48+ Tempat Wisata di Batam (Selain Pantai), Terbaru, Asik, 2020!

Sebagai provinsi yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil, tidak heran jika Kota Batam memiliki banyak destinasi liburan.

Tempat wisata di Batam selalu mempunyai daya pikat tersendiri terutama deretan pulau-pulau dan pantainya.

Wisata bahari di Kota Batam selalu menarik ditelusuri mulai dari tempat wisata, budaya, maupun kulinernya. Anda bisa berlibur ke pulau sekitarnya melalui jalur darat maupun laut.

Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Batam

Sebagai kota modern, Kota Batam juga menyajikan berbagai tren dan elektronik terbaru bahkan salah satu yang tercepat karena dekat dengan negara maju yaitu Singapura. Banyak wisatawan terutama dari negara tetangga menghabiskan akhir pekan di Kota Batam hanya untuk berlibur dan berbelanja di kota ini. Seperti apa tempat wisata di Batam yang menarik para wisatawan tersebut, ini dia daftarnya:

1. Jembatan Barelang

Jembatan-Barelang

Jembatan Barelang merupakan singkatan nama dari pulau-pulau besar yang ada di Kepulauan Riau yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang dibangun oleh mantan presiden Indonesia yaitu almarhum Bapak B.J Habibie yang waktu itu menjabat sebagai kepala Otorita Batam. Jembatan Barelang memiliki 6 buah jembatan mulai dari jembatan 1 sampai jembatan 6.

Banyak warga Batam yang menghabiskan waktu di pinggir jembatan hanya untuk melihat lautan ditemani dengan semilir angin yang berhembus sambil menikmati jajanan yang ada.

2. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina-Batam-Theme-Park

Ocarina Batam merupakan taman hiburan terbesar di Batam dengan luas sekitar 40 hektar. Di tempat ini tersedia banyak wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Ocarina Park ini berada di pinggir pantai, jadi tidak heran jika ada lalu lalang kapal ferry yang menuju ke Singapura. Untuk masuk ke lokasi ini Anda cukup membayar Rp. 15.000 sudah termasuk parkir.

3. Alun-alun Engku Putri

Alun-alun-Engku-Putri

Berada di distrik perkantoran Kota Batam, tak heran banyak masyarakat Batam atau kota lain berkunjung ke tempat ini. Alun-alun ini sering dijadikan tempat olahraga karena tempatnya yang luas dan banyaknya fasilitas gratis yang bisa Anda nikmati disini. Mulai dari wall climbing, bermain skate, lapangan basket, dan di sini juga tersedia taman internet yang bisa Anda akses gratis lho.

4. “Welcome To Batam”

Welcome-To-Batam

Jika datang ke Kota Batam Anda akan melihat tulisan ini diperjalanan setelah keluar dari bandara menuju hotel atau rumah Anda. Tulisan “Welcome To Batam” ini terletak di Bukit Clara, Batam Center. Selain itu, karena berdekatan dengan Pelabuhan Batam Center tidak heran jika kapal yang datang ke pulau Batam akan merasa disambut oleh tulisan tersebut.

Anda bisa berfoto di depan tulisan tersebut dan menikmati makanan yang dari restaurant yang ada di sekitar Bukit Clara.

5. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai-Tanjung-Pinggir

Berada di Kecamatan Sekupang dan dekat dengan pelabuhan, dari Pantai Tanjung Pinggir ini Anda dapat melihat gedung-gedung Singapura yang menjulang tinggi dari kejauhan. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga aman untuk Anda yang ingin sekadar bermain air atau berenang di pantai. Biaya masuk ke pantai ini hanya dikenakan biaya Rp. 10.000 saja.

6. Pancur Telaga Bidadari

Pancur-Telaga-Bidadari

Wisata alam yang belum diketahui banyak orang ada di daerah Muka Kuning. Dikenal dengan nama Pancur Telaga Bidadari. Telaga ini berada didalam Hutan Pancur yang rimbun dan telaga ini memiliki air yang segar serta suasana yang damai ditemani dengan suara kicauan burung di sekitarnya. Akses untuk menuju ke sini tidak sulit, hanya saja cukup jauh dari pusat Kota Batam.

7. Bukit Tanjung Uma

Bukit-Tanjung-Uma

Bukit ini sering juga disebut Bukit Cinta atau Bukit Tanjung Tritip belum ada alasan pasti dari pemberian nama-nama tersebut. Bukit ini berada di dekat pusat perbelanjaan yang ada di tengah kota. Pemandangan kota apalagi pada malam hari memancarkan cahaya-cahaya lampu kota maupun kendaraan yang lewat membuat bukit ini terlihat lebih indah dan romantis.

8. Sea Forest AdventureSea-Forest-Adventure

Sea Forest Adventure yang berlokasi di Jalan Hang Lekiu, Nongsa ini memiliki berbagai permainan outbond air yang sangat seru. Anda bisa bermain trampoline, berseluncur langsung di air laut dan permainan lainnya. Anda juga bisa mencoba bermain jetski atau banana boat di tempat ini bersama teman atau keluarga yang pastinya sangat seru dan melatih kekompakan.

9. Pantai Viovio

Pantai-Viovio

Untuk menuju ke pantai ini Anda harus melewati Jembatan Barelang 5 yang menghubungkan Pulau Rempang dan Pulau Galang. Masuk ke pantai ini Anda wajibkan membayar sebesar Rp. 10.000 dan di pantai ini Anda juga bisa bermain banana boat namun harus mengeluarkan biaya tambahan. Jika ingin wahana gratis, Anda bisa mencoba ayunan yang berada di tepi pantai yang disediakan untuk berfoto.

10. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Taman-Wisata-Habibie-1000-Tangga

Taman wisata ini merupakan tempat kediaman Bapak B.J Habibie ketika tinggal di Kota Batam. Karena terdapat banyak anak tangga, maka nama seribu tangga diberikan sebagai simbolis. Tempat wisata ini memiliki gardu pandang yang langsung mengarah ke laut. Anda bisa melihat kapal barang atau kapal penumpang yang berlalu lalang. Anda cukup membayar Rp. 5.000 saja untuk tiket masuk lokasi ini.

11. Batam Forest Top

Batam-Forest-Top

Tempat wisata di Batam dengan sarana outbond bisa Anda rasakan di tempat ini.

Berbagai mainan di sini dapat melatih saraf-saraf motorik dan ketangkasan Anda mulai dari flying fox, tarzan swing, tandem rope, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk untuk dewasa dikenakan harga Rp. 20.000 dan untuk anak-anak cukup membayar Rp. 10.000.

12. Masjid Raya Batam

Masjid-Raya-Batam

Salah satu wisata religi yang ada di Kota Batam adalah Masjid Raya ini. Keunikan arsitekturnya terdapat pada atap yang berbentuk limas dan bangunan yang berbentuk bujur sangkar. Masjid ini mampu menampung lebih dari 18.000 jamaah mulai dari dalam hingga luar masjid. Ketika memasuki masjid ini suasana terasa sejuk, damai, dan tentram untuk beribadah.

13. Pulau Abang

Pulau-Abang

Melewati Jembatan 6 Barelang, kemudian disambung dengan menaiki perahu boat ke arah selatan Kota Batam, Anda akan sampai di Pulau Abang Besar.

Walaupun namanya besar, pulau ini hanya memiliki penduduk sekitar 1.500 orang saja. Wisata diving dan snorkeling sangat terkenal di sini dikarenakan keindahan laut dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

14. Pulau Mubut

Pulau-Mubut

Pulau Mubut merupakan pulau yang ada di sisi tenggara Pulau Batam dan harus melewati Jembatan Barelang selama 15 menit menggunakan perahu pompong dengan membayar Rp.50.000 per orang untuk tiket pulang dan pergi. Setelah sampai, hamparan pasir putih  dan pantai yang bersih seakan-akan menyambut anda untuk bermain atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Tidak usah khawatir jika anda mulai lapar, berbagai restoran atau tenda-tenda rumah makan dengan harga yang murah pun tersebar di dekat bibir pantai.

15. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan-Wisata-Mata-Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing merupakan nama dari sebuah kebun binatang kecil yang berada di tengah hutan. Hewan-hewan yang ada di sini tidak terlalu banyak seperti bebek, buaya, ular, beruang, dan monyet. Di samping kebun binatang, terdapat banyak wahana permainan yang bisa Anda coba seperti kolam renang, sepeda gantung, ayunan, dan masih banyak lagi lainnya.

16. Bukit Senyum

Bukit-Senyum

Berada bersebelahan dengan Negara Singapura, wajar jika dari Batam terlihat gedung-gedung pencakar langit Singapura yang samar-samar. Jika Anda ingin menenangkan pikiran sejenak, malam hari merupakan waktu yang tepat, sebab dari Bukit Senyum ini Anda bisa melihat hamparan laut dihiasi gemerlap lampu-lampu kapal dan lampu-lampu Negara Singapura yang berwarna-warni.

17. Kampung Vietnam

Kampung-Vietnam

Kampung Vietnam merupakan saksi sejarah di mana Bangsa Indonesia bekerja sama dengan PBB pernah membantu masyarakat Vietnam saat terjadi perang saudara tahun 1979. Banyak bangunan zaman dahulu yang sudah dipugar, namun Anda masih bisa melihat kapal Vietnam yang masih asli seperti saat dulu harus mengarungi Laut Cina menuju ke Pulau Galang ini.

Anda dikenakan biaya masuk ke tempat ini sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuk dan tambahan Rp. 10.000 untuk parkir kendaraan roda empat Anda.

18. Turi Beach Resort

Turi-Beach-Resort

Berlibur ke Batam tidak lengkap rasanya jika tidak menginap di salah satu resortnya. Berbagai resort dengan fasilitas menarik tentunya tidak boleh Anda lewatkan, salah satunya Turi Beach Resort ini.

Resort yang sangat dekat dengan pantai ini menyediakan fasilitas liburan yang sangat menyenangkan, mulai dari kuliner yang disajikan, olahraga air, dan pemandangan lautan sekitar.

19. Pantai Marina

Pantai-Marina

Pantai Marina merupakan pantai paling terkenal di Pulau Batam. Pantai ini sama seperti pantai pada umumnya, namun di pantai ini tersedia sebuah taman yang di peruntukan untuk anak-anak bermain. Selain itu, Pantai Marina ini juga dijadikan pelabuhan untuk kapal-kapal ferry menuju pulau-pulau sekitar Batam. Jadi tidak heran jika Anda melihat ada dermaga di dekat pantai ini.

20. Pantai Nongsa

Pantai-Nongsa

Pantai Nongsa menjadi spot pantai terbaik untuk melihat sunset di Pulau Batam.

Di sini Anda bisa menikmati langit berubah menjadi jingga saat sore hari. Masyarakat Pantai Nongsa merupakan masyarakat asli Melayu yang masih menjaga kelestariannya. Tidak heran jika masakan rumah makan yang ada di sepanjang pantai menyajikan menu seafood dengan bumbu khas yang nikmat.

21. Pantai Panau

Pantai-Panau

Pantai Panau ini berada di dekat perusahaan-perusahaan besar atau perkantoran. Panau sendiri merupakan nama kampung yang ada di dekat pantai tersebut.

Konon katanya, kampung ini merupakan tempat di mana pedagang siak pertama kali datang dengan membawa peradaban Islam. Selain berlibur di pantai Anda juga bisa mempelajari budaya Siak dan Melayu yang sangat kental.

22. Pantai Setokok

Pantai-Setokok

Pantai Setokok merupakan pantai dengan pasir putih yang bersih dan halus. Di pantai ini Anda bisa menyewa permainan seperti kano, banana boat dan peralatan permainan lainnya yang tersedia. Panorama pulau-pulau kecil disekeliling pantai ini juga cukup unik dan jarang ditemukan di pantai lain. Jangan lupa untuk berfoto bersama teman atau keluarga saat datang ke pantai ini.

23. Pantai Melur

Pantai-Melur

Pantai Melur berada di Pulau Galang dekat dengan perkampungan Vietnam yang memiliki nilai sejarah tersendiri.

Pantai yang terjaga kebersihannya ini menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan selain berenang Anda bisa bermain voli pantai, sepak bola, membuat istana dari pasir atau menikmati hidangan seafood yang segar di sekitar pantai.

24. Pantai Dangas

Pantai-Dangas

Banyak yang tidak tahu mengenai Pantai Dangas ini dikarenakan tempatnya yang sangat terpencil.

Pantai ini terlihat ketika airnya mulai surut karena tidak banyak daratan di pantai ini. Anda bisa mencari kepiting kecil atau yuyu, keong, dan kerang-kerang kecil lainnya saat bermain ke pantai ini. Anda perlu sedikit berhati-hati dikarenakan ada beberapa kerikil-kerikil tajam di sini.

25. Kebun Raya Batam

Kebun-Raya-Batam

Kebun raya yang dibangun pada tahun 2014 ini dicanangkan sebagai tempat bermain dan edukasi yang berguna untuk masyarakat luas. Ada hampir 2.500 jenis tanaman yang di tanam di tempat ini. Walaupun masih banyak perbaikan, Anda bisa datang ke tempat ini untuk melihat tanaman-tanaman yang mulai tumbuh dan berbunga.

26. Pantai Bale-bale Nongsa

Pantai-Bale-bale-Nongsa

Pantai Bale-bale Nongsa menjadi salah satu pantai favorit yang ada di Kota Batam. Pantai ini memiliki hutan bakau yang sangat dijaga kelestariannya.

Penjual souvenir atau oleh-oleh khas Batam juga bisa Anda temukan di sini. Selain itu fasilitas seperti flying fox, panahan, perahu kano dan lainnya bisa Anda nikmati di pantai ini.

27. Pantai Café

Pantai-Cafe

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi makan di tepi pantai dengan suasana romantis, Anda bisa mengunjungi Pantai Café ini.

Menyantap makanan dan minuman sambil menikmati sunset di sore hari bersama orang terkasih merupakan hal yang sangat menyenangkan. Hembusan semilir angin dan deburan ombak yang tenang menambah suasana romantis untuk Anda dan pasangan.

28. Pantai Melayu

Pantai-Melayu

Melewati Jembatan 4 Barelang, Anda akan dibawa menuju Pulau Rempang tepatnya di Pantai Melayu dengan jarak tempuh hanya 15 menit.

Menikmati bekal dipinggir pantai bersama keluarga bisa menjadi alternatif liburan murah-meriah yang bisa Anda coba. Pantai melayu dengan suasana yang tenang cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dari rutinitas Anda.

29. Pacific Palace Hotel

Pacific-Palace-Hotel

Salah satu yang unik di Kota Batam adalah hotel berbentuk kapal pesiar dengan arsitektur dan desain yang menyerupai kapal pesiar sesungguhnya.

Jika Anda belum pernah merasakan sensasi menginap di kapal pesiar, Anda bisa coba datang dan menginap di hotel ini. Tidak hanya interiornya, namun para pekerja di hotel tersebut memakai pakaian seperti awak kabin kapal. Seru bukan?

30. Montigo Resort

Montigo-Resort

Di atas lahan seluas 12 hektar, Montigo Resort merupakan tempat di mana banyak villa dengan fasilitas mewah bintang 5 berdiri. Bermain golf, ATV, airsoft gun, dan aktivitas seru lainnya tersedia untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Di sini juga tersedia tempat spa, dinner romantis, dan masih banyak lagi.

31. Pantai Sekilak

Pantai-Sekilak

Memiliki luas sekitar 30 hektar, Pantai Sekilak menjadi objek wisata yang sangat mengesankan dengan hamparan pasir putih dan airnya yang jernih.

Pantai ini dibagi menjadi tiga lokasi wisata yang berdekatan yaitu Tanjung Kedabang, Teluk Penyu, dan Tanjung Mak Dara. Anda bisa menyewa perahu untuk melihat penangkaran penyu di Teluk Penyu.

32. Pulau Petong

Pulau-Petong

Keindahan bawah laut dan lingkungan sekitar pulau ini masih terjaga sangat baik dikarenakan belum banyak yang mengetahui tempat wisata ini.

Berbagai jenis terumbu karang, ikan, dan alga terlihat tumbuh dengan baik di bawah laut. Wisatawan yang datang ke tempat ini juga sudah diberi peringatan untuk menikmati liburan dengan bijak tanpa merusak terumbu karang yang ada.

33. Bukit Piayu Laut

Bukit-Piayu-Laut

Para penikmat senja pasti senang datang ke Bukit Piayu yang berada di Tanjung Piayu ini. Bukit ini selain terkenal sebagai tempat menikmati matahari terbenam juga terkenal kuliner seafood yang segar salah satu yang terkenal adalah gonggong. Untuk rasa Anda tidak perlu khawatir karena ibu-ibu yang ada di sini sudah memasak seafood puluhan tahun lamanya.

34. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid-Muhammad-Cheng-Hoo

Jika Anda ingin mengenal budaya Tiongkok yang membawa ajaran agama Islam ke Indonesia, Anda bisa datang ke masjid Muhammad Cheng Ho yang berada di Kawasan Golden City, Bengkong.

Arsitektur masjid ini mirip dengan kapal yang dipercaya sebagai kapal yang membawa Laksamana Cheng Ho ke Kota Batam. Anda bisa berfoto di depan masjid atau sekadar melakukan sholat di sana.

35. Queen Garden Waterboom

Queen-Garden-Waterboom

Queen Garden Waterboom selalu ramai ketika musim liburan tiba. Banyak anak-anak yang senang datang dan bermain air di tempat ini.

Ada tujuh wahana dengan ketinggian yang berbeda-beda mulai dari seluncur, kiddie pool, lazy river, kolam arus, dan lainnya. Anda juga bisa melihat berbagai jenis burung karena di tempat ini tersedia mini zoo birds.

36. Waterpark Top 100 Tembesi

Waterpark-Top-100-Tembesi

Adanya Waterpark Tembesi memudahkan para orang tua jika musim liburan tiba dan bingung untuk menentukan pilihan liburan dengan permainan yang menyenangkan.

Waterpark Top 100 Tembesi ini dipenuhi dengan wahana yang seru dan menantang terutama bagi anak-anak. Ada air terjun buatan, perosotan air, ember tumpah, dan berbagai wahana menarik lainnya.

Baca Juga: 15+ Cafe di Batam yang Instagrammable, Bagus, dan Murah

37. Pantai Tanjung Bemban

Pantai-Tanjung-Bemban

Pantai Tanjung Bemban ini berada di Kecamatan Nongsa dan dekat dengan Malaysia lho. Tak jarang warga atau wisatawan mendapatkan sinyal dari negara tetangga itu.

Anda bisa melihat matahari terbenam di pantai ini, atau bisa ikut membantu warga sekitar menangkap gonggong ketika air pantai mulai surut. Berdiam sambil mendengarkan deburan ombak juga menyenangkan.

38. Berbelanja Di Komplek Pertokoan Nagoya

Berbelanja-Di-Komplek-Pertokoan-Nagoya

Anda yang suka berbelanja atau ingin mencari oleh-oleh setelah berlibur ke Kota Batam? Anda bisa datang ke komplek pertokoan yang berada di Nagoya ini.

Mulai dari makanan sampai minuman unik bisa Anda temukan di sini. Baju, tas, sepatu, dan barang-barang branded lainnya ada disini. Bahkan makanan dari negara Malaysia atau Singapura juga mudah Anda jumpai.

39. Berbelanja Elektronik Lucky Plaza

Berbelanja-Elektronik-Lucky-Plaza

Tertarik dengan barang-barang black market? Anda bisa datang ke daerah Lucky Plaza yang ada di Kota Batam ini.

Harga handphone pastinya tidak jauh beda dengan harga aslinya, namun di tempat ini banyak handphone bekas dijual dengan harga yang cukup murah. Apalagi mengingat selalu ada handphone baru yang keluar setiap tahunnya.

40. Tempat Wisata Seafood Golden Prawn Batam

Tempat-Wisata-Seafood-Golden-Prawn-Batam

Ingin mencoba olahan seafood yang beraneka ragam ala bintang lima? Anda bisa datang ke Golden Prawn ini.

Berbagai olahan seafood segar dengan bumbu yang beraneka ragam bisa Anda coba dan nikmati terutama udang galah yang cukup besar. Selain bisa menyantap hidangan laut, di sini Anda juga bisa mencoba banyak permainan seperti motorcross, gokart, dan permainan lainnya.

41. Pantai Pasir Putih Mirota Batam

Pantai-Pasir-Putih-Mirota-Batam

Jika libur akhir pekan tiba, ini saatnya Anda mencari destinasi pantai baru yang ada di Kota Batam. Dengan waktu 20 menit melewati Jembatan 4 Barelang, Anda sudah sampai di Pulau Galang baru ini.  Membawa bekal dan juga tikar merupakan hal wajib jika Anda ingin menghemat biaya sekaligus merasakan sensasi makan yang berbeda ditemani suara ombak dan tiupan angin.

42. Harbour Bay Food CourtHarbour-Bay-Food-Court

Jika ingin mencicipi berbagai seafood yang segar dan murah Anda bisa datang ke Harbour Bay Food Court ini.

Di tempat ini menyediakan bermacam-macam seafood dengan harga yang terjangkau. Di sini Anda juga bisa mencoba makanan khas Batam lainnya selain gonggong yaitu mie lendir, otak-otak ikan, prata, dan makanan lainnya yang pasti enak dan mengenyangkan.

15+ Cafe di Batam yang Instagrammable, Bagus, dan Murah

43. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah-Kopi-Fatmawati

Jika Anda sudah pernah mampir ke Ocarina Theme Park, kurang seru rasanya jika Anda tidak mampir ke Rumah Kopi Fatmawati ini.

Berada tepat di atas pantai dan sedikit menjorok ke laut, rumah kopi ini terlihat berbeda dari biasanya. Anda bisa merasakan sensasi menyeruput kopi dengan pemandangan kapal ferry yang melintas. Tidak hanya kopi, di sini juga tersedia minuman lainnya.

44. Pulau Tunjuk

Pulau-Tunjuk

Pulau Tunjuk masuk kedalam Kecamatan Galang, Kota Batam.

Pulau Tunjuk sendiri hanya memiliki luas sekitar 15 hektar dan dihuni hanya beberapa kepala keluarga. Di pulau ini listriknya menggunakan tenaga surya. Anda bisa menyelam atau memancing untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Jauh dari keramaian pulau ini cocok bagi Anda yang ingin menyepi.

45. Tebing Langit

Tebing-Langit

Siapa yang tidak menyukai keindahan saat matahari terbenam sore hari? Hampir semua orang suka melihat panorama alam menjelang malam hari.

Tebing Langit menjadi langganan para sunset hunter untuk bisa menikmati keindahan langit kala itu. Berbagai spot foto unik juga bisa Anda manfaatkan mulai dari kampung Indian, rumah kelinci, pintu langit dan masih banyak lainnya.

46. Pantai Elyora

Pantai-Elyora

Banyaknya pantai di Kota Batam membuat ada beberapa pantai yang belum terjamah manusia. Salah satunya adalah Pantai Elyora.

Walaupun pantai ini mudah ditemukan dengan hanya melewati Jembatan 6 Barelang, namun pantai ini masih sepi dari pengunjung. Pasir putih dan laut yang jernih masih terjaga dengan baik. Ada banyak pilihan wisata yang ditawarkan untuk Anda.

Untuk masuk ke pantai ini Anda cukup membayar Rp. 10.000 namun Anda harus membayar kembali jika ingin menikmati wahana permainan lainnya.

47. Pulau Ranoh

Pulau-Ranoh

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa datang ke Pulau Ranoh yang berada di Pulau Abang, Kota Batam. Walaupun wisata yang terkenal di sini adalah water sportnya, Anda wajib mencoba sensasi berkemah di pinggir pantai.

Tersedia paket untuk Anda yang ingin backpackeran dan juga untuk Anda yang ingin merasakan camping dengan suasana yang mewah.

48. Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Batam

Pa-auk-tawya-vipassana-dhura-hermitage-Batam

Berada di Pulau Rempang, Anda harus melewati Jembatan 4 Barelang untuk sampai di sini. Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage merupakan tempat meditasi menurut ajaran Buddha Gotama.

Arsitektur yang unik dan adanya stupa-stupa yang menghiasi tempat ini membuat suasana seperti berada di Candi Borobudur. Karena ini merupakan tempat meditasi, suasana tenang dan damai pun terasa di sini.

Akses yang mudah dan waktu tempuh yang relatif sebentar membuat para wisatawan dalam negeri dan luar negeri senang datang ke kota ini. Kehidupan malam yang gemerlap dan siang hari yang memukau merupakan perpaduan yang pas. Dengan beragamnya tempat wisata yang bisa dikunjungi, memudahkan Anda dan para wisatawan lainnya memilih tempat apa yang belum mereka datangi di Kota Batam.

Leave a Comment

error: Content is protected !!