12+ Oleh-Oleh Khas Rusia Paling Terkenal (Makanan, dsb)

Rusia merupakan salah satu negara di benua eropa yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang terkenal. Selain itu, Rusia juga dikenal dengan berbagai makanan dan kerajinan khas nya.

Nah, jika Anda ingin berlibur ke Rusia tidak ada salahnya untuk membeli makanan maupun kerajinan tersebut sebagai oleh-oleh khas Rusia untuk diberikan kepada keluarga.

Salah satu tempat yang terkenal di kalangan wisatawan untuk membeli berbagai souvenir khas Rusia adalah pasar Izmailovsky.

Oleh-oleh Khas dari Negara Rusia

Rusia dikenal dengan berbagai macam kerajinannya yang sangat unik dan motifnya yang cantik. Namun selain terkenal dengan kerajinannya, Rusia juga dikenal dengan berbagi makanan tradisionalnya yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan. Berikut beberapa kerajinan dan makanan khas Rusia yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh:

1. Matryoshka

oleh-oleh barang khas rusia

Matryoshka merupakan salah satu kerajinan berupa boneka kayu khas Rusia yang paling dikenal di dunia. Boneka ini terdiri dari beberapa buah dengan ukuran yang berbeda dan berbentuk lonjong serta bertumpuk.

2. Kaos Kaki Tabani

oleh-oleh khas rusia unisex

Kaos kaki ini merupakan salah satu barang yang wajib Anda beli saat mengunjungi Rusia. Kaos kaki tabani merupakan kaos kaki yang dibuat secara manual serta biasanya dibuat oleh para lansia. Oleh karenanya kaos kaki ini memiliki harga yang cukup mahal.

3. Jam Tangan Raketa

oleh-oleh khas rusia perhiasan tangan

Merupakan jam tangan yang paling terkenal di Rusia dan telah ada sejak lama. Bahkan jam tangan merk Raketa ini dijuluki sebagai jam legendaris Rusia.

Jam ini memiliki desain yang cukup unik yakni memadukan unsur klasik dan modern. Selain itu, jam ini juga diklaim mampu bertahan lama serta memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

4. Imperial Porcelain

oleh-oleh khas rusia berupa cangkir

Merupakan produk porcelain yang sangat populer di Rusia bahkan dunia. Pabriknya pun telah ada dan beroperasi selama hampir tiga abad serta menjadi pabrik pembuat porcelain terlama di dunia dan hanya ada di Rusia saja.

Imperial Porcelain ini juga memiliki motif yang khas dan menjadi identitasnya. salah satu motif yang paling terkenal dari Imperial ini adalah Cobalt Net. Namun, jika Anda membeli produk ini, sebaiknya harus  disimpan dan diangkut dengan sangat hati-hati karena porcelain merupakan barang yang mudah pecah.

5. Selendang Rusia Pavloposadskie

oleh-oleh kain khas rusia

Terdapat berbagai macam selendang yang memiliki beragam bentuk dan motif di Rusia.

Biasanya motif dan bentuk tersebut berkaitan dengan tradisi serta asal daerah selendang tersebut. Salah satu selendang yang paling terkenal adalah Pavloposadskie.

Motif yang biasa digunakan pada selendang ini adalah bunga dengan berbagai warna. Motif ini masih sama dengan yang digunakan oleh para perempuan Rusia sejak 200 tahun lalu.

6. Keramik Gzhel

oleh-oleh khas rusia aneka keramik

Keramik ini sudah ada sejak tahun 1802 dan memiliki motif serta warna yang sangat khas.motif yang biasa digunakan adalah bunga serta warnanya tidak akan jauh dari biru dan putih.

7. Miniatur Palekh

oleh-oleh khas rusia lukisan

Palekh sebenarnya adalah sebuah tradisi membuat kerajinan berupa lukisan diatas kayu.

Tradisi ini sudah ada sejak abad ke 12 dan masih ada hingga saat ini serta hanya terdapat di Rusia saja. Sehingga miniatur Palekh ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

8. Coklat Rusia

oleh-oleh camilan khas rusia

Selain terkenal dengan berbagai karya seninya dari keramik hingga jam tangan, Rusia juga dikenal dengan makanannya. Salah satunya adalah cokelat Babaevsky dan Alenka.

Kedua cokelat tersebut merupakan jenis yang paling terkenal di Rusia. Namun sebenarnya terdapat 800 lebih jenis coklat yang di produksi oleh produsen gula Abrikosov & Sons sebelum terjadinya revolusi.

9. Zefir

oleh-oleh khas rusia bunga tangan

Merupakan salah satu makanan tradisional khas Rusia yang memiliki rasa manis dan berwarna pink atau putih. Tentunya, makanan khas Rusia ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Rusia untuk dibawa pulang.

Zefir ini terbuat dari gula, gelatin, pure apel dan putih telur  sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan manis dan memiliki tekstur yang unik.

10. Mainan Dymkovo

oleh-oleh mainan khas rusia

Mainan ini terbuat dari tanah liat yang dicetak berbagai bentuk menarik seperti hewan dan manusia. Selain itu, mainan ini juga memiliki warna-warna yang mencolok sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pajangan di rumah Anda.

11. Valenki

oleh-oleh khas rusia pelindung kaki

Valenki adalah sepatu boots tradisional Rusia yang terbuat dari bulu-bulu halus dan memiliki warna-warna khas. Meskipun terbuat dari bulu, namun boots ini juga memiliki beragam motif yang menarik.

12. Kosmetik Pure Love

oleh-oleh khas rusia kecantikan

Produk kecantikan dapat menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu produk kecantikan yang terkenal di Rusia adalah pure love.

Pure love merupakan salah satu kosmetik yang legendaris serta terbuat dari bahan-bahan alami.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Rusia dan harganya terlalu mahal, khususnya untuk souvenir yang dijual di pasar Izmailovsky, maka  jangan ragu untuk menawarnya.

Selain itu, Anda juga harus cermat dalam membeli barang-barang tersebut karena tidak menutup kemungkinan jika barang tersebut bukan buatan asli Rusia.

Leave a Comment

error: Content is protected !!