" />

Sudah lama Indonesia memikat banyak turis baik dari dalam maupun luar negeri untuk mengeksplore tiap sudut tempatnya. Negara tropis yang terdiri dari kepulauan indah tidak pernah mengecewakan wisatawan yang ingin berkunjung. Spot-spot wisata semakin hari semakin banyak yang mengedepankan keasrian dan kealamiannya. Dari sekian keindahan alam yang ada, satu surga yang belum diketahui banyak orang ialah Gili Meno Lombok.

Gili Meno Lombok merupakan sebuah pulau kecil. Pulau ini lebih kecil dibanding dengan Gili Trawangan dan Gili Air. Meskipun begitu keindahan tempat ini patut anda kunjungi. Masih sedikit orang yang tahu betapa eksotisnya tempat wisata yang satu ini. Oleh karena itu, pulau ini merupakan tempat strategis bagi wisatawan yang ingin menikmati liburannya dengan tenang.

Ada alasanya mengapa Gili Meno Lombok disebut surga dunia. Bukan hanya pasir pantainya yang putih dan airnya yang jernih. Tapi, ada cukup banyak ojek wisata disana yang bisa anda jelajahi. Belum banyaknya wisatawan yang menjamah pulau ini membuatnya makin istimewa dan cocok bagi keluarga atau pasangan yang baru menikah sebagai destinasi Honeymoon.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gili Meno Lombok

Para wisatawan dapat mengunjungi Gili Meno Lombok mulai dari pagi hari karena akses menuju pulau ini akan berhenti pada sore hari. Belum ada harga tiket masuk yang pasti disana karena kebanyakan wisatawan yang berkunjung menggunakan jasa tour dan travel dengan harga yang bervariasi. Jika menggunakan kapal dari Lombok anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 200.000,00 per orang. Sedangkan jika anda dari Bali, jasa tour dan travel biasanya mematok harga mulai dari Rp.300.000,00 untuk 1-4 orang per kapal sekali jalan.

Wisatawan tidak perlu khawatir berapa uang yang harus dikeluarkan untuk pergi ke Gili Meno Lombok. Saat ini, sudah sangat banyak biro perjalanan yang menawarkan berbagai paket wisata murah. Mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung paket yang dipilih. Selain itu, wisatawan juga bisa membooking jauh-jauh hari transportasi laut melalui beberapa website resmi biro perjalanan.

Daya Tarik Gili Meno Lombok

1. Jelajah Pantai

Jelajah Pantai

Ukuran pulau yang tidak begitu luas membuat Gili Meno Lombok menjadi tempat yang cocok untuk dijelajahi. Mengelilingi pantainya yang indah hanya memakan waktu 90 menit berjalan kaki. Bagi wisatawan yang tidak ingin berjalan kaki bisa menggunakan sepeda dan cidomo. Cidomo sendiri adalah angkutan lokal seperti delman yang biasanya membantu mengangkut barang bawaan wistawan ke penginapan.

2. Danau Asin dan Hutan Magrove

Danau Asin dan Hutan Magrove

Bosan menelusuri pantai anda bisa berganti mengunjungi danau asin yang dikelilingi oleh hutan mangrove. Tenang, danau ini masih berada di kawasan Gili Meno Lombok. Dari ketiga Gili yang ada, hanya tempat inilah yang memiliki danau. Disana anda bisa menikmati senja di beberapa gazebo yang ada atau sekedar berfoto ria karena lokasinya memang sangat indah dan terawat.

3. Snorkling/Diving

Snorkling atau Diving

Seperti kebanyakan pantai, Gili Meno Lombok menawarkan aktivitas menyenangkan seperti snorkling atau diving. Ada beberapa tempat yang menyewakan perlengkapan snorkling dan diving dengan harga yang cukup murah. Bagi anda yang hobi snorkling atau diving disana anda akan dimanjakan oleh jernihnya air, terumbu karang yang masih terjaga, berbagai ikan bahkan hiu karang dan penyu. Anda juga bisa memilih spot yang ingin anda jadikan untuk snorkling dan diving.

Baca Juga Mengeksplor Keindahan si ‘Perawan’ Pantai Padang Bai di Bali!

4. Penangkaran Penyu Laut

Penangkaran Penyu Laut

Tidak hanya Gili Trawangan saja yang menjadi tempat penangkaran penyu, Gili Meno Lombok juga mempunyai penangkaran penyu yang tidak boleh anda lewatkan. Penangkaran penyu di pulau ini sudah berlangsung cukup lama.

Disana anda bisa melihat beberapa kolam yang berisi anakan penyu dengan warna yang menarik. Tempat penangkaran tersebut di bagi menjadi dua, satu menjadi tempat penetasan telur sedangkan satunya lagi merupakan tempat pembesaran tukik atau anak penyu.

5. Taman Burung

Taman Burung

Satu lagi tempat yang bisa anda kunjungi di Gili Meno Lombok yaitu Taman Burung. Letaknya di tengah pedesaan yang masih asri dan ditata semenarik mungkin untuk wisatawan yang suka berfoto. Disana anda bisa melihat berbagai macam jenis burung mulai dari burung beo sampai burung merak. Untuk tiket masuk taman burung anda akan dikenakan biaya sebesar 50.000 rupiah saja.

Fasilitas Gili Meno Lombok

Kendaraan, Selain kapal atau perahu kendaraan yang bisa digunakan untuk berkeliling Gili Meno Lombok hanya cidomo dan sepeda. Cidomo merupakan kendaraan lokal yang membantu wisatawan mengangkut bawaan ke penginapan. Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan sepeda untuk sekedar berkeliling pulau. Ada beberapa tempat yang memang menyewakan sepeda dengan harga yang relatif murah.

Penginapan, banyak sekali penginapan yang bisa anda pilih di Gili Meno Lombok. Dari harga murah sampai yang agak mahal. Untuk hotel, kocek yang harus dirogoh agak sedikit mahal dibandingkan dengan penginapan yang agak jauh dari pantai dan berada di pedalaman. Disana ada pula beberapa penginapan yang harganya bisa anda tawar.

Tempat makan, dan beberapa tempat makan yang bisa anda kunjungi. Beberapa restoran di Gili Meno Lombok menyajikan makanan khas indonesia dan beberapa makanan yang diolah dari ikan. Menu yang cukup populer adalah ikan besar yang dipanggang menggunakan daun pisang. Untuk harga, tidak perlu khawatir karena ada beberapa tempat yang membandrol menu dengan harga terjangkau.

Akses dan Rute Gili Meno Lombok

Letaknya yang berada di antara pulau membuat Gili Meno Lombok hanya bisa di akses melalui perjalanan laut. Untuk pergi kesana anda bisa melihat jadwal yang disediakan biro perjalanan. Ada dua rute yang bisa anda lalui untuk sampai ke pulau ini:

1. Dari Bali

Di Bali ada banyak jasa biro perjalanan menyediakan paket wisata tiga Gili, termasuk ke Gili Meno Lombok. Tidak perlu bingung jika anda ingin mengunjungi Gili Meno saja. Anda hanya perlu menggunakan jasa kapal atau speadboat yang di tawarkan di beberapa agen perjalanan di Bali. Dari Bali anda bisa berangkat melalui pelabuhan Benoa atau Padang Bai.

Baca Juga : Pantai Balian Bali, Sensasi Pasir Hitam yang Jarang di Bali!

2. Dari Lombok

Untuk rute dari Lombok, anda dapat menggunakan kapal dari pelabuhan Bangsal. Perjalanan dari Lombok ke Gili Meno Lombok akan memakan waktu kurang lebih satu jam. Jika anda berangkat dari pelabuhan bangsal, anda harus menunggu sampai kapal terisi penuh penumpang baru bisa berangkat. Tidak mengecewakan karena sesampainya disana anda dapat menikmati surga dunia yang istimewa.

Peta Menuju Gili Meno Lombok (Google Maps)

Hotel Terdekat dari Gili Meno Lombok

1. Balenta Bungalow Gili Meno
2. Les Villas Ottalia Gili Meno
3. Yaya Bungalow Blue Coral
4. Rapa Lumbing Homestay
5. Raisha Bungalow
6. Devine Divers Resort
7. Dinoyin Bugalow
8. AVIA Villa Resort
9. Villa Meno Spa and Beach Resort
10. Balakosa Bungalows

Tips Berwisata ke Gili Meno Lombok

1. Akan lebih baik jika anda melakukan perjalanan ke Gili Meno Lombok di Pagi hari karena akses ke pulau tersebut akan berhenti di sore hari.
2. Karena ukurannya yang cukup kecil dan masih sepinya Gili Meno Lombok dari wistawan belum ada banyak fasilitas yang menunjang di tempat ini. Jika anda ingin berkunjung kesana lebih baik anda menyiapkan uang tunai yang cukup dikarenakan tidak adanya ATM yang tersedia.
3. Akan lebih baik jika anda menyiapkan keperluan pribadi anda sebelum berkunjung ke Gili Meno Lombok, karena disana anda tidak akan menemukan toko.
4. Di Gili Meno Lombok anda tidak akan menemukan motor sebagai kendaraan darat. Jika anda ingin berkeliling akan lebih menyenangkan jika anda menyewa sepeda.