45+ Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaru (Menarik!)

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia, dan memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak heran jika banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang menyuguhkan panorama alam yang sangat menawan.

Selain wisata alam, Anda bisa menjumpai wisata lainnya, seperti: wisata religi, budaya, kuliner, hingga wisata sejarah. 

Banyak wisatawan yang datang ke Sumatera Utara untuk sekedar berlibur menikmati berbagai pesona wisata yang ditawarkan. Setiap tempat wisata menawarkan keindahan dan keunikan yang berbeda-beda.

Jika Anda berencana mengunjungi Sumatera Utara, berikut rekomendasi tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik.

Daftar Tempat Wisata Menarik di Sumatera Utara:

1. Hillpark Sibolangit/ Green Hill City

Hillpark-Sibolangit-Green-Hill-City

Hillpark Sibolangit adalah tempat wisata buatan yang terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting, Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Banyak orang yang menganggap Hillpark Sibolangit adalah Dufannya Sumut. Harga theme park ini terbagi dua, yakni tiket reguler (50.000) dan terusan (90.000).

Sibolangit terbagi 3 tema yaitu:

  • Lost City
  • Toon Town, dan
  • Heritage.

Pada Lost City design arsitektur kuno dan wahana yang ada seperti: roller coaster, kincir raksasa, dll. Toon Town yakni area dengan nuansa kartun anak-anak dengan wahana seperti: mini bombom, ajut-ajut, dll. Heritage dengan wahana permainan dengan zaman kerajaan dan Anda bisa menonton film 4 dimensi.

 2. Danau Toba

Danau-Toba

Tempat wisata di Sumatera Utara yang paling wajib dikunjungi adalah Danau Toba. Danau yang vulkanik yang memiliki kedalaman 1600 meter ini menjadi ikon Sumatera Utara.

Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Danau Toba karena memiliki panorama alam yang menawan dengan suasana sejuk, pegunungan hijau dan hamparan air danau berwarna biru nan jernih.

 Jika berkunjung ke Danau Toba, Anda juga akan menjumpai masyarakat Toba yang sangat ramah dengan tradisi adat istiadat yang masih sangat kental.

Tidak hanya menikmati panorama alam, Anda juga bisa melakukan pendakian gunung, berlayar dengan kapal layar, hingga berkunjung ke Pulau Samosir. 

3. Pulau Samosir

Pulau-Samosir

Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba yang terdiri lebih dari 100 desa. Uniknya, walau berada ditengah danau, tapi Pulau Samosir memiliki 2 danau yaitu Danau Sidihoni dan Aek Natonang yang tidak kalah indah serta menarik wisatawan.

Perkampungan Tomok di Pulau Samosir difungsikan sebagai museum dan Anda bisa menjumpai rumah asli dari Raja Sidabutar.

Ada juga kekayaan Suku Batak yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh, seperti: kain tenun tradisional, baju adat, hingga aksesoris batak.

Jika Anda berada di Danau Toba ada 2 pilihan menuju Pulau Samosir, yaitu jalur darat (melalui Jalan Tele) dan jalur laut menggunakan kapal feri.

4. Kebun Binatang Medan

Kebun-Binatang-Medan

Medan Zoo bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga, lokasinya berada di Jalan Bunga Rampe IV, sekitar 10 menit dari pusat kota Medan.

Ada banyak spesies hewan yang menghuni Medan Zoo seperti mamalia, burung, hingga reptil dan total keseluruhan hewan sebanyak 274 ekor.

 Sebagai tempat wisata, ada berbagai fasilitas penunjang seperti: taman bermain, flying fox, penginapan, toko souvenir, mushola, foodcourt, dan toilet.

Anda juga bisa menunggang kuda untuk mengelilingi Medan Zoo dengan rute tertentu dan pastinya ada pemandu untuk memastikan keselamatan Anda. Jika Anda berminat, maka sediakan uang 15.000/orang sebagai tiket masuk.

5. Taman Buaya Asam Kumbang

Taman-Buaya-Asam-Kumbang

Bagi Anda pecinta hewan reptil, khususnya buaya, wajib mengunjungi Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang.

Penangkaran buaya yang berada di JL. Bunga Raya II, Medan ini menjadi taman reptil terbesar di Indonesia dan menjadi ikon dari ibukota Sumatera Utara.

 Taman yang berada di atas lahan seluas 2 ha ini memiliki lebih dari 300 ekor buaya yang berada di dalam bak yang dikelompokkan berdasarkan usia.

Taman penangkaran buaya ini dilengkapi dengan CCTV untuk menjaga keselamatan bukan hanya buaya tetapi juga pengunjung yang datang. Untuk memasuki Taman Penangkaran Asam Kumbang, Anda perlu menyiapkan uang 6.000/orang.

 6. Danau Linting

Danau-Linting

Danau Linting menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik, karena Danau Linting menawarkan sensasi danau dengan air panas dan bisa digunakan untuk berenang pada spot tertentu.

Danau Linting memiliki luas tanah 1 ha ini menyuguhkan pemandangan yang asri kombinasi hijau pepohonan dengan warna biru air danau.

 Harga tiket masuk wisata Danau Linting, sangat terjangkau seharga 5.000/ orang dan Anda bisa menikmati pemandangan danau dengan menyewa tikar.

Danau Linting berada di 70 km dari kota Medan dan medan jalan cukup berliku. Belum banyak papan petunjuk, jika Anda ingin berkunjung bisa bertanya kepada warga sekitar.

 7. Danau Lau Kawar

Danau-Lau-Kawar

Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung dengan panorama alam yang mempesona seperti panorama alam Danau Toba.

Berada pada ketinggian 2.450 mdpl, sehingga cuaca di Danau Lau Kawar pastinya sejuk. Air danau yang tenang dan dikelilingi pepohonan yang membuat Anda betah untuk berlama-lama disini.

 Anda bisa melakukan kegiatan berkemah di area danau dan banyak juga pendaki Gunung Sinabung yang bermalam untuk istirahat.

Aktivitas lainnya yaitu mengelilingi danau dengan menggunakan perahu rakit/boat. Danau Lau Kawar buka setiap hari selama 24 jam, dan untuk harga tiket masuk sebesar 4.000/orang.

8. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air-Terjun-Telaga-Dwi-Warna-Sibolangit

WIsata alam di Sumatera Utara menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit yang berada di Kabupaten Deli.

Dinamakan Air Terjun Telaga Dwi Warna karena telaga ini memiliki 2 warna yaitu warna biru muda dari belerang dan berwarna putih abu-abu dari kandungan phospor.

Kandungan phospor dan belerang membuat air pada telaga ini tidak boleh diminum.

 Akses untuk mengunjungi wisata alam yang berada di area kaki Gunung Sibayak ini susah, jarak dari kota Medan yakni 75 km dan medan tempuh juga sulit. Semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah yang dan sejuknya Air Terjun Telaga Dwi Warna.

 9. Air Terjun Sipiso-piso

Air-Terjun-Sipiso-piso

Sumatera Utara memang memiliki sejuta pesona dari wisata alamnya, seperti: Air Terjun Sipiso-piso. Nama air terjun ini berasal dari nama dari Tugas yang diberikan untuk tanah Sumatera Utara, yaitu patahan surga.

Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi airnya mencapai 120 meter.

 Panorama alam dari Air Terjun Sipiso-piso amat menawan, perpaduan dari warna air dan hijaunya pepohonan di samping kiri dan kanan air terjun sangat memanjakan mata.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini membutuhkan tenaga yang ekstra karena memiliki 500 anak tangga yang harus dilewati untuk mencapai air terjun

 10. Masjid Raya Al Mashun

Masjid-Raya-Al-Mashun

Masjid Raya Al Mashun menjadi salah satu icon kota Medan selain Istana Maimun. Masjid ini dibangun pada 1906 dan menjadi masjid tertua di Medan.

Design masjid mengkombinasikan gaya Melayu dengan penggunaan warna kuning karena Sultan Deli, Spanyol dengan ornamen pintu yang melengkung serta kaca patri berwarna-warni, dan adanya ornamen India pada dinding masjid.

 Masjid Al Mashun dikelilingi delapan tiang kokoh berbahan marmer dari Italia. Corak India juga dapat dilihat dari mimbar masjid.

Selain pesona bangunan dan corak unik, masjid ini dikenal juga memiliki Al Qur’an yang berusia tua dan bisa Anda temui di pintu masuk jamaah laki-laki. Anda bisa mengunjungi Masjid Al Mashun di Jl. Sisingamangaraja No:61, medan.

 11. Istana Maimun

Istana-Maimun

Tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi peninggalan Kerajaan Deli adalah Istana Maimun.

Istana yang dibanggakan oleh orang Medan ini memiliki luas 2700meter dengan 30 ruangan yang arsitekturnya berbudaya Melayu dengan memadukan India, Islam, italia, dan Spanyol.

Istana Maimun juga berdekatan dengan Masjid Al-Maksum dan Masjid Raya Medan.

Anda bisa melihat berbagai koleksi perabotan kuno, foto keluarga kesultanan Deli, dan berbagai macam senjata jaman dulu.

Lokasi Istana Maimun di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66 dan untuk harga tiket masuk sebesar 3.000/anak serta 5.000/ dewasa.

12. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju-Panas-Dolok-Tinggi-Raja

Mungkin Anda akan bingung dengan nama wisata salju panas. Tapi Anda tidak perlu bingung, karena Salju Panas Dolok Tinggi Raja berupa kawah dengan dominasi warna menyerupai salju.

Wisata ini berupa danau dengan air panas berwarna biru kehijauan. Salju yang dimaksud adalah tanah di kawasan wisata ini yang berwarna putih mirip seperti salju.

Anda membutuhkan waktu 3 jam dengan perjalanan darat dan akan menghadapi jalan yang belum beraspal. Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja gratis tetapi Anda akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan pribadi Anda.

13. Bukit Lawang

Bukit-Lawang

Jika Anda ingin memacu adrenaline dengan berpetualang dengan membelah rumah hingga mengunjungi habitat orangutan, maka Bukit Lawang harus masuk dalam list liburan Anda.

Bukit Lawang berada di Kecamatan Bahorok dengan harga tiket masuk sebesar 5.000/anak.

 Aktivitas menarik dari Bukit Lawang, antara lain: jungle trekking, rafting dan river tubing, melihat satwa langsung dari habitat asli, berinteraksi langsung dengan orang utan, caving, hingga mandi di bawah air terjun.

Anda juga bisa menginap di area Bukit Lawang dengan berbagai pilihan penginapan yang memiliki fasilitas lengkap. 

14. Tangkahan

Tangkahan

Tangkahan memiliki julukan “The Real Hidden Paradise”, karena belum banyak orang yang mengetahui adanya wisata unik di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara.

Tangkahan berupa tanah berbukit dan hutan hujan tropis yang rindang. Suasana di sekitar area wisata ini sangat sejuk dan masih asri. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam. 

Anda bisa melakukan kegiatan seru di Tangkahan, seperti: trekking, berenang, bermain di air terjun. Ada kegiatan unik yang bisa Anda lakukan yaitu menaiki dan memandikan gajah, tentunya Anda akan ada pemandu yang mendampingi Anda.

15. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman-Nasional-Gunung-Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser atau disingkat TNGL adalah kawasan pelestarian alam yang telah masuk pada daftar World Heritage UNESCO.

Taman yang memiliki luas 1.094.692 ha ini terdiri dari berbagai macam ekosistem: mulai dari pantai hingga ekosistem pegunungan yang alami.

Jika berlibur di Taman Nasional Gunung Leuser, Anda akan merasakan tantangan menyusur hutan dan ditemani dengan pemandangan satwa liar yang beragam.

Tidak hanya berpetualang besar dengan melihat habitat asli hewan liar, Anda bisa mengunjungi desa Ketambe yang menawarkan kegiatan seru, seperti mengapung di sungai menggunakan ban.

Harga tiket untuk masuk ke kawasan ini 25.000/orang.

16. Pantai Sorake

Pantai-Sorake

Ikon pariwisata Indonesia yang berada di Pulau Nias adalah Pantai Sorake yang terkenal dengan omah pantai yang besar dengan ketinggian 15 meter.

Pastinya, pantai ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berselancar. Tidak jago berselancar, Anda bisa mengunjungi pantai ini untuk sekedar menikmati pemandangan selancar, berenang, atau berendam.

Anda akan dimanjakan dengan keindahan laut dengan warna hijau kebiru-biruan dengan pasir putih yag berkilau dari sinar matahari.

Di Pantai Sorake Anda bisa menikmati terbenamnya matahari yang memancarkan warna merah dan dipadu dengan warna jingga dan hitam.

17. Danau Siombak

Danau-Siombak

Jika Anda mecari tempat wisata dengan suasana asri dan menenangkan, cobalah untuk berkunjung ke Danau Siombak yang terletak di kota Medan.

Danau Siombak merupakan danau buatan yang berukuran sangat besar karena bekas penggalian tanah timbunan.

Suasana danau sangat tenang dan sunyi, membuat pengunjung akan merasa tenang. Pemandangan lain yang bisa Anda lihat adalah burung Srigunting yang terbang sambil sesekali meyambar ikan.

Kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memancing ikan, mengelilingi danau dengan perahu atau bebek dayung, hingga bermain dengan speedboat.

18. Vihara Gunung Timur

Vihara-Gunung-Timur

Medan memiliki banyak wisata religi, salah satunya Vihara Gunung Timur yang terletak di Jl. Hang Tuah No.16, Madras Hulu, Medan, Sumatera Utara.

Vihara ini adalah kelenteng Tionghoa dengan dengan arsitektur China yang tampak dari pilar diukir huruf China bewarna kuning emas dan lentera China menghias langit-langit. 

Vihara Gunung Timur sangat ramai pengunjung, tidak hanya umat Buddha yang beribadah, tetapi wisatawan lokal atau mancanegara untuk melihat keindahan bangunan vihara.

Anda bisa memotret keindahan bangunan atau merekam tata cara ibadah umat Budha. Vihara Gunung Timur buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

19. Gereja Graha Annai Velangkanni

Gereja-Graha-Annai-Velangkanni

Gereja Graha Annai Velangkanni adalah gereja katolik yang dibuka tahun 2005 dengan desain arsitektur India-Mughal. Sesuai namanya, gereja ini dibangun untuk dipersembahkan kepada Bunda Velangkanni sebagai Bunda Penyembuh.

Gereja dengan sentuhan Hindu ini satu-satunya yang ada di Indonesia, sehingga tidak heran jika gereja ini bisa dibilang sangat unik.

Gereja Graha Annai Velangkanni terbuka untuk umum, pengunjung beragama katolik boleh untuk beribadah ditempat ini atau hanya sekedar mengunjungi untuk melihat keunikan bangunan.

Jika Anda tertarik, gereja ini terletak di Jalan Sakura III No:7-10, Perumahan Taman Sakura, Medan.

20. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha-Vihara-Adhi-Maitreya

Wisata religi tidak kalah menarik dengan tempat wisata alam lainnya di Sumatera Utara, karena Anda dapat melihat berbagai bangunan agama serta sejarah dari agama tertentu.

Jika berkunjung ke Medan, cobalah untuk mengunjungi Maha Vihara Adhi Maitreya yang berlokasi di Jalan Boulevard Utara No: 99, Medan. Suasana di vihara ini sangat tenang dan asri dengan adanya taman yang sangat hijau.

Hunting foto di vihara ini menjadi kegiatan yang sering dilakukan, karena tempat ini menyimpan banyak panorama menarik dan bangunannya memiliki nilai estetik yang tinggi.

Spot yang bisa Anda coba antara lain: Taman Avalokitesvara, area Patung Sang Budha, hingga gerbang vihara yang kokoh berdiri.

21. Rumah Tjong A Fie

Rumah-Tjong-A-Fie

Rumah Tjong A Fie berupa museum yang pastinya memiliki sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Medan.

Rumah yang dibangun tahun 1900 ini memiliki nama yang berasal dari pemiliknya, yaitu Tjong A Fie Mansion yang menjadi tokoh penting di Medan dan sangat dermawan. 

Desain Rumah Tjong A Fei mengkombinasikan gaya bangunan Tiongkok dengan Eropa dan Melaya yang menghasilkan keindahan dan keunikan.

Anda cukup membayar 35.000/orang dan sudah termasuk guide untuk menjelaskan sejarah rumah tersebut. Selain itu, banyak spot menarik yang bisa Anda coba untuk menambah koleksi foto liburan Anda.

 22. Kampung Madras Medan

Kampung-Madras-Medan

Tempat wisata di Sumatera Utara menarik lainnya adalah Kampung Madras atau Kampung Keling. Kampung ini memiliki julukan ‘Little India’ karena mayoritas penduduk yang bermukim adalah orang-orang India yang sudah lama berada di kota Medan.

Kampung yang memiliki luas sekitar 10 ha ini membuat Anda seolah-olah berada di India.

Pemandangan di Kampung Madras salah satunya para wanita yang menggunakan kain tradisional khas India yakni kain sari, sedangkan untuk laki-laki menggunakan sorban.

Ada juga kegiatan tradisional khas India, seperti: Festival Diwali yang bisa menjadi daya tarik pada wisatawan untuk berkunjung ke Kampung Madras.

23. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat-International-Wildlife-Museum-Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery menawarkan koleksi berbagai jenis binatang yang bisa menambah pengetahuan Anda. Koleksi satwa yang ada lebih dari 2000 satwa yang berasal dari berbagai negara.

Binatang yang diawetkan adalah binatang yang awalnya hasil buruan illegal dan ada yang berasal dari sumbangan Lembaga. 

Binatang yang menjadi koleksi museum beraneka macam dari yang berukuran kecil hingga besar, dari hewan khas berbagai daerah/ negara, hingga hewan yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.

Jika Anda tertarik, tiker masuk museum 32.000/orang dan sudah pemandu yang akan menjelaskan secara detail tentang museum beserta koleksinya. 

24. Taman Alam Lumbini

Taman-Alam-Lumbini

Jika Anda ingin melihat patung Pagoda Shwedagon tidak perlu jauh-jauh ke Myanmar, karena patung ini ada di daerah Brastagi tepatnya di Taman Alam Lumbini.

Taman yang memiliki luas sekitar 3 ha ini menjadi obyek wisata dengan keistimewaan yang menarik.Taman Alam Lumbini memiliki daya tarik utama yaitu Replika Pagoda Shwedagon.

Pagoda yang terdapat di taman ini menjadi pagoda tertinggi di Indonesia dan berwarna emas tampak berkilau.

Sekitar area pagoda juga tidak kalah menarik, dengan adanya taman yang dihiasi dengan tumbuhan subur berwarna warni, adanya permainan untuk anak, serta jembatan gantung 20meter yang dihiasi dengan lentera.

25. Taman Salib Kasih

Taman-Salib-Kasih

Taman Salib Kasih merupakan wisata religi yang ada id Sumatera Utara tepatnya di Desa Simorangkir, Kabupaten Tapanuli Utara.

Pada taman ini terdapat salin yang berukuran besar menjulang tinggi yang dibangun untuk mengenang jasa Ingwer Ludwig Nommensen seorang misionaris Kristen.

Pengunjung yang beragama Nasrani dapat berdoa di ruangan khusus dengan suasana yang tenang dan sejuk.

Pohon-pohon pinus mengelilingi taman ini, sehingga udara di taman ini cukup sejuk.

Taman ini berada di ketinggian, sehingga Anda bisa melihat pemandangan Tapanuli yang sangat mempesona. Fasilitas di obyek wisata rohani ini lengkap, dan dibuka secara gratis setiap hari selama 24 jam.

26. Museum Perjuangan TNI

Museum-Perjuangan-TNI

Ingin mengenal perjuangan kota Medan, Anda harus berkunjung ke Museum Perjuangan TNI yang terletak di Jalan KH. Zainul Arifin No.8.

Sebagai wisata edukasi, Museum Perjuangan TNI ramai dikunjungi oleh para pelajar dan terbuka untuk umum setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00-14.30 WIB.

Museum yang diresmikan tanggal 21 Juni 1971 ini menyimpan bukti sejarah yang mampu menggambarkan masa perjuangan, seperti adanya koleksi berbagai alat perang dan senjata api serta lukisan yang menceritakan proklamasi.

Obyek wisata edukasi ini juga cocok untuk hunting foto, karena penataan koleksi museum yang sangat rapi dan memiliki nilai estetik yang tinggi. 

27. Gunung Sibayak

Gunung-Sibayak

Gunung Sibayak memiliki pesona alam yang tidak kalah dengan gunung di Sumatera Utara lainnya.

Gunung ini juga cocok untuk pendaki pemula dan ada 3 jalur pendakian yakni Desa Semangat Gunung, Desa Jaranguda, Jalur 54.

Meskipun ada jalur lain untuk mendaki, ketiga jalur tersebut sudah terjamin keamanannya dan resmi.

Gunung Sibayak memiliki berbagai daya tarik, seperti: Puncak Takal Kuda untuk melihat keindahan Gunung Sinabung dan berburu sunrise.

Kawah Aktif berupa kawah belerang yang dikelilingi dengan batuan lava andesit yang makin mempesona. Pesona suara neraka karena adanya legenda “Suara Neraka” berupa suara gemuruh yang diyakini suara tangisan. 

28. Bukit Gundaling

Bukit-Gundaling

Salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan kota Berastagi adalah Bukit Gundaling yang bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Anda bisa berjalan kaku untuk menyusuri puncak Bukit Gundaling sambil menikmati hembusan angin sejuk dan pemandangan hijau dari perkebunan penduduk setempat.

Pemandangan di Bukit Gundaling tidak menipu karena adanya pemandangan pohon pinus, bunga di sekitaran, miniature dari rumah Batak, dan patung yang memakai pakaian adat Karo, dan Anda juga bisa melihat matahari terbit dan terbenam.

Obyek wisata ini juga menyediakan taman bermain dan toko souvenir dengan harga terjangkau.

29. Desa Lingga

Desa-Lingga

Desa Lingga yang menjadi objek wisata di Sumatera Utara terdapat rumah tradisional berusia 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu.

Bangunan yang menjadi daya tarik para wisatawan ini terbuat dari kayu, bambu, tidak menggunakan pakai dan menggunakan arsitektur masa lalu.

Jika Anda berada di Kota Berastagi, jarak yang harus ditempuh menuju lokasi ini adalah 15 km.

Desa yang berlokasi di Kecamatan Simpang Empat memiliki aksesibilitas yang sudah memadai. Desa Lingga ini buka setiap hari dan sering digunakan untuk syuting atau foto prewedding.

30. Funland Mickey Holyday

Funland-Mickey-Holyday

Tempat wisata di Sumatera Utara yang cocok untuk mencari keseruan bersama keluarga adalah Funland Mickey Holiday.

Kawasan bermain yang berada di kawasan Berastagi  dengan udara dingin yang menyegarkan seperti berada di negeri dongeng. Bangunan taman hiburan berkonsep negeri dongen dengan banyak patung karakter tokoh kartun.

Funland Mickey Holiday menawarkan lebih dari 40 wahana untuk segala tingkat usia dan tentunya dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Wahana seperti Happy Journey dan Grasshopper untuk anak dan orang tua. Jika Anda tertarik wahana menantang bisa mencoba The Scream, Tsunami, hingga TRex.

31. Bukit Kubu

Bukit-Kubu

Bukit Kubu menawarkan sensasi menginap di hotel tua yang lengkap dengan taman rekreasi. Jika Anda tidak memiliki rencana untuk menginap, tetap boleh masuk ke obyek wisata satu ini.

Obyek wisata yang masih satu kawasan dengan Funland Mickey Holiday ini memiliki taman seluas 5 ha dengan pemandangan hijau menyegarkan mata. 

Hotel Bukit Kubu yang menjadi daya tarik wisatawan sudah ada sejak 1910 dan dulu digunakan untuk tempat peristirahatan para pekerja jaman Belanda.

Pesona klasik dan arsitektur gedung dengan gaya Eropi memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Anda akan sangat nyaman berada di tempat wisata ini selain hamparan hijau juga kebersihan lapangan sangat dijaga.

32. Pemandian Soda

Pemandian-Soda

Jika sedang berada di Tapanuli Utara, tidak ada salahnya untuk mengunjungi obyek wisata yang sangat unik yaitu Pemandian Soda.

Mata air dari Pemandian Soda ditemukan oleh Minar Sihite tahun 1973 dan kemudian dirawat hingga menjadi sekarang ini. Dinamakan Pemandian Soda, karena airnya memiliki rasa seperti air soda.

Obyek wisata satu ini memiliki kedalaman 1.5meter dan pada bagian dasar berupa bebatuan dan air pada permandian ini masih terus mengalir.

Permandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tapi belum ada penelitian lebih lanjut tentang khasiat dari air soda di pemandian ini.

33. Air Terjun Sikulikap

Air-Terjun-Sikulikap

Air Terjun Sikulikap berada di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi dan bisa dicapai melalui pintu gerbang yang berada di kawasan Panatapan.

Kawasan Air Terjun Sikulikap memiliki tanah yang curam tetapi oleh pengelola sudah diratakan dan dibuatkan tangga untuk keselamatan pengunjung.

Air terjun ini juga berada di tengah hutan hujan tropis dan Anda juga bisa menjumpai monyet gibbon berkeliaran bebas.

Kebanyakan pengunjung berada disini untuk menikmati keindahan dari air terjun Sikulikap.

Air yang jatuh dari atas akan menghantam batu di bawahnya dan terkadang ada percikan air jika Ada berada di area ini. Anda juga perlu waspada karena batuan di sekitar air terjun sangat licin.

34. Pantai Pandan

Pantai-Pandan

Warga Medan tentunya tidak asing dengan Pantai Pandan karena pantai tersebut termasuk pantai paling populer di Sibolga. Nama Pandan diambil daerah pantai yang berada di Desa Pandan.

Pantai ini memiliki air jernih berwarna biru dengan pasir putih yang halus. Panorama pantai ini juga didukung oleh pepohonan sekitar pantai yang sangat rindang.

Pantai Pandan memiliki ombak yang kecil sehingga aman untuk Anda berenang di sekitar pantai. Jika tidak ingin berenang, cobalah untuk bersantai hingga berjemur dan menikmati pesona Pantai Pandan yang sangat menawan.

Fasilitas di tempat wisata di Sumatera Utara ini lengkap seperti: area parkir, toilet, penginapan, restoran, toko souvenir hingga penyewaan ban.

35. Kebun Raya Tongkoh

Kebun-Raya-TongkohObyek wisata ini menawarkan suasana yang sejuk dan lingkungan yang asri dari pepohonan tinggi yang rindang. Bagi Anda pecinta kegiatan berkebun dan bercocok tanam wisata Kebun Raya Tongkoh tidak boleh Anda lewatkan.

Uniknya dari obyek wisata Kebun Raya Tongkoh, Anda bisa memetik aneka macam buah-buahan yang ada di area ini. 

Tempat wisata di Sumatera Utara ini menyediakan 3 macam buah favorit pengunjung, yaitu buah markisa, buah stroberi, dan buah jeruk.

Selain kegiatan seru memetik buah, Anda juga belajar tentang menanam tanaman yang benar.

 

36.  Museum Pusaka Karo Berastagi

Museum-Pusaka-Karo-Berastagi

Wisata edukasi berupa museum pusaka ini berada di Jalan Perwira Kelurahan Gundaling 1, Kecamatan Berastagi. Sesuai dengan namanya, Museum Pusaka Karo memiliki koleksi benda pusaka yang dimiliki masyarakat suku Karo pada jaman dulu.

 Pengunjung Museum Pusaka Karo dapat mengenal lebih dekat kebudayaan Berastagi secara dekat.

Walaupun berisi benda-benda kuno, obyek wisata ini memiliki manfaat untuk Anda sebagai penambah wawasan akan kebudayaan Indonesia yang beragam.

Museum ini dibuka untuk umum sehingga siapapun bisa berkunjung dan tidak ada biaya sebagai tiket masuk museum.

37. Hobbit’s House Rindu Alam Sidebuk-debuk

Hobbits-House-Rindu-Alam-Sidebuk-debuk

Rumah Hobbit yang berada di kawasan Rindu Alam Resort ini menjadi perbincangan hangat bagi para wisatawan. Awalnya tempat wisata ini adalah pemandian air panas yang dikenal oleh masyarakat Sumatera Utara.

Rumah Hobbit menjadi daya tarik wisatawan karena desain mirip seperti Rumah Hobbit di New Zealand dengan ukuran kecil dan pemandangan hijau sekitarnya.

Jika ingin berkunjung ke Rumah Hobbit, Anda akan menuju kawasan Rindu Alam Resort. Selain bisa berfoto di Rumah Hobbit, Anda juga bisa berendam di pemandian air panas atau menginap di resort tersebut. 

38. The Le Hu Garden

The-Le-Hu-Garden

Salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menjadi perbincangan umum adalah The Le Hu Garden yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Medan.

The Le Hu Garden merupakan wisata taman yang menyegarkan mata karena hamparan tanaman hijau dan bunga yang cantik menghiasi obyek wisata ini.

Ada banyak spot untuk berfoto dengan latar belakang panorama alam yang indah.

Taman ini memiliki 3 tingkatan dan tingkatan paling rendah adalah danau dan tambak. Untuk memudahkan pengunjung menjangkau danau, pihak pengelola membuat tangga setapak.

Adanya pondok yang berada di atas danau yang bisa Anda gunakan untuk bersantai dan menikmati keindahan danau di The Le Hu Garden.

39. Merdeka Walk

Merdeka-Walk

Liburan tidak lengkap jika tidak mengunjungi wisata kuliner khas daerah. Jika berada di Medan, Anda wajib mengunjungi Merdeka Walk yang terletak di Jalan Balai Kota Kesawan.

Obyek wisata ini sangat lengkap dari menu kuliner khas Indonesia hingga menu western food lengkap tersedia. Konsep tempat ini sangat nyaman sehingga Anda akan betah berlama-lama di Merdeka Walk.

Selain menawarkan kelezatan kuliner yang beraneka ragam, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh atau souvenir khas Medan. Merdeka Walk juga banyak dikunjungi karena memiliki spot foto menarik seperti bangunan -bangunan tua yang klasik.

Ada juga game center yang cocok untuk anak-anak dan panggung hiburan untuk live musik. 

40. Wonders Water World

Wonders-Water-World

Wonders Water World adalah wisata keluarga berupa taman air dengan berbagai wahana menarik di dalamnya.

Obyek wisata satu ini menjadi wisata air tersebar di kota Medan dengan total luas area kolam renang mencapai 5,3 ha. Akses wisata permainan ini sangat mudah karena berada di pusat kota.

 Wahana yang ada di Wonders Water World antaralain: Kids Zone, Wahana Superloop, Wahana Mach 5, Kolam arus, Kolam Ombak, Kolam Olympic, Jacuzzi berupa kolam pijat air hangat.

Wonders Water World buka setiap hari yaitu weekday 13.00-19.00 dan weekend 10.00 – 20.00 WIB. Harga tiket masuk juga berbeda untuk weekday 50.000/orang dan weekend 60.000/orang.

 41. Sosmed Café Medan

Sosmed-Cafe-Medan

Ingin berkuliner dengan konsep kekinian, Anda harus mencoba Sosmed Café Medan yang berada di Jalan Abdullah Lubis No 8/20.

Jika Anda memasuki café ini, beragam dekorasi menghiasi ruangan, seperti anak tangga desain dengan grafis logo sosmed (Youtube, Facebook, Snapchat dll). Selain itu, foto menu makanan yang dipajang di dinding dengan konsep instagram.

 Penyajian menu makanan juga unik, makanan disajikan dalam bentuk logo sosmed dan bisa disantap keroyokan.

Dikarenakan konsep desain ruangan dan penyajian menu makanan yang unik, tidak heran jika banyak kaum milenial yang datang untuk kuliner dan hunting foto. Café ini buak setiap hari mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

42. Budaya Resto

Budaya-Resto

Menikmati makanan tradisional Indonesia dengan suasana yang asri, maka Budaya Resto bisa menjadi pilihan yang pas. Konsep dari Budaya Resto adalah terbuka dan arsitektur bangunan yang didominasi dengan bahan kayu.

Area wisata kuliner ini terbagi 3 gazebo yang dikelilingi dengan lahan rumput hijau dan kolam ikan yang menyejukan.

 Menu makanan dan minuman yang disajikan tidak jauh dari menu khas Nusantara, seperti: ayam bumbu rempah, nasi goreng, nasi bakar, gado-gado, dan lainnya.

Untuk harga makanan berkisar antara 50.000-100.000 dan tentunya sangat lezat. Jika Anda berminat mencicipi makanan disini, dapat menuju Jl. Raya Medan-Tanjung Morawa KM 12.5. 

43. Desa-Desa Resto

Desa-Desa-Resto

Jika Anda merindukan konsep restoran ala Bali, ada salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa Anda coba yaitu Desa-desa Resto.

Suasana Bali bisa terlihat dari penggunaan paying bali, lukisan alam yang terpanjang, hingga batu-batu alam. Suasana sekitar resto sangat rindang karena rimbun pepohonan dan pohon bambu besar.

Menu di Desa-desa Bambu bervariasi dari menu khas bali, menu nusantara, hingga western food juga ada.

Pilihan menu yang bisa Anda coba yaitu Ayam betutu crispy, ayam bakar taliwang, bebek bakar, udang lada hitam dan masih banyak pilihan lainnya.

Harga menu makanan per orang kisaran 50.000 – 100.000 dan jam buka resto ini mulai pukul 11.00 – 23.00

44. Kedai Durian Ucok

Kedai-Durian-Ucok

Pergi ke Medan tidak lengkap jika tidak mencicipi buah durian yang terkenal dengan daging durian yang legit dan sensasi rasa yang sedikit pahit.

Salah satu kedai durian yang bisa Anda coba adalah Kedai Durian Ucok yang berada di Jalan Wahid Hasyim.

Kedai durian satu ini paling laris di Medan dan buka pada malam hari sampai subuh. Anda bisa menyantap durian di kedai tersebut atau dibawa pulang.

Menariknya, jika durian yang baru saja dimakan tidak enak, maka boleh untuk menularnya. Anda tidak perlu takut untuk kehabisan buah durian, arena kedai ini selalu menyimpan stoj buah durian dari berbagai daerah.

45. Kedai Kopi Apek

Kedai-Kopi-Apek

Buat Anda pecinta kopi wajib untuk mengunjungi Kedai Kopi Apek yang sangat legendaris di Kota Medan. Kedai kopi ini telah diteruskan hingga tiga generasi.

Banguan dari kedai kopi ini sangat sederhana dan terbagi dalam dua area yakni area untuk meracik kopi dan area khusus untuk pengunjung dengan 3-4 meja kayu kuno.

Kopi khas dari Kedai Kopi Apek adalah kopi sidikalang yang hitam kejar dan bisa dinikmati dengan tambahan susu yang disajikan terpisah.

Untuk menikmati secangkir kopi, Anda juga bisa memesan makanan seperti roti bakar, cakue, atau makanan berat seperti bakmi dan kwetiau. Kedai ini berada di Jalan Hindu No.110 Kesawan, tepatnya di depan pasar Hindu.

 Berbagai rekomendasi tempat wisata di Sumatera Utara tersebut akan menambah kesan dan pengalaman menarik liburan Anda bersama dengan keluarga atau teman.

Persiapkan rencana liburan Anda secara matang, agar Anda bisa menikmati setiap waktu berharga Anda.

Liburan akan semakin seru ketika pikiran menjadi lebih segar dan siap untuk melakukan rutinitas kembali.

Leave a Comment

error: Content is protected !!