11+ Oleh-oleh Khas Kamboja (Jangan Lupa Bawa ke Indonesia)

Membawa oleh-oleh setelah berkunjung ke suatu tempat merupakan sebuah kebiasaan yang umumnya dilakukan oleh banyak orang. Salah satu negara yang saat ini menjadi destinasi wisata banyak masyarakat Indonesia adalah Kamboja.

Jika kembali ke Indonesia, maka oleh-oleh khas Kamboja wajib untuk Anda bawa.

Saat ini banyak sekali wisatawan Indonesia yang berkunjung ke negara Kamboja. Apalagi banyak sekali pihak maskapai penerbangan yang menyediakan diskon khusus bagi penerbangan ke Kamboja.

Salah satu destinasi wisata di Kamboja yang menarik wisatawan adalah Angkor Wat. Pusat oleh-olehnya pun sangatlah menarik karena banyak sekali hal unik yang bisa ditemui di sana.

Daftar Oleh-oleh Khas dari Negara Kamboja

Jika berkunjung ke pusat oleh-oleh di Kamboja, maka wajib bagi Anda untuk berbelanja di sana. Ada banyak sekali barang-barang unik khas negara Kamboja yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan juga kerabat di rumah.

Harga untuk sebagian barang tersebut tentu saja sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan setelah liburan.

1. Tikar Tenun

Salah satu oleh-oleh khas yang bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh di Kamboja adalah tikar tenun. Bentuk dari tikar ini sebenarnya hampir sama dengan tikar yang ada di Indonesia.

Namun, yang membedakan tikar khas Kamboja dengan tikar khas Indonesia adalah motif yang ada pada tikar. Motif yang digunakan pada tikar tenun Kamboja merupakan motif yang hanya ada di negara tersebut.

Tikar ini terbuat dari bahan-bahan alam seperti rotan yang dianyam dan disesuaikan motifnya dengan motif khas Kamboja.

Tikar ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat karena unik dan juga memiliki banyak sekali fungsi. Anda dapat dengan mudah menemukan tikar ini di pusat oleh-oleh negara Kamboja di dekat danau Tonle Sap.

2. Sabun dan Lilin Aroma Terapi

Jika Anda mencari oleh-oleh sederhana yang tidak memakan banyak tempat di koper, maka sabun dan lilin aroma terapi adalah solusinya.

Bentuk sabun dan juga lilin aroma terapi yang kecil tidak akan menambah beban bagasi Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa bawaan yang berat dan banyak ketika kembali ke Indonesia.

Sabun dan lilin aroma terapi ini merupakan salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal dari negara Kamboja. Sama seperti Indonesia, Kamboja terkenal sebagai negara penghasil bahan-bahan alam yang berlimpah.

Bahan-bahan alam tersebut oleh warga Kamboja dibuat menjadi sabun dan juga lilin aroma terapi. Contoh sabun dan lilin yang terkenal adalah sabun dan lilin beraroma kampot pepper.

3. Perhiasan Perak

oleh-oleh khas dari kamboja

Membawa perhiasan sebagai oleh-oleh pun bukanlah ide yang buruk. Kamboja terkenal sebagai negara penghasil perhiasan perak yang cukup terkenal.

Perhiasan perak hasil kerajinan negara ini terkenal sebagai perhiasan yang terbaik. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya bila Anda tidak menjadikan perhiasan perak sebagai salah satu oleh-oleh dari Kamboja.

Ada banyak sekali bentuk yang bisa Anda pilih, mulai dari pin, kalung, cincin, bros, dan jenis perhiasan lainnya. Jika kerabat ataupun keluarga diberikan perhiasan khas Kamboja, pastilah akan merasa senang.

Selain itu, perhiasan perak ini tidak akan memakan banyak tempat pada bagasi Anda sehingga tidak akan merepotkan pada saat dibawa.

4. Miniatur Patung

Anda juga dapat membawa miniatur patung sebagai oleh-oleh dari Kamboja. Kamboja terkenal akan kerajinan patungnya.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda menjadikan miniatur patung sebagai oleh-oleh dari Kamboja. Ada banyak sekali jenis patung yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga.

Adanya miniatur patung sebagai oleh-oleh khas negara Kamboja disebabkan oleh kebudayaan negara Kamboja. Kamboja dikenal sebagai negara yang masih kental dengan budaya Buddha nya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kuil-kuil dan juga tempat beribadah orang Buddha.

5. Betel nut Boxes

Barang lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh adalah betel nut boxes. Barang ini hanya bisa Anda temui di Kamboja sehingga cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh. Betel nut boxes ini memiliki motif dan ukiran yang mirip dengan ukiran Jawa. Hanya saja bentuk dan motifnya sangat berbeda jauh.

Karena bentuknya yang unik dan cantik, maka tak ada salahnya untuk menjadi benda ini sebagai salah satu oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke Kamboja. Box ini bisa digunakan sebagai wadah-wadah makanan seperti permen dan roti.

6. Sutra Kamboja

oleh oleh khas negara kamboja

Negara Kamboja ini juga terkenal memiliki kain khas. Kain khas tersebut dikenal sebagai sutra Kamboja. Kain ini masih dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan cara ditenun.

Walaupun dibuat dengan cara tradisional, kualitas yang dimiliki oleh kain ini sangatlah bagus. Sutra Kamboja ini merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh banyak wisatawan.

7. Sampot

oleh oleh khas negara kamboja

Anda juga bisa membawakan kain khas Kamboja lainnya. Kain tersebut bernama sampot. Kain ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan baju khas Kamboja.

Sampot ini dijahit dengan meggunakan benang emas. Hal inilah yang membuat harga sampot menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

8. Syal Motif Khamer

Oleh-oleh lainnya yang bisa Anda bawa ketika berkunjung ke Kamboja adalah syal motif Khamer. Jenis oleh-oleh ini sangat cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Anda bisa menggunakan syal ini sebagai pelengkap fashion. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di pusat oleh-oleh Night Market Siam Reap.

9. Batu Ruby

Oleh-oleh khas Kamboja yang bisa Anda bawa untuk kerabat dan keluarga adalah batu ruby. Batu indah ini sangat mudah Anda temui di Kamboja.

Bentuknya yang indah dan warnanya yang cantik sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, apalagi untuk orang yang Anda sayangi. Namun, Anda harus berhati-hati dalam membeli batu ruby ini agar tidak mudah di tipu oleh penjual.

10. Duwet

Jika Anda mencari oleh-oleh yang hanya bisa ditemui di Kamboja, maka duwet dapat dijadikan sebagai pilihan. Duwet merupakan salah satu jenis buah jamblang yang hanya bisa Anda temui di Kamboja.

Buah ini memiliki cukup banyak khasiat terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, duwet juga bisa membantu dalam mengatasi penyakit asma dan juga diabetes.

11. Kaos

Anda juga bisa membelikan kaos khas Kamboja sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Bahannya yang dingin dan ringan membuat kaos ini sangat nyaman untuk dipakai.

Harga untuk satu buah kaos ini pun sangatlah murah. Oleh karena itu, kaos ini sangat cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh.

Membawa oleh-oleh untuk kerabat dan juga keluarga merupakan budaya yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Namun, pastikan Anda membelikan oleh-oleh secukupnya saja.

Jangan sampai oleh-oleh tersebut justru membuat Anda kerepotan. Anda dapat membeli oleh-oleh yang memiliki ukuran yang kecil saja agar lebih mudah untuk dibawa.

Leave a Comment

error: Content is protected !!