47+ Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal dan Terbaik

Berbicara mengenai tempat wisata di Jawa Tengah memang tidak akan ada habisnya. Selain budayanya yang kompleks, provinsi ini juga dianugerahi dengan kekayaan sejarah, kuliner, dan bentangan alam mempesona.

Tidak mengherankan kalau Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan wisata populer, baik dari kalangan wisatawan lokal maupun luar negeri.

Daftar Isi Artikel
45 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

45 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

1. Candi Borobudur – Magelang

Candi-Borobudur-Magelang

Candi Budha terbesar di dunia ini merupakan ikon Jawa Tengah yang paling terkenal. Kemegahannya akan membuat siapapun terpukau.

Tidak mengherankan kalau destinasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.  Meskipun telah berdiri selama ribuan tahun, Borobudur seolah tidak pernah kehilangan pesonanya.

Candi ini sendiri terletak di Borobudur, Magelang – Jawa Tengah. Jika Anda berangkat dari pusat kota Semarang, maka harus menempuh jarak sekitar 100 km.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari. Kalau mempunyai budget lebih, disarankan menginap di Manohara hotel. Jadi, bisa menikmati sunrise atau sunset yang magnificent.

2. Candi Prambanan – Klaten

Candi-Prambanan-Klaten

Prambanan merupakan kawasan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia, yang masih berdiri megah melambangkan kejayaannya di masa lampau.

Meskipun telah dipugar berkali-kali pasca Gempa, namun candi Prambanan tidak pernah kehilangan pesonanya.

Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah, Klaten dengan Yogyakarta. Jadi, letaknya memang strategis.

Selain candi, komplek ini juga dilengkapi dengan taman hijau yang luas, serta tempat penangkaran rusa. Cocok sekali untuk dijadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Magelang

3. Lawang Sewu – Semarang

Lawang-Sewu-Semarang

Terletak di tengah kota Semarang yang penuh dengan hiruk pikuk. Bangunan tua berlabel angker ini menjadi destinasi wisata sejarah yang tidak boleh dilewatkan.

Gedung bekas kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij yang dibuka sejak tahun 1907 dibangun dengan perpaduan style Jawa dan Eropa sangat kental.

4. Dieng Plateau – Wonosobo

Dieng-Plateau-Wonosobo

Nama Dieng Pleateau memang sudah sangat famous. Apalagi kawasan wisata ini menawarkan beberapa spot pemandangan alam mengagumkan.

Mulai dari kemegahan Gunung Prau, keindahan sunrise dan sunset yang dapat dinikmati dari Puncak Sikunir, Telaga Warna, Kawah Sikidang, hingga kompleks Candi Arjuna yang berdiri sejak abad 8 M.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Wonosobo

5. Air Terjun Jumog – Karanganyar

Air-Terjun-Jumog-Karanganyar

Jumog Waterfall adalah salah satu tempat wisata terbaik di Karanganyar. Adanya jembatan di tengah sungai bawah air terjun membuat Jumog tampak lebih eksotis dan Instagramable.

Setelah selesai mandi di kolam air terjun dan merasa lebih segar, Anda juga bisa sekalian piknik dan bersantap di warung pinggiran sungai. Dijamin akan terasa lebih nikmat.

6. Candi Cetho – Karanganyar

Candi-Cetho-Karanganyar

Tempat wisata di Jawa Tengah lainnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Cetho. Karena berada tepat di area lereng Gunung Lawu, bangunan candi peninggalan zaman Majapahit ini memiliki hawa sangat sejuk.

Bahkan di beberapa moment kabut tebal akan menyelimuti kawasan candi sehingga membuatnya tampak seperti melayang di atas awan.

7. Goa Jatijajar – Kebumen

Goa-Jatijajar-Kebumen

Berbeda dengan goa lain yang identik dengan kegelapan. Goa Jatijajar yang berada di kecamatan Ayah, Kebumen ini sebagian area di dalamnya sudah dipasangi lampu.

Selain stalagmit, stalagtit, tiang kapur, dan patung-patung dengan beragam bentuk. Jatijajar juga mempunyai empat sendang yang masing-masing berada di sisi goa berbeda.

8. Goa Petruk di Kebumen

Goa-Petruk-di-Kebumen

Goa kapur yang digadang-gadang sebagai goa terindah di nusantara ini letaknya tidak begitu jauh dari Jatijajar. Karena track-nya yang lumayan ekstrim.

Untuk memasuki Goa Petruk, maka Anda diharuskan menyewa peralatan keamanan seperti sepatu boot, baju anti air, headlamp, helm pelindung, dan tentunya juga menggunakan jasa pemandu.

9. Pantai Menganti Kebumen

Pantai-Menganti-Kebumen

Selain wisata goa, Kebumen juga memiliki destinasi lain yang tidak kalah indahnya. Salah satunya adalah Pantai Menganti yang sudah cukup tersohor.

Selain menawarkan panorama pasir putih yang indah, dan lautan biru membentang. Pesona Pantai Menganti juga dapat dinikmati melalui puncak bukit di atasnya, jadi spot fotonya ada banyak sekali.

10. Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai-Karang-Bolong-Kebumen

Nama pantai ini terinspirasi dari karang bolong yang ada di tebing pantai. Meskipun tidak begitu populer, namun pantai dengan pasir hitam ini bisa menjadi pilihan relaksasi terbaik.

Anda bisa berenang di bibir pantai yang tenang, atau hanya bermain air saja. Menariknya, saat ini sudah dibangun berbagai spot foto kekinian di kawasan Pantai Karang Bolong.

11. Pantai Lampon – Kebumen

Pantai-Lampon-Kebumen

Wisata pantai lain yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kebumen adalah Lampon Beach.

Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota, namun Pantai Lampon menawarkan keindahan yang dijamin tidak akan membuat pengunjung menyesal. Selain pantai berpasir putih, disini Anda juga bisa mendaki ke atas bukit, atau menjelajahi goa.

12. Karimun Jawa – Jepara

Karimun-Jawa-Jepara

Destinasi wisata eksotis yang masih termasuk wilayah administrasi Jepara ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda, bukan?

Kepulauan Karimun Jawa memang sangat populer dikalangan traveler, baik lokal maupun mancanegara. Selain menawarkan keindahan laut beserta flora dan fauna yang menawan, Karimun Jawa juga mempunyai pantai mempesona.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Jepara

13. Gunung Sumbing – Temanggung

Gunung-Sumbing-Temanggung

Menempati peringkat sebagai gunung tertinggi ke-3 di Pulau Jawa. Gunung Api Sumbing memang tidak terlalu ramah untuk pemula.

Oleh sebab itu, bagi yang belum pernah mendaki, sebaiknya tidak nekat untuk menaklukkan Sumbing. Dengan medan cukup berat, Sumbing menawarkan keindahan pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Bukan hanya padang sabana yang memukau, pendaki juga bisa melihat kawah di puncak Sumbing. Apabila hari cerah, maka bisa dilihat deretan gunung-gunung lain, seperti Merapi, Merbabu, dan Sindoro yang mengelilinginya.

Mendaki Sumbing sudah pasti menjadi tantangan yang membawa kepuasan tersendiri bagi para pecinta aktivitas pendakian.

14. Gunung Slamet – Banyumas

Gunung-Slamet-Banyumas

Suka dengan tantangan yang menguji adrenalin? Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Siapa yang belum pernah mendengar kemegahan Gunung Slamet? Gunung vulkanik aktif ini memiliki medan terjal yang sulit didaki. Sebagai gunung tertinggi ke-2 di Pulau Jawa, tentunya Slamet menawarkan pemandangan luar biasa.

15. Gunung Merapi – Magelang

Gunung-Merapi-Magelang

Merapi adalah salah satu gunung favorit para pendaki, meskipun hanya memiliki ketinggian 2.930 mdpl, namun jalur pendakiannya terkenal sulit ditaklukan.

Meskipun panorama dan keindahan Merapi sudah sangat mendunia, namun gunung juga merupakan volcanic mountain paling berbahaya karena sering mengalami erupsi.

16. Gunung Andong – Magelang

Gunung-Andong-Magelang

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Gunung Andong memang cukup populer, terutama dikalangan para pendaki. Menjulang dengan ketinggian 1.726 mdpl, Andong menawarkan keindahan alam mempesona.

Apalagi, dari puncak bukit Anda dapat melihat jajaran gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau. Selain itu, Andong juga bisa jadi alternatif untuk nge-camp.

Untuk menuju puncak Andong, pendaki diharuskan melalui jalan setapak kecil yang di sisi kanan dan kirinya adalah jurang.

Tentunya hal ini sangat menguji adrenalin, namun sesuai dengan kepuasan batin yang akan didapatkan setelah berhasil mencapai puncak.

17. Baturaden – Banyumas

Baturaden-Banyumas

Siapa yang belum pernah mendengar nama objek wisata Baturaden? Legenda mengenai Lutung Kasarung dari Baturaden memang sudah terkenal di seantero negeri.

Taman ini dibangun di lereng Gunung Slamet, dan suasananya sangat sejuk dan asri. Tidak heran kalau banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang suka menghabiskan waktu disini.

Baca Juga: Tempat Wisata di Purwokerto

18. Kebun Teh Kemuning – Karanganyar

Kebun-Teh-Kemuning-Karanganyar

Destinasi wisata satu ini juga merupakan favorit banyak wisatawan yang berkunjung ke Karanganyar.

Menariknya, kebun teh Kemuning juga menawarkan beragam spot foto menarik, diantaranya adalah : Lembah Katresnan, Bukit Ganduman, Taman Kemuning, Tanggul Asri, dan Taman Bintang yang Instagramable.

19. Goa Lawa – Tegal

Goa-Lawa-Tegal

Menyukai petualangan ekstrim? Tumpukan batuan yang menjulang di tebing Goa Lawang wajib Anda masukkan dalam bucket list.

Dari atas puncak batu, pengunjung dapat melihat hamparan pemandangan hutan hijau, dan pedesaan di kejauhan yang sangat indah.

Meskipun mendaki puncak batu ini diperbolehkan, namun dianjurkan kepada pengunjung supaya waspada. Apalagi di musim penghujan, dimana bebatuan menjadi licin, dan sulit didaki. Goa Lawa terletak di Desa Harjawinangun, Balapulang, Tegal – Jawa Tengah.

20. Curug Bentar – Tegal

Curug-Bentar-Tegal

Curug yang terletak di Desa Bentar ini memang tidak terlalu tinggi. Namun perpaduan air yang mengucur merayapi dinding tebing dengan kolam bawah tanah, dan pemandangan hutan hijau di atasnya akan membuat Anda merasa seperti berada di surga.

Menariknya lagi, walaupun di siang hari yang terik, tapi Anda bisa tetap terlindung dari panas karena tebilan yang mengelilingi curug. Paparan matahari yang dari sela-sela pohon yang menerangi curug akan membuat tempat ini menjadi semakin eksotis.

21. Kalibaya Park – Brebes

Kalibaya-Park-Brebes

Kawasan Taman Kalibaya merupakan arena outbond yang menawarkan banyak sekali spot menarik.

Mulai dari wahana seru seperti jembatan gantung, body jumping, ayunan ekstrim di atas bukit, hingga gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan mengagumkan. Bagi pecinta petualangan outdoor, maka wajib datang ke Kalibaya Park di Kabupaten Brebes.

22. Wadas Kelir – Tegal

Wadas-Kelir-Tegal

Bekas tempat penggalian pasir ini merupakan background foto yang sangat Instagramable. Permukaan perbukitan batu yang seolah dilukis secara abstrak ini, memang kelihatan seperti sebuah karya seni sangat indah.

Tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal dengan nama Wadas Kelir ini berada di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal.

23. Kawah Candradimuka – Banjarnegara

Kawah-Candradimuka-Banjarnegara

Bagi yang menyukai dunia pewayangan pasti sudah tidak asing dengan nama Kawah Candradimuka. Karena salah satu tokoh paling saktinya, yakni Gatotkaca mendapatkan kesaktian dari kawah yang terletak di gunung Lawu tersebut.

Menariknya, kawah ini berada tepat di bawah gunung, yakni pos 2, jadi untuk melihatnya tidak harus mendaki ke puncak.

Candradimuka terdiri atas tiga kawah aktif, dimana untuk mencapainya Anda diharuskan menuruni anak tangga yang licin. Perjalanan juga akan lebih sulit karena adanya kabut yang berasal dari panas kawah.

Belum lagi bau belerang yang sangat menyengat. Jadi, pastikan kalau Anda tidak memiliki riwayat penyakit pernafasan jika hendak berkunjung kesini.

24. Telaga Dringo – Banjarnegara

Telaga-Dringo-Banjarnegara

Meskipun kurang dikenal, namun pesona Telaga Dringo yang terletak di Kabupaten Banjarnegara ini tidak perlu dipertanyakan.

Selain bersantai menikmati keindahan telaga, Anda juga bisa camping di pinggiran telaga yang dikelilingi hutan asri ini. Namun, untuk bisa sampai kesini, maka pengunjung harus mendaki selama kurang lebih dua puluh menit.

25. Goa Terawang – Blora

Goa-Terawang-Blora

Selain menawarkan keindahan alam, Goa Terawang juga menyimpan sejarah dari zaman kerajaan hingga masa penjajahan Indonesia.

Goa yang dapat ditempuh dengan waktu 3 jam dari Semarang ini terdiri dari 6 kompleks. Namun bagian induk adalah yang paling mempesona, karena bagian dalam goa bawah tanah ini terpapar sinar matahari.

26. Kampoeng Air Kragilan – Boyolali

Kampoeng-Air-Kragilan-Boyolali

Berencana liburan ke Boyolali bersama keluarga tapi belum tahu mengenai destinasi yang family friendly? Jangan khawatir, karena Kampoeng Air Kragilan bisa menjadi solusinya.

Objek wisata berkonsep alam ini didirikan di atas sungai yang sudah disulap jadi tempat rekreasi kekinian. Disini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan masakan khas Boyolali.

27. Gunung Selok – Cilacap

Gunung-Selok-Cilacap

Selain akrab dengan berbagai cerita mistis yang menyelimutinya, faktanya Gunung Selok adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah dengan panorama sangat indah.

Kawasan Gunung Selok menawarkan pemandangan hutan asri, dan juga spot foto di puncak gunung, dimana Anda dapat melihat hamparan persawahan, serta lautan yang biru di kejauhan.

28. Gunung Muria – Kudus

Gunung-Muria-Kudus

Bukan hanya menawarkan pemandangan gunung yang indah. Kawasan Gunung Muria juga terkenal sebagai tempat wisata religi, hal ini dikarenakan pesanggrahan salah satu dari Wali Songo, yaitu Kanjeng Sunan Muria berada di atas puncak gunung.

Selain dengan mendaki, untuk menuju ke pesanggrahan juga dapat dilakukan dengan menggunakan jasa ojek.

29. Pantai Pasir Kencana – Pekalongan

Pantai-Pasir-Kencana-Pekalongan

Tempat wisata di Jawa Tengah yang terletak di Pekalongan ini menyuguhkan keindahan laut menawan. Bukan hanya itu, ada juga akuarium berukuran besar berisi berbagai jenis biota laut. Kalau membawa anak-anak, maka bisa sekalian liburan sambil belajar.

Baca Juga: Makanan Khas Pekalongan

Pantai ini berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Pekalongan, jadi hanya butuh beberapa menit saja kalau ditempuh dengan kendaraan bermotor. Bagi yang sedang mencari oleh-oleh ikan segar juga bisa mencarinya di kawasan pantai Pasir Kencana ini.

30. Curug Bajing – Pekalongan

Curug-Bajing-Pekalongan

Selain wisata pantai, Pekalongan juga memiliki destinasi indah lain. Salah satunya adalah Curug Bajing. Curug dengan ketinggian 70 meter ini menawarkan pemandangan alam, dan hawa sejuk yang dijamin membuat pengunjung jadi betah berlama-lama.

Lokasi curug ini berada di Desa Tlogopakis, Pekalongan. Karena letaknya cukup jauh dari area pemukiman penduduk, keasrian curug juga tetap terjaga. Selain mandi di curug, wisatawan bisa juga bersantai menikmati semilir angin dan suara air terjun yang merdu.

31. Pantai Blendung – Pemalang

Pantai-Blendung-Pemalang

Seperti namanya, Pantai Blendung berada di Desa Blendung, Ulujami, Pemalang. Pantai berpasir hitam ini menawarkan pesona matahari terbit, dan matahari tenggelam yang indah.

Selain berenang, Anda bisa berburu kuliner di tempat wisata Pantai Blendung. Ada begitu banyak warung yang menjajakan makanan khas pemalang disini.

34. Masjid Agung Demak – Demak

Masjid-Agung-Demak-Demak

Berdiri sejak abad 15 Masehi silam, Demak Great Mosque yang didirikan Raden Patah ini merupakan salah satu masjid tertua di tanah air. Objek wisata religi yang berada di Kabupaten Demak ini tidak pernah sepi dari peziarah.

Selain berwisata agama, Masjid Demak juga sangat kental akan sejarah dan budaya, ini dapat dilihat dari keberadaan prasasti dengan berbagai karakter disini. Mulai dari bulus yang dikenal Candra Sengkala Memet, yang berasal dari tahun 1401 Saka.

35. Goa Urang – Grobogan

Goa-Urang-Grobogan

Jika kebetulan singgah di Grobogan, maka jangan lupa untuk menyambangi Goa Urang. Apalagi, kalau Anda memang menyukai aktivitas caving atau menjelajahi goa.

Menelusuri goa bawah tanah yang gelap dan lembab dijamin akan menguji adrenalin Anda. Meskipun terbilang aman, namun sebaiknya tetap memperhatikan keamanan sebelum masuk.

36. Patung Ganesha Raksasa – Grobogan

Patung-Ganesha-Raksasa-Grobogan

Selain Goa Urang, Grobogan juga mempunyai objek wisata lain, yaitu patung Ganesha raksasa yang berada di posisi tidur.

Patung berwarna emas dengan panjang 11 m, dan tinggi 4,5 m ini diletakkan pada halaman Balai Desa Banjarejo. Jadi, mudah sekali menemukannya. Patung Ganesha raksasa ini sudah menjadi ikon Kabupaten Grobogan.

37. Pantai Cahaya – Kendal

Pantai-Cahaya-Kendal

Objek wisata andalan Kabupaten Kendal ini memang wajib disambangi jika kebetulan berada disana.

Pantai Cahaya bukan hanya menyuguhkan pemandangan berupa lautan biru saja, tapi juga berbagai arena bermain yang pasti akan disukai anak-anak. Ada begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan selain menikmati keindahan pantai.

Di samping itu, tempat wisata di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi ini juga menawarkan beragam fasilitas menarik.

Salah satunya ATV, atraksi lumba-lumba, wahana air terjun Niagara yang bisa jadi solusi berenang aman, kemudian ada juga mini zoo. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

38. Pulau Gede – Rembang

Pulau-Gede-Rembang

Bosan dengan keriuhan kota dan ingin menikmati keindahan alam tanpa gangguan? Pulau kecil tak berpenghuni yang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dari Desa Wates, Kaliori ini bisa menjadi solusinya.

Sesampainya di Pulau Gede, Anda akan disajikan pemandangan berupa pantai pasir putih, dan keindahan laut khas pulau, serta kawasan hutan mangrove.

Selain bermain di bibir pantai dan berenang, Anda juga bisa menyelam untuk melihat terumbu karang Pulau Gede.

Jika cuaca sedang cerah, maka Anda dapat menyaksikan kemegahan Gunung Muria di kejauhan. Untuk sampai ke pulau ini, pengunjung bisa menyewa kapal nelayan dengan tarif sekitar Rp. 250.000 /hari.

39. Taman Bunga Kutabawa – Purbalingga

Taman-Bunga-Kutabawa-Purbalingga

Meskipun tidak seterkenal Taman Selecta Malang, dan Taman Begonia Bandung, namun keindahan Taman Bunga Kutabawa yang berada di kaki Gunung Slamet ini tidak perlu dipertanyakan.

Disini, pengunjung akan dimanjakan dengan ratusan varieta bunga yang berwarna-warni, serta berbagai ornamen unik yang Instagramable.

Dari pusat kota Purbalingga, Taman Kutabawa hanya berjarak 17 km saja, jadi memang tidak begitu jauh. Selain kecantikan bebungaan mekar, udara pegunungan yang sejuk juga akan membuat Anda merasa betah di tempat ini.

40. Desa Wisata Serang – Purbalingga

Desa-Wisata-Serang-Purbalingga

Objek wisata yang berada di Desa Serang, Kabupaten Purbalingga ini memang menjadi favorit masyarakat sekitar, hingga luar kota.

Apalagi, tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah ini juga menawarkan berbagai spot fotogenik. Jadi, bukan hanya sebatas public park saja, namun juga Kampung Kurcaci, Pudang Mas, hingga Lembah Asri.

41. Owabong Waterpark – Purbalingga

Owabong-Waterpark-Purbalingga

Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) merupakan tempat wisata di Jawa tengah berupa rekreasi keluarga yang menyediakan berbagai wahana permainan bertema water park.

Disini, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang dijamin seru, mulai dari kolam renang berukuran besar, waterboom, gokart, papan luncur, kanal arus, dan lain sebagainya.

42. Gunung Kemukus – Sragen

Gunung-Kemukus-Sragen

Sudah menjadi rahasia umum, jika Gunung Kemukus ini sangat erat kaitannya dengan ritual ziarah, dan pesugihan.

Namun terlepas dari semua hal berbau magic tersebut, area ini sebenarnya adalah sebuah tempat wisata religi yang dapat menentramkan pikiran. Apalagi dengan suasana alam yang masih asri, dan tradisionalitasnya begitu kental.

43. Keraton Surakarta Hadiningrat – Surakarta

Keraton-Surakarta-Hadiningrat-Surakarta

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang tidak boleh dilewatkan adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton yang merupakan ikon Kota Surakarta ini masih ditempati oleh Sri Sunan dan bangsawan istana hingga saat ini.

Sebagian kawasan keraton juga dibuka untuk publik yang ingin melihat benda koleksi kesultanan, hingga budayanya yang kental.

Kunjungan keraton dapat dilakukan mulai pukul 09.00 Wib – 14.00 Wib (Senin-Kamis), dan pukul 09.00 Wib – 15.00 Wib (Sabtu-Minggu).

Sedangkan pada hari Jum’at keraton ditutup. Pada hari-hari tertentu, biasanya pihak keraton juga menggelar event kesenian tradisional yang dibuka untuk masyarakat umum.

44. Pantai Karang Payung – Wonogiri

Pantai-Karang-Payung-Wonogiri

Meskipun masih jauh kalah tenar dari Pantai Wampu, namun Pantai Karang Payung tidak kalah mempesonanya.

Pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing karang ini juga nyaris belum tersentuh, karena belum banyak yang mengetahuinya. Bagi yang mencari tempat berlibur penuh ketenangan di Wonogiri, disarankan untuk berkunjung ke Karang Payung.

45. Arung Jeram Sungai Serayu – Banjarnegara

Arung-Jeram-Sungai-Serayu-Banjarnegara

Ada berbagai pilihan tempat wisata di Jawa Tengah yang menawarkan petualangan cukup ekstrim. Salah satunya adalah rafting di sungai Serayu.

Jika ditelusuri, sungai terbesar di Jawa Tengah ini berhulu di Kabupaten Wonosobo, dengan hilirnya di Kabupaten Cilacap. Namun untuk pemula, dianjurkan mengambil level arung jeram yang newbie friendly.

Spot terbaik untuk rafting di Serayu adalah Banjarnegara. Sepanjang perjalanan, peserta rafting akan sangat dimanjakan dengan pemandangan lereng gunung, dan area persawahan yang memukau. Jadi, dijamin aktivitas ini bakal menjadi lebih seru.

46. Tempat Wisata di Jawa Tengah Umbul Ponggok – Klaten

Umbul-Ponggok-Klaten

Objek wisata air yang ada di Desa Ponggok, Klaten – Jawa Tengah ini sangat direkomendasikan untuk kaum milenial kekinian. Pasalnya, ada berbagai spot foto yang unik, dan Instagramable di bawah air.

Apalagi, aktivitas Anda juga akan didampingi oleh ribuan ikan yang hilir mudik. Jadi, dijamin foto akan kelihatan lebih ciamik.

Untuk menikmati keindahan pemandangan bawah air Umbul Ponggok, Anda bisa menyewa peralatan underwater, mulai dari alat diving, snorkeling, hingga kamera underwater. Jadi, tidak perlu repot mempersiapkannya dari rumah, karena semuanya sudah ada disini.

Baca Juga: Cafe di Klaten

47. Candi Plaosan – Klaten

Candi-Plaosan-Klaten

Kalau berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lupa untuk menyambangi Candi Plaosan juga. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari ikon kota Klaten dan Yogyakarta tersebut.

Komplek Candi Plaosan ini dibangun pada zaman kejayaan Mataram Kuno. Menurut cerita yang beredar, candi ini adalah bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramoedyawardhani.

Ini dapat dilihat dari keberadaan sepasang relief (pria dan wanita). Karena keduanya menganut keyakinan berbeda, wajar saja jika Candi Plaosan sangat kental dengan arsitektur Hindu dan Budha.

Jika ingin berkunjung kesini, sebaiknya datang di sore hari, karena fenomena sunset-nya yang mengagumkan sudah sangat terkenal.

Ada begitu banyak tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa memanjakan mata, dan memberikan kepuasan bagi jiwa. Mulai dari destinasi berbau sejarah, budaya, kuliner, hingga keindahan alam.

Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan, dan waktu yang dimiliki saja. Kalau mempunyai waktu luang cukup banyak, maka bisa memulai perjalanan dari ujung Barat ke Timur provinsi Jawa Tengah.

Leave a Comment

error: Content is protected !!