling Bening selalu ramai oleh pengunjung, baik hari biasa maupun akhir pekan.

Mulai dibuka untuk umum di tahun 2015 lalu, keindahan view yang ditawarkan Eling Bening membuatnya sukses jadi restoran paling megah di Jawa Tengah.

Disini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Rawa Pening, hingga pegunungan Merbabu dan Merapi yang menjulang. Supaya bisa mendapatkan point view bagus, sebaiknya pilihlah spot di rooftop.

44. Tempat Wisata di Salatiga – Air Terjun Kalipancur

Air-Terjun-Kalipancur

Suka pemandangan alam yang masih asri? Air Terjun Kalipancur harus menjadi salah satu objek wisata kunjungan Anda.

Dari Terminal Jaka Tingkir Salatiga, jarak tempuhnya hanya sekitar 15 km saja. Jadi, tidak sampai 30 menit sudah bisa sampai disini. Namun untuk mencapai titik air terjun, pengunjung masih harus mendaki sekitar 900 anak tangga lagi.

Tapi rasa lelah dan pegal akan langsung terbayarkan ketika melihat kucuran air dari atas tebing batu. Dikelilingi hutan lebat yang hijau, Anda bisa merasakan suasana alami dan sejenak melupakan keriuhan kehidupan di kota.

Sebaiknya Anda membawa baju ganti dan bekal ketika kesini, jadi bisa sekalian mandi dan piknik di pinggir air terjun.

45. Ondo Langit

Ondo-Langit

Pernah mendengar tentang wisata ekstrim di Gunung Tianmen, China? Ondo Langit yang berada di Desa Sepakung ini bisa dibilang sebagai kembarannya.

Dihimpit pegunungan dengan lereng yang terjal, pengunjung akan merasakan adrenalin terpacu ketika menapaki jalan setapak kayu yang berada tepat di lereng gunung, dan jurang curam tepat di bawah.

Bagi penggemar petualangan yang menantang, maka wajib datang ke Ondo Langit.

Dijamin akan merasakan pengalaman berbeda, yang tidak akan dapat ditemukan di tempat lain. Meskipun begitu, jangan terlalu khawatir karena pengunjung akan dipandu guide profesional.

Ada begitu banyak tempat wisata di Salatiga yang dapat dijadikan referensi liburan Anda selanjutnya. Eksotisme alam yang menggoda, keindahan seni serta budaya, kulinernya yang lezat, dan masyarakatnya yang ramah.

Dijamin akan membuat Anda merasa dimanjakan oleh Kota Atlas ini. Jika Anda kebetulan mampir di Jawa Tengah, jangan lupa juga untuk menyambangi Salatiga.

Leave a Comment

error: Content is protected !!