10+ Oleh-Oleh Khas Vietnam Ho Chi Minh (Ada Harga)

Anda akan mengunjungi Vietnam?

Maka Anda perlu mengetahui berbagai macam oleh-oleh khas Vietnam yang dapat dibawa pulang.

Terdapat berbagai macam makanan dan berbagai barang yang unik dan menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Oleh-oleh Khas Vietnam (Ada yang Halal)

Vietnam memiliki berbagai makanan tradisional yang layak dijadikan sebagai oleh-oleh.

Namun tidak hanya makanan saja, Vietnam juga memiliki berbagai macam kerajinan yang sangat unik dan dapat Anda pilih sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Berikut rekomendasi oleh-oleh yang menarik dari Vietnam:

1. Ao Dai

oleh-oleh khas vietnam ho chi minh city

Apakah Anda sudah pernah mendengar Ao Dai? Jika belum Ao dai adalah nama dari pakaian tradisional khas Vietnam.

Pakaian ini berbentuk gaun panjang serta sedikit ketat dan dipakai dengan celana panjang. Pakaian ini dapat digunakan oleh laki-laki maupun perempuan dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Namun jika Anda ingin membeli Ao Dai, maka harus menunggu selama 5 hingga 7 hari karena biasanya baju ini hanya dibuat ketika ada pesanan saja.

2. Lotus Seed

oleh oleh makanan khas vietnam

Vietnam sangat terkenal dengan Lotusnya, sehingga wajar jika terdapat berbagai macam produk olahan dari Lotus. Salah satu produk olahan tersebut adalah makanan yang berasal biji Lotus.

Makanan tradisional ini memiliki banyak manfaat,salah satunya adalah memelihara fungsi ginjal, hati, limpa serta  dapat mengurangi insomnia, debar jantung, dan juga kegelisahan.

Jika Anda berminat membelinya, Anda dapat pergi ke pasar Ben Thanh yang menyediakan berbagai macam olahan biji lotus. Salah satu olahan dari biji lotus yang terkenal adalah biji lotus goreng.

3. Banh Pia

oleh-oleh khas vietnam yang halal

Banh Pia sebenarnya hampir mirip dengan Pia yang banyak dijual di Indonesia. Namun jika Pia memiliki banyak varian rasa, makanan khas Vietnam ini hanya memiliki satu varian rasa saja yakni durian.

Jika Anda tertarik untuk membeli Banh Pia ini, Anda hanya perlu mengunjungi supermarket karena memang makanan ini sudah banyak dijual di berbagai tempat.

Harganya yang murah dan mudah dibawa kemana saja juga menjadi nilai tambah makanan ini. sehingga sangat disarankan untuk Anda menjadikan Banh Pia ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Wine dari Ular

oleh-oleh dari hanoi vietnam

Jika Anda sudah bosan dengan oleh-oleh yang biasa saja dan mencari oleh-oleh yang unik dari Vietnam maka wine dari ular dapat menjadi pilihan. Sama seperti namanya, minuman ini terbuat dari ular.

Minuman ini mungkin akan sangat sulit Anda temui di negara lain, namun di Vietnam banyak penjual di pasar maupun toko-toko besar yang menjualnya.

5. Kopi Vietnam

oleh oleh dari vietnam apa

Jika Anda seorang pecinta kopi maka harus mencoba kopi khas Vietnam yang cukup terkenal di kawasan Asia Tenggara.  Kopi khas Vietnam ini bernama Chon dan terbuat dari kopi yang dimuntahkan oleh musang.

Anda dapat dengan mudah menjumpai kopi ini diberbagai tempat di Vietnam karena kopi ini memang selalu ada di toko souvenir maupun supermarket.

6. Teh Lotus

oleh-oleh khas vietnam yang halal

Salah satu olahan lotus yang terkenal dari Vietnam selain biji lotus goreng adalah teh lotus. Teh ini dapat dengan mudah Anda temukan di toko swalayan, toko-toko souvenir dan di pasar.

Teh ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan Anda serta dikenal memiliki aroma yang harum.

7. Lacquerware

oleh-oleh khas vietnam dan harganya

Lacquerware merupakan kerajinan khas Vietnam yang jangan sampai Anda lewatkan. Lacquerware sendiri merupakan seni melukis dan mengukir pada berbagai benda seperti gelas, piring dan furniture.

Tema yang sering dijadikan Lacquerware adalah siluet gadis Vietnam dan keindahan alam di sungai Mekong.

8. Coconut Candy

makanan khas vietnam untuk oleh oleh

Permen kelapa ini sangat terkenal di Vietnam dan menjadi salah satu makanan wajib yang dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Permen ini memiliki dua varian rasa yakni pandan dan durian yang dapat ditemukan hampir seluruh daerah di Vietnam.

9. Coklat Marou

oleh-oleh khas vietnam halal

Marou Chocolate merupakan salah satu produk coklat paling populer di Vietnam bahkan sudah merambah di berbagai negara di Asia, Amerika dan Eropa.

Coklat ini  dapat ditemukan di berbagai exclusive store di kota-kota besar Vietnam. Harga coklat ini memang cukup mahal, namun tentu saja sesuai dengan kualitas dan rasanya.

10. Corn dan Lotus Seed Milk

oleh-oleh khas danang vietnam

Salah satu minuman unik dari Vietnam ini memang sedikit sulit untuk didapatkan karena memang sudah jarang dibuat. Namun, jika Anda ingin membeli susu ini dapat mengunjungi Hoi An Ancient Town di  kedai yang bernama banh mi.

Susu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena jenis susu ini memang hanya ada di Vietnam saja.

Itulah 10 oleh-oleh khas Vietnam yang wajib Anda beli ketika sedang berkunjung ke negara tersebut. Namun ketika Anda sedang berbelanja untuk membeli oleh-oleh tersebut, tidak ada salahnya jika Anda menawar.

Selain itu Anda juga tidak perlu terkejut jika terdapat orang yang mencolek karena hal tersebut merupakan cara para pedagang Vietnam agar para wisatawan tertarik untuk mengunjungi tokonya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!