10+ Oleh-oleh Khas Mongolia untuk Dibawa Pulang

Jika Anda mencari negara yang unik untuk dikunjungi, maka Mongolia dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Ada beberapa tempat wisata yang unik yang bisa Anda kunjungi di Mongolia.

Tempat wisata tersebut memiliki pesonanya tersendiri yang membuat Anda menjadi betah berlama-lama di sana. Oleh-oleh khas Mongolia pun cukup mudah untuk di temui di pasar ataupun di pusat oleh-oleh.

Membawa oleh-oleh merupakan hal yang sudah sering dilakukan ketika sesorang berkunjung ke suatu negara. Oleh-oleh tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu kenangan dari negara tersebut.

Oleh-oleh juga biasanya akan diberikan kepada keluarga ataupun sahabat terdekat sebagai cindramata liburan Anda.

Daftar Oleh-Oleh Khas Mongolia

Walaupun tidak seterkenal negara tetangganya seperti Cina, Mongolia sendiri cukup terkenal di aspek pariwisatanya. Oleh-oleh khas negara ini pun masing cukup mudah untuk ditemui.

Walaupun cukup sederhana, oleh-oleh khas ini dapat membuat Anda mengingat keindahan negara kecil ini. Oleh-oleh sederhana tersebut juga bisa Anda berikan kepada para anggota keluarga dan juga kerabat terdekat.

Oleh-oleh khas Mongolia tersebut juga terbilang cukup murah. Hal inilah yang membuat Anda dapat membeli oleh-oleh tersebut dalam jumlah yang cukup banyak tanpa perlu khawatir dengan budget yang tersedia.

Beberapa oleh-oleh khas negara Mongolia yang bisa Anda bawa untuk kerabat dan keluarga terdekat antara lain adalah:

1. Boneka Mongolia

Hal pertama yang bisa dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh dari Mongolia adalah boneka Mongolia. Boneka ini memiliki bentuk yang sangat lucu dan menarik.

Selain itu, wajah dari boneka tersebut sangatlah unik. Karena keunikannya itulah membuat boneka Mongolia menjadi salah satu jenis oleh-oleh favorit bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Mongolia.

Bentuk boneka Mongolia ini pun cukup kecil sehingga sangat mudah untuk dibawa. Permasalahan yang sering dialami ketika membawa oleh-oleh adalah ukurannya yang terlalu besar sehingga akan menambah biaya bagasi.

Namun, jika Anda membeli boneka Mongolia ini sebagai oleh-oleh, maka biaya bagai tambahan tidak akan pernah ada karena ukuran boneka yang kecil.

2. Pajangan Kayu

Mongolia juga terkenal sebagai negara yang memiliki kerajinan pajangan kayu yang unik-unik. Ada banyak sekali bentuk yang bisa dibuat sebagai pajangan.

Pajangan kayu tersebut dibuat dari bahan baku kayu yang memiliki bobot yang cukup ringan. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir jika membawa pajangan kayu tersebut dalam jumlah banyak.

Anda dapat menjadikan pajangan kayu khas Mongolia ini sebagai kenang-kenangan di rumah. Bentuknya yang beraneka ragam dan juga unik dapat membuat Anda mengingat keunikan dari negara Mongolia.

Harga untuk tiap pajangan kayu pun relatif murah. Sehingga budget liburan Anda akan tetap aman walaupun jumlah pajangan yang dibeli cukup banyak.

3. Gantungan Kunci

Jika Anda berniat membawa oleh-oleh dengan ukuran yang kecil, maka gantungan kunci dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Ada banyak sekali bentuk gantungan kunci khas Mongolia yang bisa Anda beli.

Namun, salah satu bentuk yang paling terkenal adalah gantungan kunci berbentuk boneka Mongolia. Walaupun sederhana, tetapi gantungan kunci ini hanya bisa ditemui di Mongolia.

4. Magnet Kulkas

oleh-oleh khas mongolia

Selain gantungan kunci, Anda juga bisa membeli magnet kulkas sebagai oleh-oleh dari negara Mongolia. Magnet kulkas tersebut biasanya berbentuk hal-hal ikonik yang ada di Mongolia.

Karena ukurannya yang kecil, Anda dapat membeli magnet kulkas tersebut dalam jumlah yang banyak. Anda bisa membagikan magnet kulkas tersebut kepada teman-teman di kantor ataupun di sekitar.

5. Topi Wol

Negara Mongolia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah populasi ternak lebih banyak dibandingkan dengan populasi masyarakatnya. Salah satu jenis hewan yang diternakkan adalah domba.

Oleh karena itu, tak heran banyak sekali produk-produk fashion yang terbuat dari benang wol. Salah satu produk fashion tersebut adalah topi wol yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

6. Mantel

Selain topi, Anda juga dapat membeli beberapa mantel untuk orang-orang terdekat. Kualitas dari mantel yang ada di Mongolia ini terkenal sangat bagus.

Hal ini dikarenakan mantel terbuat dari bulu domba yang berkualitas. Adapun harga mantel di negara ini cukup murah sehingga sangat cocok bila dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh jika Anda berkunjung ke Mongolia.

7. Hiasan Tembaga

oleh-oleh khas mongolia

Salah satu komoditas utama yang dimiliki oleh negara Mongolia adalah tembaga. Oleh karena itu, banyak sekali penambang tembaga di negara ini.

Hasil tembaga nantinya akan diolah menjadi berbagai jenis benda. Salah satu benda yang terbuat dari tembaga tersebut adalah hiasan tembaga. Hiasan tembaga tersebut umumnya berbentuk pajangan rumah, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Anda dapat menjadikan hiasan tembaga ini sebagai salah satu oleh-oleh untuk kerabat dekat di rumah. Hanya saja, untuk membawa oleh-oleh ini Anda perlu beberapa tindakan khusus.

Hal ini dilakukan agar hiasan yang Anda bawa tidak rusak selama perjalanan. Ada cukup banyak orang yang menjadikan hiasan tembaga sebagai salah satu oleh-oleh untuk kerabat terdekat di rumah.

8. Perhiasan

Selain tembaga, jenis logam yang cukup banyak dihasilkan oleh negara Mongolia adalah perak.

Karena perak merupakan salah satu komoditas utama di Mongolia, maka ada banyak sekali perhiasan yang terbuat dari perak. Menjadikan perhiasan sebagai salah satu oleh-oleh ketika berkunjung ke Mongolia bukanlah ide yang buruk.

Anda dapat memberikan perhiasan tersebut kepada orang-orang tersayang. Bentuk perhiasan dari Mongolia yang unik dan cantik dapat membuat orang yang Anda sayang menjadi sangat bahagia.

Beberapa perhiasan yang dapat dibeli adalah bros, cincin, gelang, ataupun kalung. Oleh-oleh ini pun sangat ringan untuk dibawa karena ukurannya yang kecil.

9. Kerajinan Tangan Mongolia

oleh-oleh khas mongolia

Anda juga dapat membawa berbagai macam kerajinan tangan khas Mongolia sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga dan juga kerabat di rumah.

Ada banyak sekali jenis kerajinan unik yang bisa Anda bawa. Salah satu jenis kerajinan tersebut adalah vas bunga. Warna dan motif vas bunga yang unik, menjadikannya sangat cocok jika dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh untuk kerabat terdekat.

10. Asinan Bawang Putih

oleh-oleh khas mongolia

Makanan khas Mongolia juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu makanan khas Mongolia yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh adalah asinan bawang putih.

Jenis makanan ini sangatlah unik karena biasanya bawang putih terkenal sebagai salah satu bumbu dapur untuk menambah cita rasa makanan.

Asinan bawang putih ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama.

Selain itu, karena terbuat dari bawang putih, maka makanan ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Keluarga ataupun kerabat Anda pasti akan merasa senang jika dibawakan oleh-oleh seperti ini.

Ketika memilih dan membelikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat, Anda harus selalu memperhatikan jenis oleh-oleh yang akan dibawa. Anda harus menyesuaikan oleh-oleh yang dibawa dengan kemampuan.

Kemampuan tersebut biasanya berhubungan dengan budget yang tersedia dan kapasitas bawaan yang mampu Anda bawa.

Leave a Comment

error: Content is protected !!