49+ Tempat Wisata Di Jawa Barat yang Bagus dan Murah (Sudah Buka)

Wisata Indonesia tidak pernah ada habisnya, Sabang sampai Merauke memiliki keindahannya masing-masing.

Sebagai salah satu provinsi di Pulau Jawa, Jawa Barat memiliki keindahan alam dan budaya sendiri.

Tak heran jika tempat wisata di Jawa Barat selalu ramai saat musim liburan tiba.  Berbagai paket wisata pun dihadirkan untuk menarik minat para pengunjung.

49 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Baru

Banyaknya minat para wisatawan akan keindahan alam Indonesia dan selalu dipadati pengunjung membuat banyak tempat wisata mulai direnovasi bahkan banyak yang baru bermunculan.

Tempat wisata di Jawa Barat jika di eksplor lebih dalam, Anda akan menemukan banyak tempat baru yang belum diketahui banyak orang. Berikut adalah tempat wisata untuk Anda yang menyukai keramaian sampai tempat sepi yang menenangkan:

1. Taman Safari Bogor

Taman-Safari-Bogor

Taman Safari merupakan kebun binatang yang ada di Bogor dengan luas 170 hektar dan memiliki lebih dari 300 spesies hewan, mulai dari hewan khas Indonesia sampai luar negeri.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti memberi makanan hewan-hewan tersebut, berfoto, menunggangi gajah atau kuda, hingga sekedar melihat-lihat dari dalam kendaraan Anda.

Harga tiket masuk Taman Safari ini Rp.150.000 per orang. Di tempat ini terdapat berbagai permainan lain untuk anak-anak mulai dari kincir raksasa, space shuttle, foam ball, kolam bola, rumah hantu dan masih banyak lagi. Berlibur ke taman safari selain untuk menghabiskan waktu libur juga bisa menjadi sarana edukasi mengenal satwa dengan cara yang menyenangkan.

2. Green Canyon Pangandaran

Green-Canyon-Pangandaran

Cukang Taneuh adalah nama yang diberikan untuk Green Canyon yang ada di Indonesia. Jika Green Canyon yang sebenarnya ada di Arizona, Amerika Serikat, Green Canyon yang ini ada di Pangandaran. Pemandangan stalagmit yang menghiasi tempat ini dan Sungai Cijulang yang mengalir jernih di bawah membuat tempat ini sangat nyaman untuk menghabiskan waktu liburan.

3. Stone Garden

Stone-Garden

Tempat ini berada di Padalarang tepatnya di Gunung Masigit. Tempat ini dinamakan Stone Garden karena banyaknya batu-batuan yang muncul ke permukaan secara tidak teratur. Pemandangan terbaik bisa Anda nikmati ketika matahari mulai terbit atau ketika akan  terbenam. Udara sejuk di Stone Garden cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam terbuka.

4. Curug Cikaso

Curug-Cikaso

Curug ini merupakan surga tersembunyi yang ada di Sukabumi. Curug ini memiliki ketinggian 80 meter yang berasal dari tiga titik air terjun yang berbeda-beda. Curug ini cocok untuk Anda yang ingin berendam, berenang atau sekadar bermain air. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini yaitu Rp. 5000 dengan fasilitas warung makan, penjual oleh-oleh, tempat parkir, dan toilet.

5. Kawah Putih

Kawah-Putih

Kawah Putih Ciwidey ini merupakan wisata alam yang berasal dari Gunung Patuha. Danau yang ada di kawah ini berwarna putih, namun ketika siang atau sore hari setelah terkena pantulan cahaya matahari maka warna danau berubah menjadi toska. Harga tiket masuk ke Kawah Ciwidey yaitu Rp.18.000 sementara jika ingin melakukan foto pre-wedding dikenakan biaya Rp.500.000.

6. Tebing Keraton

Tebing-Keraton

Tebing Keraton ini tepat berada diatas hamparan hutan pinus di Kawasan Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda. Banyak pengunjung yang datang sebelum matahari terbit dikarenakan pemandangan terbaik dari atas tebing ini adalah di waktu pagi hari. Tiket masuk lokasi wisata ini dikenakan harga Rp. 15.000 saja untuk menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan

7. Situ Patenggang

Situ-Patenggang

Situ Patenggang berada di daerah Ciwidey Bandung ini berada di ketinggian 1600 mdpl. Wajar jika danau ini memiliki udara yang sangat sejuk. Selain itu, danau ini dikelilingi dengan perkebunan teh yang menambah kesejukan dan keteduhan wisata ini. Tiket masuk wisata ini Rp. 10.000 dan Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau dengan harga tambahan Rp. 20.000 per orang.

8. Pantai Ujung Genteng

Pantai-Ujung-Genteng

Pantai dengan pasir putih, air yang jernih dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset pada sore hari. Jika Anda datang siang hari sembari menunggu waktu sore tiba, Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain di bibir pantai, melihat penangkaran penyu, atau bermain surfing.

Banyak wisatawan khususnya wisatawan asing yang sering melakukan olahraga surfing di sini dikarenakan ombaknya yang cukup tinggi. Harga tiket masuk pantai ini yaitu Rp. 10.000 saja.

9. Arung Jeram Citatih

Arung-Jeram-Citatih

Arung jeram sungai ini memiliki medan dan tingkat kesulitan yang tinggi. Arus sungai yang deras dan juga cukup dalam. Untuk Anda yang ingin mencoba rafting di sini tidak perlu khawatir karena aman dan sesuai dengan standar yang berlaku. Anda bisa memilih jarak arung jeram sesuai yang tersedia mulai dari jarak 9 Km, 13 Km dan 22 Km. Untuk pemula jarak 9 Km sudah cukup.

Walaupun melihat rute yang diberikan kelihatan menyeramkan, namun memacu adrenalin dengan mengikuti rafting ini sangat disukai banyak orang. Buktinya dengan harga Rp. 235.000 untuk rafting tempat ini selalu ramai pengunjung.

10. Alam Panenjoan

Alam-Panenjoan

Berada 19 km dari pusat Purwakarta, Wisata Alam Panenjoan ini merupakan bukit dengan hamparan kebun teh yang sangat luas, luas lokasi ini hampir 100 hektar lho. Berbagai wisata bisa Anda lihat di sini mulai dari panorama sunset dari yang dilihat dari gardu pandang, mengabadikan foto di jembatan, mengabadikan pemandangan alam sekitar, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk kawasan ini dibanderol dengan harga Rp.5000 dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

11. Goa Buniayu

Goa-Buniayu

Goa ini merupakan salah satu goa unik yang ada di Indonesia, kenapa begitu? Goa ini memiliki stalagmit dan stalagtit yang mengagumkan dan juga memiliki jalan masuk vertikal. Ketika Anda mulai masuk kedalam goa Anda akan merasakan suasana hangat dan panas seperti goa pada umumnya. Goa ini dijadikan wisata untuk memacu adrenalin oleh warga setempat dan banyak peminatnya.

Dengan panjang 1.5 km untuk sampai ke ujung goa, Anda perlu membayar paket wisata sebesar Rp. 150.000. Tenang saja Anda tidak akan sendirian karena ada tour guide yang menemani.

12. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung-Tangkuban-Perahu

Cerita rakyat mengenai Sangkuriang dan Dayang Sumbi membuat lokasi Tangkuban Perahu sangat terkenal. Suhu di lokasi wisata ini mencapai 17 derajat celcius bahkan jika malam tiba suhunya bisa mencapai 2 derajat celcius lho. Anda harus mempersiapkan sweater atau jaket apabila ingin menghabiskan masa liburan di sini.

Ada sepuluh kawah yang ada di sini dengan berbagai keunikannya sendiri. Anda bisa mengelilingi tempat ini dengan berjalan kaki menyusuri tangga atau menunggang kuda.

13. Kampung Naga

Kampung-Naga

Kampung Naga merupakan sebuah perkampungan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Kampung ini masih menjaga tradisi budaya Jawa Barat sejak dahulu kala. Untuk datang ke kampung naga ini Anda tidak perlu dikenakan biaya sepeserpun, namun Anda harus izin terlebih dahulu untuk menghormati penduduk sekitar.

Sesuatu yang amat disayangkan di kampung ini, belum ada listrik yang memadai. Jadi jika Anda ingin mengisi baterai handphone Anda, Anda harus membawa power bank sendiri.

14. Curug Cibadak Hanoman

Curug-Cibadak-Hanoman

Jika Anda masih di Daerah Tasikmalaya dan masih ingin menjelajah tempat wisata lainnya, Anda bisa mampir ke Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong ini. Di sini terdapat air terjun yang diberi nama Curug Cibadak Hanoman. Air terjun ini memiliki debit yang tinggi oleh karena itu Anda tidak diperkenankan berenang di sini.

Namun, pemandangan dan percikan air dari air terjun tersebut cukup bisa menghilangkan penat Anda untuk bisa melanjutkan perjalanan kembali.

15. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman-Nasional-Gunung-Gede-Pangrango

Taman nasional ini merupakan tempat liburan menarik bagi Anda yang ingin berkemah bersama teman-teman atau keluarga Anda. Di sini Anda bisa menikmati milky way dengan taburan bintang yang indah saat malam hari. Jika tidak ingin camping, Anda bisa sekadar mendaki Gunung Pangrango, berendam di air panas atau melihat danau yang ada di taman nasional ini.

16. Gunung Batu Jonggol

Gunung-Batu-Jonggol

Untuk mencapai ke puncak Gunung Batu Jonggol ini Anda akan melewati medan yang cukup sulit dikarenakan adanya tambang batu di daerah ini. Gunung yang memiliki tinggi 875 mdpl ini menyuguhkan pemandangan indah dari atas puncaknya. Tidak ada waktu khusus untuk datang kemari namun, Anda perlu membayar Rp. 20.000 untuk masuk ke wilayah ini.

17. Gunung Pancar

Gunung-Pancar

Gunung Pancar utamanya adalah tempat wisata hutan pinus yang berada di Bogor. Namun, di tempat ini menawarkan banyak jenis hiburan untuk Anda yang mungkin bingung jika hanya berkeliling saja. Di tempat ini Anda bisa menunggangi kuda, downhill, menyaksikan pentas budaya, atau mandi di pemandian air panas. Harga tiket masuknya hanya Rp. 5000 saja.

18. Kampung Sampireun

Kampung-Sampireun

Kampung Sampireun di Garut merupakan salah satu resort terkenal di kota ini. Kenapa tidak? banyak pasangan atau keluarga yang menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini selain menikmati kulinernya, Anda bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau ditempat ini atau memancing dengan menyewa alat pancing yang ada di sini.

19. Taman Bunga Nusantara

Taman-Bunga-Nusantara

Pecinta tanaman atau khususnya bunga pasti senang datang ke tempat ini. Ada berbagai jenis tanaman yang ada di sini mulai dari bunga anggrek, mawar, melati, lavender, aster, marigold dan masih banyak lagi. Selain taman bunga di sini juga tersedia labirin, gazebo, rumah kaca yang berisi banyak tanaman hias dan masih banyak lagi.

20. Arung Jeram Citarik

Arung-Jeram-Citarik

Sungai Citarik merupakan sungai di mana arung jeram dilakukan. Arung jeram di sini tersedia dengan berbagai paket dengan harga, jarak dan waktu permainan yang berbeda-beda mulai dari jarak 5 km sampai 12 km dengan waktu permainan 1.5 hingga 5 jam. Beberapa kegiatan bisa Anda lakukan di lokasi wisata ini mulai dari camping, bermain paintball, dan kegiatan outbond lainnya.

21. The Little Venice Bogor

The-Little-Venice-Bogor

Wisata mirip Venice yang ada di Italia ini merupakan replika yang ada di daerah Puncak Bogor. Arsitektur tempat ini dibuat mirip seperti yang ada di Italia, mulai dari bangunnya, gondola, dan seragam yang dipakai oleh orang yang mendayung gondolanya. Bagi Anda yang belum pernah ke Venice sesungguhnya, wisata ini cukup menggambarkan seperti apa menaiki gondola di sungai.

Baca Juga: Little Venice Bogor, Venesia Mini bak di Eropa!

22. Farm House Susu Lembang

Farm-House-Susu-Lembang

Liburan bergaya eropa lainnya bisa Anda temukan di Farm House Susu Lembang ini. Bangunan bergaya eropa seperti rumah hobbit di New Zealand, baju-baju ala negara eropa dan masih banyak lagi. Anda cukup merogoh dompet Rp. 20.000 per orang dan bisa datang setiap hari pukul 09.00 sampai 20.00 WIB. Tiket tersebut bisa Anda tukar dengan sosis bakar atau segelas susu lho.

23. Curug Cimahi

Curug-Cimahi

Curug dengan aliran yang deras dan tanaman di sekitarnya yang masih asri ini, bisa jadi salah satu tujuan wisata Anda, jika Anda tipe yang suka keheningan dan mendengarkan suara-suara alam. Curug ini bisa terlihat lebih istimewa jika malam tiba karena dilengkapi dengan lampu-lampu yang menerangi curug ini. Harga tiket masuknya Rp. 17.000 sudah termasuk tiket parkir.

24. Kawasan Wisata Prabu Siliwangi Majalengka

Kawasan-Wisata-Prabu-Siliwangi-Majalengka

Kawasan Wisata Prabu Siliwangi ini lebih dikenal dengan kawasan budaya daerah setempat. Di sini juga terdapat Pancuran Widadari, di mana setelah para peziarah yang datang ke tempat ini pasti langsung mandi di pancuran ini. Di sini juga tersedia berbagai macam permainan outbond yang bisa dimainkan bersama keluarga Anda.

25. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian-Air-Panas-Ciater

Pemandian Air Panas Ciater sangat terkenal karena diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan belerang di dalamnya inilah yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain berendam di air panas, di tempat ini Anda bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti resort, restoran atau permainan-permainan outbond yang ada.

Harga masuk tempat ini Rp. 20.000 jika ingin berendam Anda dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.80.000

26. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Beleud

Taman-Air-Mancur-Sri-Baduga-Situ-Beleud

Purwakarta memiliki keistimewaan yang terkenal hingga mancanegara lho, Taman Air Mancur Sri Baduga ini dikenal sebagai taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara dengan keindahan permainan airnya. Waktu malam merupakan momen yang tepat jika Anda datang ke sini, akan ada pertunjukan air mancur yang menari mengikuti lagu ditemani lampu-lampu warna-warni.

27. Batu Dua Paragliding

Batu-Dua-Paragliding

Berada di lereng Gunung Lingga Sumedang, paragliding ini memiliki tinggi 930 mdpl dengan pemandangan alam yang eksotis. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan rute yang mudah ditemukan di peta. Jika Anda sudah ahli dalam paragliding Anda bisa mencoba terbang sejauh 45 km selama 3 jam.

28. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom-Lippo-Cikarang

Wisata air di Waterboom Lippo Cikarang ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Berbagai wahana permainan air di sini tersedia untuk anak-anak maupun orang dewasa. Karena mengusung tema alam Pulau Bali, nuansa bali sangat terasa di tempat ini dengan berbagai tanaman dan ornamen yang mendukung.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB dan harga tiket masuknya Rp. 55.000 untuk hari biasa dan Rp. 75.000 untuk akhir pekan

29. Pantai Karang Tawulan

Pantai-Karang-Tawulan

Jika Anda sedang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dan ingin berlibur sejenak Anda bisa mendatangi Pantai Karang Tawulan ini. Pantai ini memiliki tebing yang tinggi dengan pasir dan batu karang yang berwarna gelap. Ombak di pantai ini tergolong ombak cukup besar jadi Anda harus berhati-hati. Untuk masuk ke Kawasan ini Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500.

30. Curug Cikondang Campaka

Curug-Cikondang-Campaka

Di Kabupaten Cianjur, Anda akan menemukan curug dengan keindahan yang memukau. Tempat ini tepatnya berada di Kecamatan Campaka, Desa Wangunjaya. Untuk datang ke tempat ini Anda harus menempuh medan yang berliku dengan waktu 1.5 jam dari pusat Kota Cianjur. Tempat ini layak untuk Anda kunjungi jika memiliki waktu luang. Harga tiket masuknya yaitu Rp. 5.000 saja.

31. Pantai Karang Tepas

Pantai-Karang-Tepas

Bagi Anda yang suka dengan pantai, mencari dan mencicipi pantai yang bagus merupakan hal yang wajib salah satunya berada di Kabupaten Garut ini. Pantai Karang Tepas tidak memiliki jam tertentu, Anda bisa datang ke sini kapan saja. Akses untuk mencapai tempat ini sangat mudah, Anda hanya perlu melewati jalan setapak antara perkebunan kelapa dan sayuran.

32. Pantai Karang Hawu

Pantai-Karang-Hawu

Pantai lainnya yang bebas Anda kunjungi ada di Kabupaten Sukabumi. Pantai ini memiliki keunikan dengan tebing yang menjorok ke laut. Lokasi pantai ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati sunset pada sore hari. Anda cukup membayar Rp. 2.500 saja untuk bisa masuk dan berfoto di tempat ini. Namun Anda perlu berhati-hati jika air laut mulai pasang pada sore hari.

33. Telaga Remis Kuningan

Telaga-Remis-Kuningan

Terletak di kaki Gunung Ciremai dengan jarak 38 km dari pusat Kota Kuningan wisata Telaga Remis ini cukup popular lho. Telaga dan pepohonan yang rimbun melengkapi suasana liburan yang tenang jauh dari perkotaan. Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan di sini seperti menaiki perahu berbentuk bebek, berfoto, wisata kuliner khas sunda dan masih banyak lagi.

34. Waterpark Icakan Ciamis

Waterpark-Icakan-Ciamis

Dengan luas 70 hektar waterpark icakan Ciamis ini merupakan tempat wisata yang luas dengan beragam pilihan permainan. Saat musim libur sekolah tiba tempat wisata ini penuh dengan pengunjung dari berbagai daerah selain lengkap, tempat ini juga mudah di akses karena berada di pusat kota ciamis. Ditambah lagi biaya masuk tempat ini hanya dikenakan Rp. 5.000 saja

35. The Lodge Maribaya

The-Lodge-Maribaya

Wisata alam dengan pemandangan hijau dilengkapi dengan hamparan hutan pinus yang menjulang tinggi membuat tempat ini asri dan cocok dijadikan tempat menghabiskan akhir pekan. Anda bisa berkemah, outbond, flying fox, dan mencoba restoran-restoran yang tersedia di sini. Tidak hanya anak-anak tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk acara-acara kantor.

36. Trans Studio BandungTrans-Studio-Bandung

Salah satu theme park terbesar di Indonesia setelah Makasar terdapat di Kota Bandung ini. Wisata ini mirip dengan dufan yang ada di Jakarta hanya saja dikemas dalam suasana indoor. Tempat ini menyajikan puluhan wahana permainan yang pastinya seru dan bisa Anda nikmati jika datang lebih awal. Tempat ini merupakan langganan para warga Bandung Ketika musim liburan tiba.

37. Museum Geologi Bandung

Museum-Geologi-Bandung

Mempelajari mengenai zaman purba selalu menjadi hal menarik khususnya untuk anak-anak. Melihat susunan kerangka dinosaurus, berbagai jenis lapisan tanah dan batuan, melihat system tata surya, dan berbagai kehidupan masa lampau, sampai mengamati peristiwa-peristiwa alam bisa Anda saksikan di sini. Anda bisa datang dihari biasa mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

38. Taman Buah MekarsariTaman-Buah-Mekarsari

Tempat ini merupakan tempat di mana bisa belajar budidaya tanaman terutama buah. Terdapat lebih dari 1.400 jenis buah yang tumbuh di sini. Buah-buahan tersebut tentunya yang dapat hidup di iklim tropis seperti Indonesia. Anda bisa juga membeli langsung buah dan sayur yang ada di sini atau makanan olahannya seperti keripik, manisan, asinan, dodol dan lainnya.

39. Taman Nasional Gunung Halimun SalakTaman-Nasional-Gunung-Halimun-Salak

Taman Nasional ini berisi berbagai hewan-hewan endemik Indonesia seperti elang jawa, macan tutul, surili dan masih banyak lagi. Ditempat ini juga terdapat wisata alam berupa air terjun, perkebunan teh dan lainnya. Suku asli Banten yaitu Suku Baduy juga bisa Anda jumpai di sini dengan kehidupan sukunya yang khas. Berbagai flora fauna tumbuh baik di Taman Nasional ini.

40. Kuntum NurseriesKuntum-Nurseries

Kuntum Nurseries merupakan sebuah kawasan peternakan yang berada di kota bogor. Di sini Anda bisa melihat bagaimana cara memelihara atau memberi makan hewan tersebut dengan baik. Anak-anak diajak untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ternak yang ada seperti kambing, ikan, ayam, sapi dan hewan ternak lainnya.

41. Puncak Bogor

Puncak-Bogor

Puncak Bogor adalah tempat wisata di Jawa Barat yang selalu menjadi incaran warga Jakarta dan sekitarnya. Akses yang mudah dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat memudahkan warga yang ingin menikmati liburan singkat. Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan mulai dari mencicipi kuliner, paralayang, melihat kebun teh atau sekadar bersantai di villa.

42. Gedung Sate

Gedung-Sate

Gedung yang berada di pusat Kota Bandung ini memiliki keunikan dengan adanya tusuk sate diatas menara sentralnya. Gedung ini dibangun sejak Zaman Belanda terlihat dari arsitektur bangunannya. Jika Anda sekadar ingin berfoto didepan gedung, Anda tidak perlu izin. Namun jika ingin masuk ke dalam Gedung Anda perlu izin terlebih dahulu.

Gedung ini juga sebagai Gedung DPD daerah setempat. Anda akan disambut dengan alat musik gamelan sunda dan jika naik ke lantai empat, Anda bisa melihat sekeliling Gedung Sate menggunakan teropong.

43. Jungle WaterparkJungle-Waterpark

Jungle Waterpark merupakan taman bermain dan belajar yang cocok untuk anak-anak atau ponakan Anda. Di sini tersedia banyak wahana permainan air, ada pula permainan flying fox, paintball, snow world, dan permainan seru lainnya. Anda juga diperbolehkan melihat area tempat di mana banyak burung berwarna warni di sini yang diberi nama bird park.

44. De’Ranch

DeRanch

De’ranch merupakan salah satu wisata pacuan kuda. Tempat ini mengusung tema cowboy yang mana Anda atau anak Anda akan dipinjamkan kostum cowboy saat hendak menunggang kuda. Permainan lainnya seperti naik delman, memanah, dan juga fun boat tersedia di sini. Tempat ini disediakan beragam permainan yang menyenangkan untuk menghabiskan masa liburan.

45. Bukit Panembongan

Bukit-Panembongan

Tidak kalah dengan Alam Panenjoan di Purwakarta dan The Lodge Maribaya di Lembang, Kuningan juga memiliki hutan pinus yang dipenuhi beberapa gardu pandang yang terbuat dari bambu. Berbagai sudut sekitar Bukit Panembongan ini terlihat asri dipenuhi pohon-pohon pinus. Udara yang sejuk juga mendukung Anda untuk tetap di sini dan tidak ingin pulang.

46. Kampung Karuhun

Kampung-Karuhun

Kampung Karuhun yang berada di Sumedang selatan ini mengusung tema eco park yang dipadukan dengan keindahan alam sekitar. Di sini Anda bisa menikmati udara segar, gemericik air sungai, bermain ATV, menyantap kuliner khas sunda, dan masih banyak lagi. Anda bisa menginap atau berkemah jika ingin lebih lama merasakan suasana alam.

47. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monument-Kebulatan-Tekad-Rengasdengklok

Monumen bersejarah yang terletak di Rengasdengklok, Karawang ini merupakan salah satu saksi sejarah kemerdekaan. Monumen ini dibangun pada tahun 1950 ini cukup jauh jaraknya dari pusat Kota Karawang sekitar 20 km. Beberapa patung dan relief ada ditempat ini dan masih dijaga dengan baik. Pengunjung datang tetap harus menjaga sopan santun dan tata krama di tempat ini.

48. Candi Jiwa

Candi-Jiwa

Salah satu objek wisata yang ada di Karawang berada di komplek Percandian Batujaya, yaitu Candi Jiwa. Candi Jiwa merupakan peninggalan sejarah umat budha yang masih terjaga sampai saat ini. Di dalam komplek ini, terdapat setidaknya 46 titik candi lainnya diantaranya Candi Serut, Candi Jiwa, Candi Sumur dan masih banyak lagi.

49. Danau Cipoule

Danau-Cipoule

Masih di Kota Karawang, Danau Cipoule merupakan danau yang terjadi akibat proses penambangan pasir tepatnya berada di Sungai Citarum.  Danau ini memiliki kedalaman hampir dua meter lho, selain berenang Anda bisa bermain seluncur air, naik perahu, atau bermain bebek-bebekan sambil menyusuri danau ini. Harga tiket masuknya pun murah hanya sekitar Rp.5.000.

Dengan berbagai referensi yang diberikan untuk menghabiskan waktu libur di Provinsi Jawa Barat memudahkan Anda dalam menentukan pilihan tempat seperti apa yang cocok untuk Anda dan keluarga. Semoga setelah liburan selesai Anda bisa beraktivitas dengan semangat baru dengan pikiran yang tenang dan bahagia. Selamat berlibur!

Leave a Comment

error: Content is protected !!